Sukses

Cristiano Ronaldo Pertajam Rekor, Lionel Messi Makin Tertinggal

Cristiano Ronaldo mempertajam rekor pencetak gol terbanyak bersama tim nasional dengan 122 gol.

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo mencetak brace saat Portugal pesta gol ke gawang Luksemburg pada matchday 2 Grup J kualifikasi Euro 2024, Senin (27/3/2023).

Bertanding di Stade de Luxembourg, Portugal tampil perkasa untuk merengkuh kemenangan dengan setengah lusin gol alias 6-0. Laga berlangsung timpang selama 90 menit antara dua tim beda level.

Pada laga tersebut, Ronaldo bermain sebagai striker utama Portugal. Dia bermain selama 65 menit sebelum ditarik keluar dengan koleksi dua gol.

Ronaldo melakukannya pada menit ke-9, dan ke-31. Menariknya, dua gol tersebut tercipta dari dua tembakan on target Ronaldo, bukti serangannya efektif.

Ronaldo juga terlibat aktif dalam permainan tim sebagai ujung tombak. Dia menyibukkan pertahanan lawan untuk membuka ruang bagi rekan-rekannya.

Performa Ronaldo di laga ini diganjar rapor 8,5 versi sofascore, tertinggi di antara pemain lain di lapangan.

Adapun empat gol lainnya untuk Portugal diciptakan oleh Joao Felix (15'), Bernardo Silva (18'), Otavio (77'), dan Rafael Leao (88'). Sementara Luksemburg tidak menunjukkan perlawanan berarti.

Kemenangan ini menjaga laju sempurna Portugal yang berhasil meraih 6 poin dalam dua laga perdana Grup J Kualifikasi Euro 2024.

Sementara itu, Bagi Ronaldo dua gol tersebut mempertajam rekor pencetak gol terbanyak bersama tim nasional. Ronaldo kini sudah membukukan 122 di level internasional.

Dalam daftar itu, posisi kedua diduduki oleh bintang Iran yakni Ali Daei. Dia total membukukan 109 gol. Kemudian, di urutan ketiga, ada nama Lionel Messi.

Megabintang Argentina itu total sudah membukukan 99 gol sejauh ini. Dia makin kukuh di daftar teratas pesepakbola dunia dengan catatan gol terbanyak di level internasional.

Messi memiliki peluang untuk menipiskan jarak dengan rekor gol Ronaldo. Pasalnya, Argentina akan kembali berlaga dalam FIFA Matchday Maret 2023 melawan Curacao.

Laga itu akan digelar di Stadion Unico Madre de Ciudadesl, Santiago del Estero, Rabu 29 Maret 2023 pukul 06.30 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Pencetak Gol Internasional Terbanyak

Cristiano Ronaldo (Portugal): 122 gol/198 penampilan

Ali Daei (Iran): 109 gol/148 penampilan

Lionel Messi (Argentina): 99 gol/173 penampilan

Mokhtar Dahari (Malaysia): 89 gol/142 penampilan

Ferenc Puskas (Hongaria dan Spanyol): 84 gol/89 penampilan

Sunil Chhetri (India): 84 gol/131 penampilan

Ali Mabkhout (Uni Emirat Arab): 80 gol/107 penampilan

Godfrey Chitalu (Zambia): 79 gol/111 penampilan

Hussein Saeed (Irak): 78 gol/137 penampilan

Robert Lewandowski (Polandia): 78 gol/138 penampilan

Pele (Brasil): 77 gol/92 penampilan

Neymar (Brasil): 77 gol/124 penampilan

 

3 dari 4 halaman

Lanjutkan Tren Positif

Portugal meneruskan tren positif di awal Kualifikasi Euro 2024. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kembali menang besar. Korban terbaru adalah Luksemburg yang dihajar enam gol tanpa balas.

Ronaldo kembali menjadi bintang lapangan. Pemain Al-Nassr ini mencetak dua gol kemenangan tim asuhan Roberto Martinez.

Portugal membuka pesta gol di Stade de Luksemburg pada menit sembilan. Kerjasama Bruno Fernandes dengan Nuno Mendes memudahkan Ronaldo mencetak gol.

Joao Felix menggandakan keunggulan Portugal di menit 15. Pemain Chelsea ini menuntaskan umpan matang dari Bernardo Silva.

Tiga menit kemudian Portugal menambah gol lagi. Kali ini Bernardo Silva yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menanduk umpan silang Joao Palhinha.

Di menit 31, Ronaldo mencetak brace. Eks pemain Juventus itu dengan mudah menyelesaikan umpan Bruno Fernandes setelah Luksemburg melakukan kesalahan sendiri.

4 dari 4 halaman

Dua Gol Tambahan Portugal di Babak Kedua

Meski sudah unggul empat gol Portugal tak mengendurkan serangan di babak kedua. Mereka mendapat gol kelima di menit 77 lewat sundulan Otavio yang menyelesaikan umpan Rafael Leao.

Pesta gol Portugal ditutup Leao pada menit 88 menuntaskan umpan Ruben Neves. Gol ini sekaligus membayar kegagalan Leao mengeksekusi hadiah penalti empat menit sebelumnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.