Sukses

Leeds vs City: Haaland Pecahkan Rekor Dahsyat, Ungguli 2 Legenda MU dan Messi

Haaland sukses membuat dua gol ketika City mengalahkan tuan rumah Leeds United di ajang Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta- Erling Haaland menjadi bintang kemenangan Manchester City saat dijamu Leeds United pada laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pada Kamis (29/12/2022) dini hari WIB. Pemuda Norwegia itu membuat dua gol saat City menang 3-1 di Elland Road.

Saat dijamu Leeds, Manchester City mmbuka keunggulan di akhir babak pertama melalui Rodri. Kemudian Haaland membuat dua gol pada babak kedua sehingga City memimpin 3-0. Leeds memperkecil ketertinggalan di melalui Pascal Struijk.

Torehan dua gol ke gawang Leeds membuat Haaland sudah mengoleksi 20 gol di Liga Inggris musim 2022/2023. Eks pemain Borussia Dortmund itu semakin kokoh di daftar top skor Liga Inggris dengan unggul tujuh gol dari pemain Tottenham Hotspur Harry Kane.

Haaland juga menorehkan rekor dahsyat dengan dua gol saat melawan Leeds. Haaland menjadi pemain tercepat yang bisa membuat 20 gol di ajang Liga Inggris. Haaland cuma butuh 14 pertandingan saja.

Pemuda 22 tahun itu mengalahkan catatan legenda Sunderland Kevin Phillips dengan 21 laga serta dua legenda Mancester United atau MU Andy Cole (23 laga) dan Ruud van Nistelrooy (26).

Haaland dalam kondisi sangat bugar di akhir tahun ini karena selama sebulan tidak bertanding. Dia tak ikut Piala Dunia 2022 karena Norwegia tak lolos bertanding ke Qatar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Messi

Rekor lain Haaland adalah sebagai pemain tercepat yang mampu membuat 25 gol di bawah asuhan Josep Guardiola. Haaland cuma butuh 20 pertandingan saja.

Menurut catatan Opta, Haaland memecahkan rekor milik Lionel Messi yang memerlukan 28 laga untuk bisa melesakkan 25 gol di bawah asuhan Guardiola ketika masih bersama-sama di Barcelona.

Selain rekor gol tercepat, Haaland juga kini sudah melewati jumlah gol ayahnya Alfie di Liga Inggris. Alfie cuma bisa membuat 18 gol dalam 181 penampilan di Liga Inggris.

3 dari 3 halaman

Ederson

Alfie memang tak banyak membuat gol di Liga Inggris. Maklum saja, posisinya bukan penyerang. Alfie menempati posisi bek kanan dan juga gelandang sehingga cuma bisa menghasilkan 18 gol.

Tak cuma Haaland, kiper City Ederson Moraes juga menorehkan tinta emas di laga melawan Leeds. Ederson menjadi pemain tercepat yang meraih 150 kemenangan di Liga Inggris dengan 197 laga.

Pemain asal Brasil ini mampu mengalahkan catatan bek MU Patrice Evra yang meraih 150 kemenangan dalam 213 pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.