Sukses

Hasil Perempat Final Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis: Harry Kane Gagal Penalti, The Three Lions Tersingkir

Prancis lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah menaklukkan Inggris dan akan menghadapi Maroko.

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis yang baru selesai digelar, dimenangkan Prancis dengan skor 2-1 di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, Sabtu malam waktu lokal atau Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Laga babak 8 besar Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis disiarkan langsung SCTV, Indosiar, jaringan tv satelit Nex Parabola dan streaming di aplikasi OTT Vidio pada Minggu (11/12/2022) dini hari. Adapun jadwal lengkap pertandingan lainnya bisa diperoleh di link berikut.

Di semifinal, Prancis akan menghadapi Maroko yang secara mengejutkan menyingkirkan Portugal di babak 8 besar Piala Dunia 2022 dengan skor 1-0. Laga vs Maroko akan digelar di Stadion Al Bayt, Rabu (14/12/2022) malam waktu Qatar atau Kamis dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Prancis diciptakan Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud. Sedangkan gol Inggris dicetak Harry Kane lewat eksekusi tendangan penalti.

Jalannya Pertandingan

Tak lama setelah wasit Wilton Sampaio (Brasil) meniup peluit kick-off, Inggris melakukan serangan pertama dengan Harry Kane, yang mengirimkan umpan apik ke dalam area penalti Prancis. Namun pemain bertahan Les Bleus berhasil melakukan intersep dengan baik.

Setelah itu, Prancis yang mengontrol permainan dan membuat Inggris lebih banyak dalam posisi tertekan. Ancaman nyata pertama dari Prancis dimulai dari kombinasi apik Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele di sisi kiri pertahanan Inggris yang dikawal Luke Shaw.

Setelah mendapat sodoran dari Griezmann, Dembele dengan kecepatannya melepaskan crossing setengah badan yang disambut Olivier Giroud dengan sundulan. Namun bola masih lemah dan bisa dikuasai Jordan Pickford.

Usaha berikutnya dari Prancis dilakukan Kylian Mbappe yang mengirim crossing kepada Dembele. Tetapi gangguan Luke Shaw membuat winger Barcelona itu, gagal menyambut umpan memanjakan dari Mbappe dengan baik.

Serbuan Prancis akhirnya membuahkan hasil. Mbappe yang bergerak di sisi kanan pertahanan Inggris, menggiring bola ke tengah. Saat bola dalam penguasaan Griezmann, dia langsung menyodorkannya kepada Aurelien Tchouameni yang lalu melepaskan sebuah tembakan keras dari jarak jauh. Bola melesat melewati penjaga gawang Jordan Pickford yang terkejut dan masuk ke sudut kiri bawah gawang. Skor 1-0 untuk Prancis.

Inggris terkejut dan langsung merespons dengan meningkatkan serangan. Di menit 22, Harry Kane menerima sebuah operan bagus di sisi kotak penalti Prancis. Sayangnya dia melewatkan kesempatan emas untuk mencetak skor. Tendangan Kane dari jarak dekat digagalkan Hugo Lloris, rekannya di Tottenham Hotspur.

Hanya beberapa menit kemudian, Harry Kane mencoba menerobos ke dalam kotak penalti dan terlihat dilanggar, namun wasit memberikan sinyal tidak ada penalti ulasan VAR pun menunjukkan hasil yang sama.

Pada menit 29, Harry Kane mendapatkan ruang lumayan terbuka dan menembak dari luar penalti ke arah sudut kanan atas gawang. Tembakannya mengarah ke gawang, namun tidak terlalu kuat, dan Hugo Lloris berhasil melakukan penyelamatan.

Terus ditekan, Prancis baru kembali mengancam di menit 39. Sebuah operan pendek dari Theo Hernandez mengarah kepada Kylian Mbappe yang berada dalam posisi bagus di dalam kotak penalti, namun tembakan yang dilepaskan melenceng jauh ke atas mistar gawang.

Hingga waktu tambahan selama 4 menit pada babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk Prancis bertahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Selepas turun minum, Jude Belllingham melepaskan tendangan voli yang membuat Hugo Lloris cukup bekerja keras menghalau bola dan menghasilkan tendangan pojok untuk Inggris. Phil Foden mengirim umpan tendangan pojok yang menimbulkan kemelut di gawang Prancis. Tetapi lagi-lagi Hugo Lloris bisa menetralisir situasi.

Di menit 52, Inggris mendapat kesempatan besar setelah wasit menghukum Prancis dengan penalti akibat pelanggaran yang dilakukan Tchouameni kepada Bukayo Saka.

Harry Kane maju sebagai algojo, sukses menuntaskan tugasnya untuk membawa Inggris menyamakan kedudukan jadi 1-1 di menit 53. Bola tendangan Kane meluncur deras ke sisi kanan gawang Prancis, sementara Hugo Lloris salah mengantisipasi karena bergerak ke kiri.

Hanya selang beberapa menit, kesalahan koordinasi di lini pertahanan Inggris nyaris membuat Prancis kembali unggul. Adrien Rabiot dalam posisi bebas tak terkawal mendapatkan bola dan langsung melepaskan tembakan yang memaksa Jordan Pickford kerja keras menepisnya.

Pertandingan makin sengit karena Prancis kembali keluar menyerang. Pergerakan Mbappe membuat Kyle Walker keteteran, hingga lolos dan melepaskan umpan datar. Tetapi Giroud gagal menyambutnya, begitu pun dengan Dembele yang gagal menguasai bola karena kaget.

Harry Maguire menunjukkan timing yang bagus saat menyambut umpan lambung ke dalam kotak penalti. Dia melompat tinggi dan melepaskan sundulan, namun sedikit kurang akurat sehingga menerpa sisi tiang gawang Prancis.

Prancis kembali menekan, dan Olivier Giroud yang tidak terjaga mendapatkan momen besar untuk mencetak gol saat menyambut umpan Dembele. Tetapi tembakan Giroud dengan brilian digagalkan Jordan Pickford.

Akhirnya di menit 78, Giroud yang melesat masuk ke dalam kotak penalti menyambut crossing dari Griezmann dan lalu mencetak skor dengan luar biasa dari jarak dekat dan sedikit 'bantuan' dari Harry Maguire yang membuat arah bola berbelok hingga masuk masuk ke sisi kiri gawang. Skor 2-1 untuk Prancis.

Peluang emas didapatkan Inggris, setelah kembali memperoleh tendangan penalti karena Mason Mount yang baru masuk menggantikan Jordan Henderson di menit 79 didorong hingga terjatuh oleh Theo Hernandez saat berusaha menyambut umpan.

Wasit Wilton Sampaio sempat mengabaikannya, sebelum para asistennya di ruang VAR memberitahu untuk melakukan ulasan. Akhirnya wasit memutuskan penalti.

Namun, tepat di menit 84, Harry Kane yang kembali jadi algojo, kali ini gagal menuntaskan tugasnya, karena bola tendangan sang kapten The Three Lions melambung.

Kesempatan terakhir Inggris dari tendangan bebas Marcus Rashford nyaris membuat skor jadi imbang setelah bola hanya tipis di atas gawang. Skor 2-1 bertahan untuk Prancis.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

INGGRIS: Jordan Pickford (kiper); Kyle Walker, John Stones (Jack Grealish 90+8), Harry Maguire, Luke Shaw; Jude Bellingham, Declan Rice, Jordan Henderson (Mason Mount 79); Bukayo Saka (Raheem Sterling 79), Phil Foden (Marcus Rashford 85), Harry Kane.

Cadangan: Nick Pope, Aaron Ramsdale; Jack Grealish, Raheem Sterling, Marcus Rashford, Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Eric Dier, Conor Coady, Trent Alexander-Arnold, Mason Mount, Callum Wilson, James Maddison, Conor Gallagher.

Pelatih: Gareth Southgate

PRANCIS: Hugo Lloris (kiper); Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Kingsley Coman 79), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud.

Cadangan: Alphonse Areola, Steve Mandanda; Benjamin Pavard, Axel Disasi, Matteo Guendouzi, Randal Kolo Muani, Youssouf Fofana, Jordan Veretout, William Saliba, Kingsley Coman, Ibrahima Konate, Eduardo Camavinga, Marcus Thuram.

Pelatih: Didier Deschamps

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.