Sukses

Piala Dunia U-20 2023 Batal di Indonesia, Shin Tae-yong Berharap 3 Calon Pemain Naturalisasi Tetap Jadi WNI

Liputan6.com, Jakarta- Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berharap tiga calon pemain naturalisasi tetap menuntaskan tahapan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), meski mereka dipastikan gagal tampil dalam kompetisi Piala Dunia U-20 2023.

Keinginan ini disampaikan juru taktik berusia 52 tahun usai memimpin sesi latihan Skuad Garuda dan menerima kunjungan Presiden Joko Widodo di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Sabtu (1/4/2023) sore WIB.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-20 sebelumnya berniat menambah amunisi lewat kehadiran pemain naturalisasi demi memperkuat skuadnya di FIFA U-20 World Cup.

Trio pesepak bola muda, yakni Justin Hubner, Ivan Jenner, dan Rafael Struick diundang untuk menjadi WNI agar bisa bergabung dengan skuad Garuda Nusantara saat Piala Dunia.

Proses naturalisasi ketiganya pun dikebut dan berjalan cukup lancar. Hubner, Jenner, dan Struick telah mengantongi persetujuan dalam rapat Komisi III dan Komisi X DPR.

Usulan pemindahan pemindahan kewargengaraan bagi trio pemain tersebut juga sudah disetujui saat rapat Paripurna DPR pada 21 Maret 2023 lalu.

Adapun Hubner, Jenner, dan Struick hanya perlu melewati beberapa tahap lagi untuk menjadi WNI sepenuhnya. Mereka tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Presiden, lalu mengambil sumpah setia kewarganegaraan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Shin Tae-yong

Sayangnya, kelanjutan proses naturalisasi ketiga pesepak bola kini menuai tanda tanya besar lantaran Timnas Indonesia U-20 kehilangan tiket mentas di Piala Dunia U-20 2023.

Pencabutan status Tanah Air sebagai tuan rumah membuat Garuda Nusantara harus rela mengubur impiannya tampil dalam turnamen tersebut. Kondisi ini pun dikhawatirkan bakal memengaruhi keinginan para pemain meneruskan naturaliasi.

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong mengaku pihaknya hingga kini belum menerima laporan apa pun terkait trio Hubner, Jenner, dan Struick.

Walau demikian, ia berharap ketiga pemain masih mau menyelesaikan tahapan untuk menjadi warga negara Indonesia. Pasalnya, eks juru taktik Timnas Korea Selatan menilai jasa mereka masih dibutuhkan untuk memperkuat skuad Garuda.

“Jujur, belum ada laporan apa-apa tentang pemain naturalisasi,” tutur Shin Tae-yong kepada awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (1/4/2023).

“Akan tetapi. saya berharap tiga pemain ini tetap menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk memperkuat skuad Timnas Indonesia,” tambah sang pelatih.

3 dari 3 halaman

Bubarkan Timnas Indonesia U-20

Sebagai informasi, Shin Tae-yong sebelumnya telah mengumumkan pembubaran skuad Timnas Indonesia U-20 yang dipersiapkan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Hokky Caraka dan kawan-kawan memang terpaksa berhenti menjalani sesi pemusatan latihan di Jakarta usai Garuda Nusantara dipastikan kehilangan kesempatan mentas dalam ajang sepak bola bergengsi FIFA.

 “Setelah ini, akan dibubarkan ya pemain yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 kemarin,” tutur Shin Tae-yong kepada awak media pada Sabtu (1/4/2023).

“Pak Presiden tadi bicara (bahwa beliau) selalu nonton pertandingan-pertandingan timnas dan melihat perkembangan yang baik, tetapi sangat disayangkan karena Piala Dunia U-20 tidak bisa digelar (di Indonesia), dan (timnas u-20) tidak bisa ikut,” tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.