Sukses

Prediksi Susunan Pemain Inggris vs Prancis di Perempat Final Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Duel kelas berat mempertemukan dua tim favorit juara, Inggris versus Prancis, yang harus saling sikut pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, Sabtu malam waktu lokal atau Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Laga perempat final Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis dapat disaksikan melalui siaran langsung di SCTV, Indosiar, jaringan tv satelit Nex Parabola dan streaming di aplikasi OTT Vidio pada Minggu (11/12/2022) dini hari, mulai pukul 02.00 WIB. Adapun jadwal lengkap pertandingan lainnya bisa diperoleh di link berikut.

Takdir membuat satu dari dua negara besar sepak bola itu, harus meninggalkan turnamen dan satunya lagi bertahan di Qatar untuk menghadapi pemenang Maroko vs Portugal di babak semifinal.

Tidak ada favorit dalam duel Inggris vs Prancis yang akan dipimpin wasit Wilton Sampaio dari Brasil. Kedua negara sama-sama memiliki kualitas untuk meraih trofi Piala Dunia 2022.

Prancis termotivasi untuk mempertahankan apa yang mereka raih di Rusia empat tahun lalu, untuk mengulang sejarah yang pernah ditorehkan Italia dan Brasil, yang merebut gelar juara dua kali berturut-turut di era trofi Jules Rimet.

Inggris menjadi ujian yang cocok bagi Prancis. Bahkan, Didier Deschamps melihat Inggris nyaris tak memiliki kelemahan. Itu jadi tantangan berat bagi Les Bleus.

"Mereka tidak memilikinya (kelemahan). Semua tim memiliki kekuatan, tidak semua memiliki banyak kelemahan, tetapi hanya sedikit," kata Deschamps dalam konferensi pers pra pertandingan dikutip dari Eurosport.

"Inggris telah melihat kami memainkan empat pertandingan. Pada akhirnya, Anda perlu mengidentifikasi area di mana Anda pikir Anda dapat menyerang mereka."

"Kecepatan seringkali menjadi salah satu kunci pertandingan. Saat cepat, lawan memiliki lebih sedikit waktu untuk diatur. Anda membutuhkan lebih dari sekadar kecepatan untuk mencetak gol. Anda bisa menghentikan banyak hal tapi sangat sulit menghentikan seseorang yang sangat cepat, terutama dalam transisi."

"Tim Inggris sangat kuat di area itu dan mencetak banyak gol dengan serangan balik cepat. Mereka juga memiliki banyak kualitas lain dalam hal kemampuan teknis, kapasitas untuk mencetak gol, dan berbahaya dalam bola mati. Bukan kebetulan mereka akan menghadapinya."

Sementara Deschamps menekankan bahwa peluang sukses timnya tidak hanya bergantung pada Kylian Mbappe, dia juga menekankan pentingnya peran pemain lain di tubuh Prancis.

"Inggris akan bersiap untuk Kylian, tapi dia dalam posisi untuk membuat perbedaan. Kami punya pemain lain, tapi Kylian adalah Kylian dan dia bisa membuat perbedaan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Butuh Mental Baja

Sementara Gareth Southgate, mencoba menjaga skuadnya sebagai sebuah kesatuan. Dia tak ingin ada jarak di antara para pemain. Southgate ingin semuanya cair dan menegaskan kepentingan tim ada di atas segalanya.

"Grup ini adalah tim. Mereka sangat dekat, mereka punya banyak pengalaman bersama sekarang. Para pemain yang lebih senior menetapkan standar dan membuka diri kepada para pemain muda untuk masuk dan beradaptasi, memungkinkan mereka untuk mengekspresikan diri," ujar Southgate dikutip dari Metro.

Kapten Inggris, Harry Kane, menekankan pentingnya kekuatan mental menghadapi tim sekelas Prancis yang masih mengandalkan sejumlah pemain ketika menjadi juara Piala Dunia 2018.

"Kami di sini bukan hanya untuk bermain di perempat final. Kami tahu ada beberapa tim yang sangat bagus di sini, tetapi kami juga tahu bahwa kami adalah tim yang sangat bagus. Jika kami kalah besok, kami akan kecewa seperti orang lain. Di antara semua orang, kami memiliki tekad dan keyakinan yang nyata untuk sukses sebagai tim Inggris," ujar Harry Kane.

"Besok bukanlah final Piala Dunia, ini adalah langkah lain untuk mencoba memenangkan Piala Dunia. Kami harus sepenuhnya fokus pada hal itu.'

 

3 dari 5 halaman

Kondisi Tim

Prancis tidak memiliki masalah pemain yang cedera untuk yang satu ini, jadi sepertinya Didier Deschamps tidak akan mengubah susunan pemain inti. Termasuk memasang kembali Jules Kounde sebagai fullback kanan.

Sedangkan Inggris dipastikan kehilangan bek Arsenal, Ben White, yang meninggalkan kamp latihan baru-baru ini. Sementara John Stones dan Callum Wilson dilaporkan kebugarannya harus dipantau lebih lanjut, untuk memastikan cukup fit diturunkan.

Sedangkan Raheem Sterling sudah kembali bergabung setelah sempat pulang ke Inggris karena khawatir keselamatan keluarganya akibat aksi perampok bersenjata yang membobol rumahnya.

Sterling yang absen ketika Inggris menghadapi Senegal, mungkin bakal kembali masuk line up, tetapi kemungkinan besar tidak akan memulai pertandingan sebagai starter.

"Saya telah berbicara singkat dengan Raheem saat latihan, dan perlu berbicara lagi dengannya nanti. Luar biasa, dia memutuskan kembali bersama kami. Dia ingin berlatih hari ini (Jumat), jadi kami memberinya sesi yang lebih ringan. Dia akan terlibat besok tapi seperti apa itu (starter atau cadangan), kita harus memutuskan," ujar Southgate.

"Sulit untuk mengetahui levelnya, dia belum berada di lapangan bersama kami sejak Sabtu, jadi kami harus menilai itu. Tapi dia pemain yang sangat penting bagi kami."

 

4 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

INGGRIS: Jordan Pickford (kiper); Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Jude Bellingham, Declan Rice, Jordan Henderson; Bukayo Saka, Phil Foden, Harry Kane.

PRANCIS: Hugo Lloris (kiper); Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud.

 

5 dari 5 halaman

Head to Head

Inggris dan Prancis sudah bertemu sebanyak enam kali sejak 2004, di mana Prancis tercatat mendapat hasil lebih impresif.

Itu mungkin hanya statistik dan belum menjadi jaminan kuat Les Bleus bisa menjadi pemenangnya, tapi setidaknya fans Inggris bakal ketar-ketir menyikapi tabel di bawah ini.

Inggris Prancis

1 (17%) Menang 4 (67%)

1 (17%) Imbang 1 (17%)

7 Gol 9

9 Kartu Kuning 3

0 Kartu Merah 1

Head to Head

13 Juni 2017 Prancis 3-2 Inggris

17 November 2015 Inggris 2-0 Prancis

11 Juni 2012 Prancis 1-1 Inggris

17 November 2010 Inggris 1-2 Prancis

26 Maret 2008 Prancis 1-0 Inggris

13 Juni 2004 Prancis 2-1 Inggris

5 Pertandingan Terakhir Inggris

21 November 2022 Inggris 6–2 Iran

25 November 2022 Inggris 0–0 Amerika Serikat

29 November 2022 Wales 0–3 Inggris

4 Desember 2022 Inggris 3–0 Senegal

5 Pertandingan Terakhir Prancis

22 November 2022 Prancis 4–1 Australia

26 November 2022 Prancis 2–1 Denmark

30 November 2022 Tunisia 1–0 Prancis

4 Desember 2022 Prancis 3–1 Polandia

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS