Sukses

Tersisa 2 Tiket Menuju Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 14 negara sudah dinyatakan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Artinya, tinggal tersisa dua tiket yang bakal diperebutkan dalam pertandingan terakhir penyisihan grup.

Grup A, B, C, D, E, dan F sudah menjalani laga terakhir penyisihan grup. Fakta itu membuat sejumlah negara sudah ditentukan lolos, termasuk siapa yang keluar sebagai juara grup maupun runner-up.

Di Grup A, Belanda tampil dominan hingga menjadi penguasa klasemen. Sementara Senegal menemani De Oranje sebagai runner-up. Di Grup B, giliran Inggris dan Amerika Serikat yang melaju ke tahap selanjutnya.

Sementara Argentina dan Polandia mewakiliki Grup C, disusul Prancis dan Australia dari Grup D. Di Grup E diwarnai kontroversi ketika Jepang dan Spanyol akhirnya lolos. Mereka meninggalkan Jerman yang akhirnya kandas di penyisihan grup. Sedangkan Grup F akan diwakili Maroko dan Kroasia.

Fakta itu juga membuat mereka sudah mengetahui siapa lawan yang akan dihadapi di babak 16 besar nanti. Berdasarkan peraturan atau undian yang sudah ditetapkan FIFA, juara grup akan menghadapi runner-up grup lainnya.

Dalam hal ini, kita memberikan contoh Belanda selaku juara Grup A akan menghadapi Amerika Serikat sebagai runner-up Grup B. Sedangkan Inggris akan bertemu Senegal. Hal itu juga berlaku untuk tim lainnya.

Mereka berjibaku satu sama lain untuk memastikan langkah ke babak 8 besar, di mana level persaingan makin sengit seiring meningkatkan level permainan.

Hal itu disadari betul oleh Gareth Southgate. Pelatih kepala Inggris itu mengaku timnya tak akan meremehkan kualitas Senegal, karena tim berjuluk Lions of Teranga itu memiliki kapabilitas sebagai pesaing terkuat.

“Mereka bukan saja sebagai juara Afrika, tapi mereka punya potensi (bermain lebih baik di Piala Dunia). Itu yang perlu kami waspadai. Kami akan menjadikan setiap lawan sebagai lawan yang sulit ditaklukkan,” papar Southgate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Mencari Dua Kandidat Terbaik

Pertanyaan saat ini adalah siapa yang akan mendapat dua jatah tiket tersebut, meski Brasil dan Portugal belum diputuskan menjadi juara Grup G dan H. Keduanya hanya sudah dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya.

Artinya, tinggal siapa yang bakal menemani Brasil di Grup G, dan mewakili Grup H bersama Portugal. Fakta itu yang akan terjawab dalam laga terakhir penyisihan grup, Jumat (2/12/2022) atau Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB.

Di Grup G, Swiss menjadi kandidat terkuat peraih tiket ke babak 16 besar. Mereka kini menempati posisi runner-up di belakang Brasil, dan tinggal menghadapi Serbia di Stadium 974, Jumat (2/12/2022). Jika Swiss dapat mengatasi Serbia, mereka tentu saja akan bersanding bersama Brasil.

Walau begitu, Serbia dan Kamerun tentu saja tak akan membiarkan Swiss melenggang begitu mudah. Mereka diyakini akan mengerahkan kemampuan terbaik untuk lolos di laga terakhir penyisihan grup.

Sementara Ghana menjadi favorit di Grup H jika merujuk posisi, karena Ghana bercokol di peringkat kedua di belakang Portugal. Namun, Ghana membutuhkan perjuangan ekstra ketika menghadapi Uruguay, Jumat (2/12/2022).

Sama seperti Grup G, Korea Selatan dan Uruguay tentunya tak akan membiarkan skenario Ghana lolos terwujud. Mereka diyakini telah mempersiapkan strategi masing-masing untuk merasakan tahap selanjutnya. 

3 dari 3 halaman

Skenario Lolos ke Babak Selanjutnya

Grup H

Swiss

- Kemenangan atas Serbia jelas memberi garansi mereka lolos ke putaran selanjutnya.

- Jika misi itu gagal terealisasi, maka mereka membutuhkan setidaknya hasil imbang.

- Jika mereka kalah, maka mereka tak boleh kalah dari Serbia lebih dari dua gol.

- Mereka juga tetap membutuhkan bantuan Brasil untuk mengalahkan Kamerun.

Kamerun

- Kemenangan menjadi satu-satunya jalan keluar untuk lolos ke babak 16 besar.

- Mereka juga membutuhkan bantuan Serbia mengatasi Swiss dengan kemenangan tipis.

Serbia

- Sama seperti Kamerun, kemenangan menjadi satu-satunya jalan keluar.

- Mereka membutuhkan kemenangan besar kontra Swiss

- Serbia tentunya membutuhkan bantuan Brasil mengatasi perlawanan Kamerun.

 

Grup H

Ghana

- Ghana membutuhkan kemenangan atas Uruguay jika ingin lolos.

- Jika itu urung terwujud, hasil imbang sudah cukup bagi mereka mencapai 16 besar. Catatannya, Portugal mengalahkan Korsel di laga lainnya.

- Korsel tak boleh menang atas Portugal dengan margin lebih dari dua gol.

- Uruguay tak boleh menang atas Ghana dengan margin lebih dari tiga gol.

Korea Selatan

- Kemenangan menjadi harga mati, bahkan wajib mencetak gol lebih dari dua gol.

- Tak boleh imbang, apalagi sampai kalah.

- Mereka juga membutuhkan bantuan Uruguay mengalahkan Ghana meski dengan kemenangan tipis.

Uruguay

- Mereka membutuhkan kemenangan besar atas Ghana.

- Selain itu, Uruguay juga menginginkan Portugal mengatasi perlawanan Korsel.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS