Sukses

Menang Adu Penalti Lawan Brighton, Manchester United Ciptakan Sejarah Baru di Final Piala FA

Manchester United akan berjumpa Manchester City di final Piala FA musim 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United lolos ke final Piala FA 2022/2023. MU menang adu penalti melawan Brighton and Hove Albion 7-6 di babak semifinal yang berlangsung di Stadion Wembley pada Minggu (23/4/2023) malam WIB.

Pertandingan MU melawan Brighton harus berlangsung sampai adu penalti karena kedua tim sama-sama tidak mampu mencetak gol selama 120 menit. Brighton mengendalikan jalanya permainan, tapi MU memiliki tembakan ke arah gawang lebih banyak.

Di partai final, MU sudah ditunggu rival sekota Manchester City yang sudah lolos lebih dulu. Sejarah baru pun tercipta. Untuk pertama kalinya ada derby Manchester di final Piala FA.

Brighton mengendalikan jalannya pertandingan sejak awal. Mereka sudah mendapat peluang pada menit ketujuh ketika tendangan bebas Alexis Mac Allister memaksa David de Gea susah payah menepisnya.

MU balas mengancam di menit 12. Bruno Fernandes melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun kiper Robert Sanchez masih bisa menepisnya.

Pemain Brighton and Hove Albion asal Jepang Kaoru Mitoma mengancam pertahanan MU di menit 16. Sayangnya sepakan Mitoma masih melebar. Begitu juga peluang Juan Ensico pada menit 32.

Manchester United nyaris memimpin di akhir babak pertama bila saja umpan Marcus Rashford yang disambar gelandang Christian Eriksen tidak dimentahkan oleh Sanchez. Skor kacamata bertahan sampai jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lindelof Penentu Sukses MU

Di babak kedua, Brighton tetap dominan. Mereka nyaris membuka keunggulan di menit 56. Ensico kembali menebar ancaman. Beruntung bagi MU sepakan keras Ensico masih bisa ditepis De Gea.

De Gea kembali dipaksa bekerja keras menyelamatkan gawangnya di pertengahan babak kedua. Kali ini De Gea menepis sepakan Soley March.

MU mendapat peluang pertamanya di babak kedua pada menit 64. Sayangnya aksi winger Antony masih mampu diamankan oleh Sanchez.

De Gea lagi-lagi menyelamatkan MU di menit 83. Pria Spanyol itu masih bisa menepis sepakan mendatar dari March. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke extra time.

Di babak tambahan 2x15 menit, kedua tim memiliki beberapa peluang. Tapi lagi-lagi tidak ada yang bisa membuahkan gol. MU seharusnya bisa menyudahi Brighton di extra time bila Sanchez tidak menepis tendangan Marcus Rashford yang berbelok arah.

Karena tidak ada gol lagi maka pertandingan ditentukan melalui adu penalti. Di adu penalti ini, kedua tim juga imbang hingga lima penendang pertama. Semuanya masuk.

MU memastikan kemenangan 7-6 setelah sepakan March melambung. Algojo MU Victor Lindelof dengan dingin memperdaya Sanchez guna mengamankan tiket ke final Piala FA 2022/2023.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Brighton vs MU

Brighton: Robert Sanchez; Pascal Gross, Adam Webster, Lewis Dunk, Pervis Estupinan; Moises Caicedo, Alexis Mac Allister; Solly March, Juan Enciso (Joel Veltman 67'), Kaoru Mitoma; Danny Welbeck (Deniz Undav 75').

Manchester United: David de Gea; Aaron Wan-Bissaka (Tyrell Malacia 101'), Luke Shaw, Victor Lindelof, Diogo Dalot; Casemiro, Christian Eriksen (Fred 62'); Marcus Rashford, Bruno Fernandes (Wout Weghorst 101'), Antony (Marcel Sabitzer 90'); Anthony Martial (Jadon Sancho 85').

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.