Sukses

Jelang Lawan Belanda di Piala Dunia 2022, Amerika Serikat Dapat Kabar Baik

Liputan6.com, Al Rayyan- Amerika Serikat mendapatkan kabar baik jelang menghadapi Belanda pada 16 besar Piala Dunia 2022 di stadion Khalifa, SAbtu (3/12/2022). AS bisa memainkan pemain andalan mereka Christian Pulisic yang pulih dari cedera.

Dia dinyatakan pulih 100 persen dan siap tempur menghadapi Belanda. Ini menjadi angin segar buat AS yang sempat ketar ketir usai gelandang Chelsea itu cedera saat menghadapi Iran.

Pelatih Amerika Serikat Gregg Berhalter konfirmasi langsung soal kesiapan Christian Pulisic. Dia mengatakan gelandang AS itu sudah di trek untuk duel krusial itu.

"Kita akan melihatnya di sesi latihan. Saya pikir dia tampak baik, tapi kami harus melihatnya lagi di lapangan," ujarnya seperti dikutip espn.

Pulisic memang tak mau melewatkan satu laga pun untuk membantu AS. Dia akan melakukan segalanya agar bisa tmapil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Belum 90 menit

 

Meski sudah pulih, Pulisic tahu kondisinya belum pulih betul. Dia mengaku mungkin tak bisa tampil 90 menit.

"Saya akan melakukan segalanya sesuai kemampuan, dengan bantuan tim medis, untuk memastikan berapa lamapun saya bisa ada di lapangan. Saya akan memberi 110 persen," ujarnya.

"Saya merasa berhutang dengan sepak bola, saya berhutang dengan tim ini, saya berhutang dengan negara ini. Saya akan melakukan segalanya."

 

3 dari 6 halaman

Pemain Lain

 

Berhalter di sisi lain kurang yakin dengan kondisi striker Josh Sargent. Dia dipaksa ditarik keluar saat melawan Iran di menit ke-77.

Sargent kabarnya mengalami kelelahan di engkel kanan.

"Dia juga akan kami tes di latihan. Kita lihat sejauh mana kondisi fisiknya. Kalau Pulisic, kami cukup yakin, kalau Sargent kurang yakin," ujar Berhalter.

4 dari 6 halaman

Ditarik Keluar

Pulisic membobol gawang Iran pada babak pertama pertandingan, tepatnya menit ke-38. Umpan dari Sergino Dest berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Pulisic hingga berbuah gol.

Nahasnya, Pulisic mesti ditarik ke luar lapangan setelah mencetak gol tersebut. Pasalnya ia mengalami cedera cukup serius karena bertabrakan dengan kiper Iran, setelah melesakkan bola ke gawang Iran hingga berbuah gol.

Kapten timnas AS itu masih sanggup melanjutkan pertandingan hingga peluit babak pertama dibunyikan, pertanda permainan berakhir. Skor 1-0 pun tidak berubah hingga turun minum, kemenangan untuk AS.

Babak kedua dimulai, Pulisic tak dapat melanjutkan pertandingan sehingga pelatih AS, Gregg Berhalter menggantinya. Brenden Aaronson menggantikan Pulisic di awal babak kedua.

Hingga akhir babak kedua, skor tidak berubah dan kemenangan sukses diraih AS. Gol Pulisic sukses membawa AS ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

5 dari 6 halaman

Akhiri Mimpi Iran

Pelatih Iran, Carlos Queiroz angkat suara setelah laga berakhir. Ia menuturkan terkait mimpi Iran yang berakhir setelah dikalahkan oleh AS. Dengan itu, Iran tereliminasi di fase grup dan mesti angkat koper lebih dulu.

"Mimpi Iran berakhir dengan hasil tersebut. AS memulai pertandingan lebih baik dari Iran, lebih cepat dan mampu menguasai pertandingan," kata Carlos, dilansir dari Aljazeera.com.

Di sisi tribun penonton, penggemar Iran tampak keluar dari stadion dengan penuh kekecewaan setelah tim kecintaan mereka tumbang. Meski begitu, Iran sempat mengalahkan AS di Piala Dunia 1998, Prancis.

Sejarah itu tak akan terlupakan bagi penggemar Iran. Mereka yakin suatu hari Iran akan kembali bertemu dan mengalahkan AS di ajang Piala Dunia selanjutnya.

6 dari 6 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS