Sukses

Casemiro Kena Kartu Merah, Manchester United Putuskan Tidak Ajukan Banding

Manchester United telah memutuskan tidak akan mengajukan banding untuk meringankan sanksi Casemiro yang bisa absen di 4 laga.

Liputan6.com, Manchester- Gelandang bertahan Manchester United, Casemiro menerima kartu merahnya yang kedua di musim 2022/2023 ketika dinilai telah melakukan pelanggaran keras kepada pemain Southampton, Carlos Alcaraz dalam laga pekan ke-27 Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (12/3/2023). Dampaknya MU harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-34 dan harus puas berbagi poin dengan The Saints.

Menanggapi hal tersebut, manajer Man United Erik ten Hag mengungkapkan bahwa ia tidak senang dengan keputusan yang diambil wasit pada laga tersebut. Casemiro awalnya diberi kartu kuning oleh wasit Anthony Taylor. Namun, VAR merekomendasikan wasit untuk meninjau ulang pelanggaran yang terjadi dan akhirnya memberi kartu merah.

Terlepas dari itu semua, berdasarkan laporan dari Manchester Evening News, MU telah memutuskan tidak akan mengajukan banding untuk meringankan sanksi Casemiro. Ten Hag nampaknya telah melunak mengingat sebelumnya sempat naik pitam karena tidak puas dengan keputusan Anthony Taylor yang dinilai memberatkan timnya.

Seperti diketahui, manajer asal Belanda tersebut sebelumnya menilai bahwa duel timnya dengan Southampton banyak dipengaruhi oleh Taylor.

“Casemiro memainkan lebih dari 500 pertandingan di Eropa dan tidak pernah sekali pun mendapat kartu merah. Sekarang ia memiliki dua kartu merah di Liga Premier. Ketidakhadirannya bukan masalah, kami akan menanganinya. Masalahnya adalah permainan ini dipengaruhi oleh wasit,” ujar Ten Hag dalam sesi konferensi pers usai pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertanyakan Konsistensi VAR

Menyambung pernyataan sebelumnya, Erik ten Hag melihat ada inkonsistensi dalam kinerja VAR. Eks pelatih Ajax tersebut mengambil contoh dari pertandingan Leicester dan Chelsea hari Sabtu lalu ketika Ricardo Pereira lolos dari hukuman atas pelanggaran serupa yang dilakukannya kepada Joao Felix.

“Menurut saya ada inkonsistensi, pemain tidak tahu lagi apa kebijakannya (aturannya). Anda melihat akhir pekan ini Leicester melawan Chelsea, VAR tidak digunakan untuk meninjau pelanggaran seperti itu,” ungkap Ten Hag.

“Tetapi hari ini digunakan untuk meninjau pelanggaran Casemiro, dan dalam dua situasi potensial penalti malah tidak digunakan. Saya rasa, khususnya untuk yang pertama, itu adalah handball yang jelas dan harus ditinjau. Jadi, apa aturan yang sebenarnya?” sambung sang juru taktik.

3 dari 4 halaman

Absen Lama

Sementara itu, sebagai sanksi dari kartu merah yang diperolehnya, Casemiro dihukum tidak dapat bermain dalam empat pertandingan domestik berikutnya. Artinya, pemain berusia 31 tahun tersebut akan melewatkan perempat final Piala FA melawan Fulham dan pertandingan liga melawan Newcastle United, Brentford, dan Everton. Ia diharapkan akan kembali merumput di kancah domestik kala Manchester United bertandang ke markas Nottingham Forest pada 15 April.

Kendati begitu, Casemiro diharapkan akan tetap terlibat dalam leg kedua babak 16 besar Liga Europa melawan Real Betis nanti. Namun, eks pemain Real Madrid tersebut saat ini hanya berjarak satu kartu kuning saja dari larangan bermain di Liga Europa. Artinya, ia harus ekstra hati-hati jika tidak ingin melewatkan bermain di perempat final Liga Europa.

4 dari 4 halaman

Pupusnya Asa Juara Liga

Dengan hasil imbang melawan tim juru kunci Southampton, asa Manchester United untuk merebut gelar juara Liga Inggris semakin sirna. Apalagi setelah pekan lalu dihajar habis-habisan oleh rivalnya Liverpool dengan skor 0-7 semakin terasa tidak mungkin Bruno Fernandes dan kawan-kawan bisa keluar sebagai juara liga.

Sementara itu, sang pemuncak klasemen, Arsenal semakin nyaman berada di puncak setelah menang meyakinkan atas Fulham 3-0, Minggu (12/3/2023). Sementara ini The Gunners terpaut 5 poin dengan Manchester City yang berada di posisi kedua dan 16 poin dengan MU di urutan ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Erik ten Hag adalah seorang manajer sepakbola profesional Belanda dan mantan pemain sepakbola.
    Erik ten Hag adalah seorang manajer sepakbola profesional Belanda dan mantan pemain sepakbola.

    Ten Hag

  • Casemiro