Sukses

Juergen Klinsmann Resmi Latih Timnas Korea Selatan, Ikuti Jejak Shin Tae-yong

Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) menunjuk Juergen Klinsmann sebagai nakhoda anyar tim nasional. Klinsmann menggantikan Paulo Bento yang mundur usai Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) menunjuk Juergen Klinsmann sebagai nakhoda anyar tim nasional. Klinsmann menggantikan Paulo Bento yang mundur usai Piala Dunia 2022.

Bento membawa Korea Selatan menembus 16 besar turnamen di Qatar. Mereka akhirnya disingkirkan Brasil pada fase pertama babak gugur.

"Saya tahu timnas Korea Selatan sudah berkembang dan mencatat hasil baik dalam jangka waktu panjang," kata Klinsmann pada keterangan resminya. "Saya terhormat bisa mengikuti jejak pelatih-pelatih hebat yang sudah memimpin tim ini, mulai Guus Hiddink hingga Paulo Bento."

Klinsmann meneken kontrak hingga Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Dia jadi sosok berbeda ketiga yang menangani Son Heung-min dan kawan-kawan di Piala Dunia. Sebelum Bento, Korsel dipimpin Shin Tae-yong yang kini melatih timnas Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karier Klinsmann

Klinsmann merupakan salah satu penyerang tajam milik Jerman. Usai pensiun pada 1998, dia memimpin tim nasional tanah kelahiran pada periode 2004-2006. Di tangannya Jerman menduduki peringkat tiga Piala Dunia 2006.

Setelahnya Klinsmann melatih Bayern Munchen yang sempat diperkuatnya. Dia lalu menangani Timnas Amerika Serikat pada 2011 hingga 2016.

Pekerjaan terakhirnya sebelum ditunjuk KFA adalah melatih Hertha Berlin pada 2019-2020.

3 dari 3 halaman

Tugas Klinsmann

Tugas pertama Klinsmann adalah laga persahabatan melawan Kolombia pada 24 Maret mendatang. Selain Piala Dunia 2026, dia juga dituntut mempersembahkan prestasi terbaik di Piala Asia 2023. 

Meski belakangan jadi salah satu kekuatan utama Asia, Korea Selatan terakhir kali menjuarai ajang itu pada 1960.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.