Sukses

Belanda vs Argentina di Perempat Final Piala Dunia 2022: 18 Kartu Kuning Dikeluarkan

Liputan6.com, Jakarta - Hujan kartu mewarnai laga Belanda melawan Argentina pada perempat final Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Lusail Iconic, Sabtu (10/12) dini hari WIB. Seperti dilansir Sport Star, total kartu kuning yang dikeluarkan wasit Antonio Mateu mencapai 18.

Jumlah tersebut melebihi 16 kartu kuning yang dibagikan dalam laga Portugal menghadapi Belanda di Piala Dunia 2006. Pertandingan itu kemudian populer disebut 'Battle of Nurembeg'.

Dari 18 kartu yang dibagikan pengadil asal Spanyol tersebut, delapan di antaranya untuk pemain Argentina. Dua ofisial Argentina juga mendapatkan dua kartu kuning. Sementara pemain Belanda menerima tujuh kartu kuning (Denzel Dumfries memiliki dua kartu)

Banyaknya kartu kuning yang dikeluarkan wasit asal Spanyol itu membuat kapten Argentina Lioonel Messi berdiskusi dengan wasit setelah peluit turun minum. Meski wasit berpengalaman, pria berusia 45 tahun tersebut terkenal karena keputusan kontroversialnya.

Mateu pernah memimpin pertandingan Barcelona menghadapi Osasuna dalam laga Liga Spanyol, di mana Lionel Messi memberikan penghormatan kepada Diego Maradona setelah kematiannya. Dia memberi Messi kartu kuning karena melepas jerseynya.

Contoh lain, Matue menganulir gol Messi saat Barcelona melawan Atletico Madrid di Liga Spanyol 2013-14. Pertandingan berakhir imbang 1-1 dan Atletico memenangkan gelar. Dia kemudian meminta maaf kepada Barcelona karena salah menganulir gol, ungkap asisten manajer tim saat itu Elvio Paolorosso.

Mateu juga pernah mengeluarkan Pep Guardiola karena perbedaan pendapat dalam perempat final Liga Champions saat Manchester City melawan Liverpool pada 2017/18.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pemain dan offisial yang dapat kartu kuning

Walter Samuel (31’) - staf pelatih Argentina

Jurien Timber (43’)

Marcos Acuna (43’)

Christian Romero (45’)

Wout Weghorst (45+2’)

Memphis Depay (76’)

Lisandro Martinez (76’)

Steven Berghuis (88’)

Leandro Parades (89’)

Lionel Scaloni (90’) - pelatih Argentina

Lionel Messi (90+10’)

Nicolas Otamendi (90+12’)

Steven Bergwijn (91’) - ET

Gonzalo Montiel (109’) - ET

German Pezzella (112’) - ET

Denzel Dumfries (128’) - PS

Denzel Dumfries (129’) - PS (2nd yellow changed to red)

Noa Lang (129’) - PS

3 dari 3 halaman

Argentina ke semifinal

Laga Argentina melawan Belanda harus dituntaskan melalui drama adu pelanti. Argentina sebenarnya sudah unggul 2-0 lewat gol Nahuel Molina dan tendangan penalti Lionel Messi.

Tapi, Belanda mampu memperkecil skor lewat Wout Weghorst. Pemain bernomor punggung19 tersebut membuat Argentina cemas berkat gol dramatisnya pada menit ke-90+11.

Laga kemudian dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu dan adu penalti. Kiper Argentina Emiliano Martinez menggagalkan tendangan penalti Virgil van Dijk dan Steven Berghuis.

Argentina pun menang 4-3 dan melaju ke semifinal. Di babak empat besar, Albiceleste akan melawan Kroasia yang secara mengejutkan menyingkirkan Brasil juga lewat adu penalti dengan skor 4-2 (1-1).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS