Sukses

Hasil BWF World Tour Finals 2022: Menangi Perang Saudara, Anthony Ginting Rebut Tiket Final

Anthony Sinisuka Ginting berhak atas tiket ke babak final BWF World Tour Finals 2022 usai memenangkan perang saudara melawan Jonatan Christie pada Sabtu (10/12/2022)

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting merebut tiket ke babak final BWF World Tour Finals 2022 usai menaklukkan kompatriotnya Jonatan Christie, 21–15, 11–21, 21–18 pada laga empat besar di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, Sabtu (10/12/2022).

Pebulu tangkis berusia 26 tahun memang tampil lebih dominan di awal game pembuka. Ia unggul 4–1 atas rekan senegaranya. Namun, perlahan tapi pasti, Jojo mengikis ketertinggalan. Tunggal peringkat lima dunia berbalik memimpin di kedudukan 5–6.

Ginting bangkit dengan cepat untuk mengembalikan dominasi. Tambahan empat angka berturut-turut cukup untuk membuatnya perkasa lagi dengan 9–6. Keunggulan tiga angka bertahan hingga interval set pertama.

Jojo masih berada di posisi minor selepas jeda. Sebaliknya, Ginting makin tangguh di kedudukan 13–9. Pebulu tangkis kelahiran Jakarta sempat mencoba mengikis ketertinggalan. Namun, unforced errors yang dilakukannya justru memberi keuntungan tambahan buat Ginting.

Situasi belum berubah mendekati pengujung set pembuka. Game point opportunity didapatkan Ginting di kedudukan 20–15. Tak butuh waktu lama bagi tunggal putra asal Cimahi untuk menyudahi perlawanan Jojo.

Pengembalian shuttlecock yang menyangkut di net membuat Ginting langsung mengamankan game pertama lewat keunggulan 21–15.

Jonatan Christie mencuri angka pertama di game kedua. Namun, Ginting dengan cepat menyamakan perolehan skor. Drama kejar-kejaran poin sempat terjadi hingga kedudukan 5–5. Setelahnya, Jojo memegang kendali dengan unggul 5–7.

Ginting masih berada di posisi minor jelang interval. Kesalahan sendiri yang dibuatnya mengantar Jojo memimpin 7–10. Ia hanya bisa mengoleksi satu angka tambahan sebelum sang kompatriot menutup jeda set kedua dengan 8–11.

Jojo terus menjauhi perolehan poin Ginting pasca interval. Ia sudah dominan empat angka di kedudukan 9–13. Tunggal putra Cimahi mencoba memangkas selisih jarak. Akan tetapi, upayanya lagi-lagi diganggu unforced errors.

Dalam waktu relatif singkat, Jojo suksesmenyudahi perlawanan rekannya di set kedua. Skor 11–21 untuk keunggulan pebulu tangkis berusia 25 tahun memaksa permainan mau tak mau berlanjut ke game penentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Game Ketiga

Ginting mencoba mengembalikan keperkasaannya di set ketiga. Ia dengan cepat memimpin perolehan skor 4–0. Tren positifnya baru terputus ketika netting yang dilakukan gagal menyeberang ke area permainan lawan.

Di sisi lain, Jojo punya PR besar untuk mengejar defisit angka. Akan tetapi, upayanya terus-menerus diganggu oleh kesalahan sendiri. Ginting makin dominan di kedudukan 11–4, sementara Jojo masih mengais peluang untuk menyamakan skor.

Dominasi Ginting makin sulit dipatahkan selepas jeda. Jojo yang berupaya bangkit terus-menerus dipaksa berada di posisi minor. Tunggal putra peringkat limadunia sejatinya sempat mendekati perolehan poin Ginting.

Kedua pemain menjadi hanya berselisih tiga angka di kedudukan 17–14. Namun, upaya Jojo belum cukup untuk menyalip rekan senegaranya. Smash yang dilancarkan Ginting seketika menghentikan laju skor Jonatan Christie.

Situasi baru berubah mendekati poin-poin kritis. Jojo secara mengagumkan mampu menyeumbangkan kedudukan menjadi 18–18. Duel panas tersaji.

Pengamatan lapangan Jojo yang kurang akurat membuat Ginting lebih dulu mendapat match point opportunity dengan 20–18. Tak butuh waktu lama bagi tunggal putra Cimahi untuk mengakhir laga. Pengembalian Jojo yang memanjang membuatnya unggul 21–18.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan

Pertandingan ke-4: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia); 17–21, 21–13, 21–19

Pertandingan ke-6: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China); 20–22, 21–11, dan 19–21

Pertandingan ke-7: Anthony Sinisuka Ginting vs Jonatan Christie; 21–15, 11–21, dan 21–18

Pertandingan ke-10: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

 

Catatan. Pertandingan pertama dimulai pukul 11.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.