Sukses

Hasil Piala AFF 2022: Hajar Brunei Darussalam, Kamboja Tempel Ketat Thailand dan Indonesia

Kemenangan atas Brunei Darussalam membuat Kamboja menempel ketat Thailand dan Indonesia di klasemen Grup A Piala AFF. Berada di peringkat ketiga, Kamboja satu poin di belakang Thailand dan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kamboja meraih poin sempurna dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022. Skuad racikan Keisuke Honda menang 5-1 atas Brunei Darussalam di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamis (29/12/2022).

Bermain di kandang, Kamboja tertinggal terlebih dahulu dari Brunei Darussalam pada menit ke-21. Umpan Hakeme Said dikonversi Mohammad Nur Otham menjadi gol.

Tapi, 10 menit kemudian Kamboja membalas dengan gol Choun Chanchav. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Kamboja berbalik unggul di menit ke-50 lewat tendangan penalti Nick Taylor. Tuan rumah kembali mendapat hadiah pada menit ke-73. Kali ini, Keo Sokpheng yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya.

Unggul 3-1 belum membuat Kamboja puas. Lim Pisoth menyumbang dua gol masing-masing pada menit ke-80 serta 88 untuk membawa Kamboja menang 5-1.

Dengan hasil ini, Kamboja masih menempati urutan ketiga klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan enam poin dari tiga pertandingan. Kamboja hanya tertinggal satu poin dari pemimpin klasemen Thailand dan Indonesia.

Laga Thailand vs Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, berakhir imbang 1-1. Indonesia unggul terlebih dahulu melalui eksekusi penalti Marc Klok pada menit ke-50 sebelum Thailand membalas dengan gol Sarach Yooyen di menit ke-79.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laga terakhir

Hasil imbang laga Indonesia melawan Thailand dan kemenangan Kamboja atas Brunei Darussalam membuat belum ada satu tim pun yang sudah pasti melaju ke semifinal Piala AFF 2022. Thailand masih memimpin klasemen dengan tujuh poin, sama seperti Indonesia. Sedangkan Kamboja di posisi ketiga dengan enam poin.

Siapa tim yang akan lolos akan ditentukan pada laga terakhir. Indonesia akan menghadapi Filipina di Rizal Memorial Stadium pada 2 Januari 2023. Filipina sudah tidak dipastikan tidak lolos karena baru mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan.

Laga hidup mati bakal dijalani Kamboja yang melawan Thailand. Bermain di Thammasat Stadiun, Pathum Thani, tim asuhan Keisuke Honda itu mengemban misi sulit untuk menang di markas Thailand.

3 dari 3 halaman

Susunan pemain Kamboja vs Brunei Darussalam

Kamboja: 1 Keo Soksela, 15 Reung Bunheing, 5 Soeuy Visal, 18 Seut Baraing, 12 Sos Suhana, 8 Orn Chanpolin, 3 Choun Chanchav, 16 Yeu Muslim, 4 Tes Sambath, 17 Sa Ty, 14 Nick Taylor

Brunei Darussalam: 1 H. Nyaring, 4 F. Hassan, 5 N. Othman, 16 Y. Yunos, 3 A. Sisa, 12 K. Suhaimi, 7 A. Ali, 8 N. Ismail, 13 H. Kasyful, 14 H. Sulaiman, 23 H. Said

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.