Sukses

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Jokowi Minta Pemain Timnas U-20 Tidak Patah Semangat

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyambangi Timnas Indonesia U-20 yang tengah menggelar sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (1/4/2023). 

Kedatangan ini dimaksudkan untuk memberi dukungan moral serta penghiburan bagi skud Garuda Nusantara usai Indonesia dinyatakan batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023

Adapun dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Manajer Timnas Indonesia merangkap Exco PSSI Sumardji, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

"Sore hari ini, saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberi semangat kepada Tim u-20 agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan," tutur Jokowi saat ditemui di SUGBK, Sabtu (1/4/2023) WIB.

"Tadi saya sampaikan bahwa ke depan, kita ingin memiliki tim yang dibangun sejak awal secara terus-menerus berkepanjangan, sehingga kita bisa mendapatkan sebuah tim nasiona yang betul-betul siap," tandas dia.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengimbau kepada Hokky Caraka dan kawan-kawan untuk tidak patah semangat, mengingat usia mereka masih muda. Sosok nomor satu di Indonesia itu menilai para pemain masih punya kesempatan untuk tampil di berbagai ajang lain.

"(Pemain) U-20 ini masih muda, masih memiliki banyak kesemptan. (Mereka) bisa nanti main di SEA Games, Asian Games, Piala AFF, Olimpiade 2024. Saya kira kesempatan itu masih panjang, sehingga tadi saya sampaikan kepada mereka jangan patah semangat," tambah Jokowi.

2 dari 3 halaman

Instruksi untuk Ketua Umum PSSI

Sebelumnya, Jokowi juga telah memberi instruksi khusus untuk Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Ia meminta agar Erick terus menjalin komunikasi dengan FIFA dan melakukan kunjungan kembali dalam waktu dekat. 

"Kemarin saya menerima surat dari Presiden FIFA, Gianni Infantino, dan saya sudah memerintahkan kepada ketua Umum PSSI untuk menyiapkan blue print, menyiapkan peta jalan, transformasi sepak bola Indoneisa untuk segera disampaikan kepada FIFA," ungkap Jokowi. 

"Dan juga (saya minta Ketum PSSI) untuk berkomunikasi terus dengan FIFA agar kita tidak diberikan sanksi oleh FIFA, dan mungkin dalam bulan-bulan ini saya harapkan nanti Ketua Umum PSSI Bapak Erick Thohir bisa terbang lagi ke FIFA, ke Zurich, untuk menyampikan hal yang tadi saya sampaikan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Beri Semangat untuk Timnas U-22

Tak hanya menghibur Timnas Indonesia U-20, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri untuk menyemangati Timnas Indonesia U-22 yang akan berlaga di SEA Games. 

Seperti diketahui, skuad racikan Indra Sjafri itu bakal berlaga di ajang multi event level Asia Tenggara mulai 5-17 Mei mendatang. 

Presiden Jokowi terlihat berbicara dengan para pemain dan staf, didampingi pelatih Indra Sajfri. Setelahnya ia bersalaman dengan seluruh jajaran dan mengambil foto bersama penggawa dan staf timnas U-22.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.