Sukses

Gagal Tampil di Piala Dunia U-20 2023, Pemain Timnas Indonesia Ingin Masuk Polri dan TNI

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia harus mengubur mimpinya untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023. Tiket putaran final yang sebelumnya sudah dikantongi menjadi hangus usai FIFA mencabut status Tanah Air sebagai tuan rumah. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pun menyempatkan diri menyambangi para pemain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (1/4/2023). Hal ini ditujukan guna memberi hiburan dan semangat bagi para penggawa Garuda Nusantara

Sosok nomor satu Indonesia juga mengaku sempat menjaring harapan serta keinginan dari Hokky Caraka dan kawan-kawan. Ia mendengar beberapa pemain berniat untuk melanjutkan kuliah atau masuk ke TNI dan Polri usai gagal berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

"Tadi saya menanyakan kepada para pemain apakah ada hal yang bisa saya dengar mengenai keinginan-keinginan. Beberapa dari mereka ingin kuliah, beberapa dari mereka ingin bisa masuk ke Polri, TNI, maupun di PNS," tutur Jokowi kepada awak media. 

Sebagai informasi, pencabutan status tuan rumah Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 sebelumnya disampaikan oleh FIFA melalui keterangan tertulis, Rabu (29/4/2023) malam WIB. 

Keputusan federasi sepak bola dunia disinyalir merupakan buntut dari maraknya gelombang penolakan partisipasi Israel yang ditunjukkan di dalam negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Pemain Tak Patah Semangat

Tak hanya menggali keinginan para pemain, Presiden Jokowi juga sempat memberi imbauan bagi skuad Garuda Nusantara agar tidak cepat patah semangat. 

Meski kehilangan tiket untuk mentas di Piala Dunia U-20 2023, Hugo Samir bersama kolega dipandang masoh punya kesempatan tampil dalam ajang-ajang sepak bola bergengsi di masa mendatang.

"Sore hari ini, saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberi semangat kepada Tim u-20 agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan," tutur Jokowi saat ditemui di SUGBK, Sabtu (1/4/2023) sore WIB. 

"(Pemain) U-20 ini masih muda, masih memiliki banyak kesempatan. (Mereka) bisa nanti main di SEA Games, Asian Games, Piala AFF, Olimpiade 2024. Saya kira kesempatan itu masih panjang, sehingga tadi saya sampaikan kepada mereka jangan patah semangat," katanya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Dibubarkan Shin Tae-yong

Pasca kunjungan Presiden Jokowi, Pelatih Timnas Indonesia U-20 menyatakan pihaknya bakal segera membubarkan anak-anak asuhnya dari pemusatan latihan. 

Hal ini disampaikan langsung oleh juru taktik asal Korea Selatan saat ditemui awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (1/4/2023) sore WIB. 

"Setelah ini, akan dibubarkan ya pemain yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 kemarin," tutur Shin Tae-yong. 

"Pak Presiden tadi bicara (bahwa beliau) selalu nonton pertandingan-pertandingan timnas dan melihat perkembangan yang baik, tetapi sangat disayangkan karena Piala Dunia U-20 tidak bisa digelar (di Indonesia), dan (timnas u-20) tidak bisa ikut," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.