Sukses

Erick Thohir Respons Rumor Peru Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Melegakan?

Ketua Umum PSSI pun sudah diberi tugas khusus oleh Presiden Jokowi menemui FIFA untuk membahas nasib Piala Dunia U-20 2023. Erick dijadwalkan bertolak dari Tanah Air menuju Doha pada Rabu (29/3/2023) dini hari WIB.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI merangkap Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023, Erick Thohir buka suara menanggapi rumor majunya Peru sebagai tuan rumah pengganti FIFA World Cup U-20.

Sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu menilai sah-sah saja bagi negara lain untuk mencoba mengambil kesempatan di tengah situasi yang dialami Indonesia.

Walau begitu, Erick menegaskan bahwa Piala Dunia U-20 2023 merupakan hajatan resmi FIFA, sehingga federasi sepak bola dunialah yang berhak mengambil keputusan terkait status tuan rumah.

"Ya sah-sah saja ketika memang ada situasi yang menjadi pembicaraan publik dan media asing juga menangkap. Ya itu (keinginan negara lain menjadi tuan rumah pengganti Piala Dunia U-20) sah-sah saja," ujarnya saat ditemui di sela-sela pertandingan Timnas Indonesia melawan Burundi pada Selasa (28/3/2023).

"Akan tetapi, tentu kan ini properti FIFA, jadi FIFA yang akan menentukan. Dan yang paling penting, konsekuensinya ini yang harus kita antisipasi," sambung sosok berusia 52 tahun tersebut.

Lebih lanjut Erick Thohir juga membantah adanya surat pembatalan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dari FIFA. Ketum PSSI periode 2023-2027 itu menegaskan hingga kini belum ada update dari terkait posisi Tanah Air di kompetisi tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Ada Surat Masuk

"Belum ada surat (pembatalan status tuan rumah), kalau ada pasti tidak mungkin kita tutupi," tutur Erick kepada awak media pada Selasa (28/3/2023) malam WIB.

"Ini kan era keterbukaan, era profesionalisme di mana kami dari kepengurusan PSSI sangat terbuka sekarang, kita banyak mendengar (masukan) dari klub-klub, suporter..." sambungnya dalam kesempatan yang sama.

 

3 dari 3 halaman

Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20 2023

Sebagai informasi, Indonesia belakangan memang digadang-gadang berada dalam posisi pelik. Pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali dianggap sebagai warning dari FIFA menyusul adanya gelombang penolakan terhadap partisipasi Israel di Tanah Air.

Rumor menyebut PSSI bahkan sejatinya sudah menerima surat pembatalan dari FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun, hal ini telah dibantah langsung oleh Erick Thohir.

Ketua Umum PSSI pun sudah diberi tugas khusus oleh Presiden Jokowi untuk menemui FIFA. Erick dijadwalkan bertolak dari Tanah Air menuju Doha pada Rabu (29/3/2023) dini hari WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.