Sukses

Syabda Perkasa Belawa Meninggal Dunia, Rekan Seperjuangan di Pelatnas Kirim Pesan Menyentuh

Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas, Senin (20/3/2023) dini hari WIB. Pebulu tangkis muda Indonesia itu berusia 21 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas, Senin (20/3/2023) dini hari WIB. Pebulu tangkis muda Indonesia itu berusia 21 tahun.

Kabar duka ini mengagetkan seluruh masyarakat Indonesia. Termasuk rekan seperjuangan Syabda Perkasa Belawa di Pelatnas, Christian Adinata.

"Rest in peace Syabda Perkasa, sampai jumpa lagi di kehidupan selanjutnya, love you!" tulis Christian di Twitter.

Sama-sama kelahiran 2001, umur Christian dan Syabda hanya dipisahkan beberapa bulan. Keduanya kerap berseteru di lapangan, dan juga bahu membahu membela tim Indonesia.

Christian Adinata dan Syabda jadi bagian tim junior Merah Putih yang merebut medali perak Kejuaraan Asia 2019 dan berjaya di Kejuaraan Dunia 2019.

Namun, posisi Christian lebih baik di peringkat dunia. Dia menduduki urutan 63 dengan Syabda bertengger di posisi 90.

"Baru kemarin lu bilang mau ngejar rangking biar kita bisa pertandingan bareng, tapi akhirnya harus kaya gini," tangis Christian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syabda Perkasa Meninggal Dunia karena Kecelakaan

Legenda bulu tangkis Indonesia Yuni Kartika membagikan kabar duka mengenai Syabda melalui akun Twitter. “Telah meninggal dunia, Syabda Perkasa Belawa. Syabda meninggal dunia dalam perjalanan ke Sragen untuk berziarah karena neneknya meninggal dunia. Selamat Jalan Syabda, kamu akan dirindukan,” tulis Yuni.

Sebelumnya, mantan pemain Pelatnas PBSI Az-Zahra Putri Dania, yang baru berusia 19 tahun juga menghembuskan nafas terakhirnya karena sakit pada 27 Februari 2023.

Syabda Perkasa terakhir kali tampil di ajang Iran International Challenge 2023 pada awal bulan lalu. Dia keluar sebagai juara usai mengalahkan Justin Hoh dari Malaysia di partai final dengan skor 18-21, 21-12 dan 22-20.

"Keluarga besar PP PBSI mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu atlet muda Indonesia, Syabda Perkasa Belawa (21 tahun) dalam kecelakaan di tol Pemalang (Jawa Tengah), Senin (20/3/2023) dini hari," tulis keterangan PBSI.

"Mohon doa semoga arwahnya husnul khatimah dan diterima di tempat terbaik di sisi Allah. Perginya Syabda Perkasa Belawa meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, rekan-rekan, dan seluruh masyarakat olahraga Indonesia. Selamat jalan, atlet tangguh. Prestasi, dan pengorbananmu akan selalu dikenang."

3 dari 3 halaman

Prestasi Syabda Perkasa Belawa

Syabda Perkasa Belawa merupakan pemain muda menjanjikan Indonesia. Turun di nomor tunggal putra, dia sudah menjuarai tiga edisi turnamen bulu tangkis BWF International Challenge.

Sosok kelahiran Jakarta, 25 Agustus 2001 ini menjuarai Lithuanian International 2022, Malaysia International 2022, dan Iran Fajr International 2023. Syabda Perkasa Belawa juga sukses menjuarai ajang BWF junior yakni Jakarta Junior International.

Jadi bagian tim di level junior, Syabda membantu Indonesia merebut medali perak pada Kejuaraan Asia 2019. Dia lalu mempersembahkan medali emas Kejuaraan Dunia di tahun yang sama.

Potensi Syabda meyakinkan tim pelatih PBSI untuk mengajaknya jadi bagian tim Piala Thomas 2022. Dia tampil pada pertandingan ketiga fase grup melawan Korea Selatan.

Dalam kedudukan imbang, Syabda mampu menaklukkan Lee Yun-gyu untuk membantu Indonesia meraih kemenangan 3-2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.