Sukses

Susunan Pemain Kroasia vs Brasil di 8 Besar Piala Dunia 2022: Menanti Tarian Samba Selecao

Liputan6.com, Jakarta - Kroasia menghadapi Brasil pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Jumat (9/12/2022) pukul 22.00 WIB. Kedua tim sudah merilis susunan starter.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic melakukan sedikit perubahan di lini belakang dan depan untuk laga ini. Namun, trio Mateo Kovacic, Luka Modric, Marcelo Brozovic di lini tengah tidak berubah. 

Nama-nama berpengalaman seperti Dejan Lovren dan Ivan Perisic juga tetap jadi andalan, begitu pula kiper Dominik Livakovic yang tampil heroik saat Kroasia mengalahkan Jepang melalui adu penalti di 16 besar Piala Dunia Qatar.

Nakhoda Brasil Tite mempertahankan tim yang menghajar Korea Selatan 4-1 pada 16 besar. Eder Militao dan Danilo mengawal sisi pertahanan. Sementara kuartet Raphinha, Neymar, Vinicius Jr, dan Richarlison jadi andalan untuk membongkar pertahanan lawan.

Pertandingan Kroasia vs Brasil akan disiarkan langsung SCTV, Moji, dan juga dapat disaksikan melalui streaming Vidio serta jaringan televisi satelit NEX Parabola.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Kroasia: Dominik Livakovic, Borna Sosa, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Josip Juranovic, Mateo Kovacic, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mario Pasalic, Andrej Kramaric, Ivan Perisic

Brasil: Alisson Becker, Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Danilo, Casemiro, Lucas Paqueta, Raphinha, Neymar, Vinicius Jr, Richarlison

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Lawan Tangguh

Selecao membungkam Korea Selatan 4-1 pada laga 16 besar Piala Dunia 2022 yang penuh keseruan dan joget. Setiap mencetak gol, para pemain Brasil menampilkan joget merpati yang menimbulkan kontroversi.

Kini, Brasil diuji lawan yang lebih tangguh, Kroasia. Meski lolos lewat jalur adu penalti, Kroasia berpengalaman di Piala Dunia dengan kelolosan mereka di final 2018.

Rata-rata pemain kedua tim sebenarnya sama. Baik Kroasia maupun Brasil punya rata-rata pemain berusia 27 tahun, tapi pemain Kroasia lebih matang menghadapi situasi fase gugur seperti yang ditunjukkan 4 tahun lalu.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic pun mengatakan pasukannya siap meladeni Brasil yang penuh talenta. Brasil disebutnya punya pemain yang menakutkan.

"Realistis saja, Brasil tim terbaik di dunia. Saat Anda melihat kedalaman skuad, itu menakutkan. Kami jalani tes berat di depan, tapi kami tak punya rasa takut," kata Dalic seperti dikutip croatiaweek.

Duel Kroasia melawan Brasil akan mempertemukan empat pemain Real Madrid. Luka Modric dari Kroasia akan jumpa 3 rekannya asal Brasil yaitu Eder Militao, Vinicius Jr dan Rodrygo.

Vinicius mengaku kagum dengan sosok Modric. Gelandang veteran ini disebutnya sudah banyak membantunya berkembang.

"Selalu sulit melawan pemain yang punya kualitas luar biasa. Modric selalu mengajarkan saya, dia selalu mengajari saya tiap hari, dia bantu saya terus berkembang," kata Vinicius.

"Dia seorang contoh. 37 tahun masih main itu sesuatu yang langka, pesepak bola seperti dia, Ronaldo dan Thiago Silva menunjukkan kalau usia tak memengaruhi mereka main normal," dia menambahkan.

Modric menjadi pemain Kroasia paling banyak main saat ini. Dia sudah main di 8 event internasional bersama Kroasia.

Dia berharap bisa meloloskan Kroasia untuk dua kali beruntun ke semifinal Piala Dunia. Di sisi lain, Vinicius meyakini Krosia punya pemain yang berbahaya selain Modric.

"Kami bersiap tak hanya untuk menghadapi Modric tapi seluruh skuad. Banyak dari mereka main dengan klub besar dan akan melakukan segalanya untuk mengalahkan kami," katanya.

3 dari 3 halaman

Rekor Pertemuan dan Link Live Streaming

Rekor Pertemuan

03/06/18 UJC Brasil 2 - 0 Kroasia

13/06/14 PID Brasil 3 - 1 Kroasia

14/06/06 PID Brasil 1 - 0 Kroasia

18/08/05 UJC Kroasia 1 - 1 Brasil

 

Pertandingan antara Kroasia melawan Brasil bisa Anda saksikan dengan klik link di sini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS