Sukses

Sir Alex Ferguson Ingatkan MU Soal Ketajaman Marcus Rahsford: Masih Perlu Tambahan Striker

Sir Alex Ferguson menyarankan Manchester United untuk berinvestasi dengan penyerang tengah baru terlepas dari performa luar biasa Marcus Rashford.

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari performa luar biasa Marcus Rashford belakangan ini, mantan manajer Manchester United atau MU, Sir Alex Ferguson menilai posisi idealnya tetaplah bukan striker murni. Pria asal Skotlandia itupun menyarankan agar Setan Merah tetap berinvestasi dengan mencari penyerang tengah yang baru.  

Marcus Rashford seperti diketahui tengah menunjukkan performa yang luar biasa bersama MU. Pria berusia 25 tahun itu baru saja mencetak gol ke-25 pada musim ini saat The Red Devils menaklukan Newcastle United 2-0 pada partai final Carabao Cup di Stadion Wembley, London, Minggu (26/2/2023). 

Dalam laga ini, Rashford berhasil menerima umpan terobosan dari Wout Weghorst dan berlari ke depan Loris Karius untuk kemudian men-chip bola ke dalam gawang The Magpies. Gol tersebut menggandakan keunggulan yang sebelumnya didapat melalui tandukan keras Casemiro.

Dengan gol tunggalnya ke gawang Newcastle tersebut, Rashford kini telah mengantongi 16 gol dari 19 pertandingan yang dimainkannya usai Piala Dunia 2022. 

Kendati penampilan Rashford gemilang sepanjang musim 2022/2023, Sir Alex Ferguson tetap menilai pemain lulusan akademi MU tersebut tidak cocok menjadi penyerang tengah.

"Saya tidak berpikir Rashford adalah seorang striker. Ia bergerak dari sisi kiri dan sangat fantastis dengan itu. Penyelesaiannya selalu bagus, selalu menembak ke arah gawang. Sayangnya bagi United, ia adalah sumber utama gol," kata Ferguson kepada Skysports. 

"Sebenarnya United bisa mendatangkan dan menggunakan striker tambahan, tapi ia (Rashford) melakukannya dengan baik," pria yang kini berusia 81 tahun itu menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Striker Baru

MU memang sempat kesulitan mencari striker murni yang baru. Manajer Setan Merah, Erik ten Hag harus memutar otak mencari pengganti setelah Cristiano Ronaldo hengkang dari Old Trafford, November lalu.  

Pada bursa transfer musim dingin kemarin, MU meminjam Wout Weghorst dari pemuncak klasemen Liga Championship, Burnley hingga akhir musim. Meski pemain internasional Belanda itu baru mengantongi satu gol dari 12 laga bersama MU, kemampuannya yang serba bisa telah mengesankan para penggemar.

3 dari 4 halaman

Calon Striker?

Meski demikian, Weghorst sepertinya tidak akan bertahan lama di MU. Ten Hag kemungkinan besar enggan mempermanenkan Weghorst yang tampil tak kenal lelah dan membantu MU memenangkan Carabao Cup. 

Manchester United sendiri dirumorkan sedang mengejar tanda tangan bintang muda Napoli, Victor Osimhen. Serupa dengan Rashford, Osimhen musim ini juga mencatatkan kemampuan mencetak gol yang luar biasa dengan mengantongi 19 gol dari 20 penampilannya di Serie A. Striker Nigeria tersebut juga membantu Napoli meraih posisi puncak di klasemen liga.

Melansir dari Mirror, ada beberapa laporan yang mengklaim bahwa Napoli akan meminta mahar sebesar 100 juta euro bagi klub yang ingin mendapatkan jasa pemain berusia 24 tahun tersebut.

4 dari 4 halaman

Hilangnya Anthony Martial

Manchester United sebenarnya masih memiliki satu striker lagi, yakni Anthony Martial. Namun pemain berkebangsaan Perancis tersebut terakhir masuk ke dalam skuad Erik ten Hag pada 14 Januari lalu. Sejak saat itu, ia harus menepi karena cedera pinggul.

Ketika MU menjalani pertandingan pra-musim, Martial berhasil menunjukkan penampilan yang gemilang. Penampilan tersebut mengindikasikan bahwa ia akan memiliki musim yang luar biasa di bawah arahan Ten Hag.

Sayang, hingga saat ini pemain berusia 27 tahun tersebut belum dapat ketajamannya sebagai seorang pemain bernomor sembilan. Total ia hanya tampil sebanyak 14 kali dan hanya mampu mengantongi enam gol. Martial juga tercatat absen dalam 25 laga di semua kompetisi karena masalah cedera di musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.