Sukses

Jelang Dua Laga Beruntun Lawan Manchester United, Leeds United Malah Pecat Manajer

Liputan6.com, Manchester- Manchester United akan menghadapi dua laga beruntun menghadapi Leeds United di Liga Inggris. Duel pertama digelar di Old Trafford pada laga tunda, Kamis (9/2/2023).

Tiga hari kemudian, giliran MU yang akan tandang ke markas Leeds United di Elland Road. Namun jelang duel krusial ini, Leeds United malah pecat manajer mereka Jesse Marsch.

Leeds United, seperti dilansir sportsmole, secara resmi berpisah dengan Jesse Marsch. Pria asal Amerika Serikat ini baru genap satu tahun menangani Leeds United di Liga Inggris.

Pemecatan terhadap manajer 49 tahun ini dilakukan menyusul 7 laga tanpa kemenangan bersama Leeds United. Ini membuat klub yang berada di West Yorkshire itu terancam degradasi karena berada di posisi ke-17.,

Satu hari setelah kekalahan Leeds United lawan Nottingham Forest, Leeds langsung memecat Marsch. Ini menjadi kekalahan ke-10 Leeds musim ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Statistik

 

Dilihat dari statistik, Jesse Marsch memang meninggalkan catatan buruk. Dia hanya memiliki persentase menang sebesar 29,7 persen saja.

Leeds di era Marsch menang 11 kali, imbang 10 kali dan kalah 16 kali di semua kompetisi. Marsch menambah panjang daftar manajer di Liga Inggris yang dipecat.

Dia menjadi manajer ketujuh yang kehilangan pekerjaan musim ini. Sebelumnya ada Scott Parker, Thomas Tuchel, Bruno Lage, steven Gerrard, Ralph Hassenhuttl dan Frank Lampard.

"Leeds bisa memberi konfirmasi kalau Jesse Marsch sudah dibebaskan dari tugasnya," bunyi pernyataan resmi klub.

"Jesse gabung dengan klub pada Februari 2022 dan berperan penting jaga klub tetap ada di Liga Inggris hingga akhir musim lalu. Rene Maric, Cameron Toschack dan Pierre Barrieu juga akan meninggalkan klub."

 

3 dari 5 halaman

Gantikan Bielsa

 

Marsch menggantikan pelatih legendaris Argentina Marcelo Bielsa tahun lalu. Dia lah yang menyelamatkan Leeds dari degradasi musim lalu.

Dia bertanggung jawab dengan transfer Leeds yang hampir mencapai 150 juta pounds untuk tujuh pemain baru. Dia juga memboyong 3 pemain baru di Januari termasuk pemain anyar Georginio Rutter.

Namun Leeds musim ini kembali hadapi ancaman degradasi. Mereka hanya menang 4 kali dimana yang terakhir terjadi pada 5 November 2022 saat menang 4-3 lawan Bournemouth.

 

4 dari 5 halaman

Calon pengganti

 

Beberapa nama kini muncul sebagai calon pengganti Marsch. Diantaranya yaitu Carlos Coberan yang pernah menjadi asisten Bielsa.

Nama lain yang muncul yaitu Marcelo Bielsa, Ralph Hasenhuttl dan Mauricio Pochettino. Saat ini, Leeds United masih ditangani trio pelatih caretaker untuk menghadapi Man United.

 

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Klub sepak bola asal Yorkshire Barat-Inggris yang telah didirikan sejak tahun 1919.
    Klub sepak bola asal Yorkshire Barat-Inggris yang telah didirikan sejak tahun 1919.

    Leeds United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Jesse Marsch