Sukses

Piala Dunia 2022: Gagalkan Penalti, Kiper Polandia Tetap Kalah Taruhan dari Lionel Messi

Liputan6.com, Jakarta - Argentina mengalahkan Polandia 2-0 dalam laga terakhir Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Doha, Qatar, Kamis (1/12) dini hari WIB. Kedua gol tim Tango dicetak Alexis Mac Allister pada menit ke-46 dan Julian Alvarez di menit ke-67.

Sebenarnya, Argentina bisa unggul lebih cepat atas Polandia pada babak pertama, tepatnya di menit ke-39. Tetapi, tendangan penalti Lionel Messi bisa digagalkan kiper Polandia Wojciech Szczesny.

Setelah pertandingan, Szczesny mengungkapkan dia bertaruh dengan Lionel Messi bahwa wasit Danny Makkelie tidak akan memberikan hadiah penalti buat Argentina. Namun, pengadil asal Belanda tersebut justru menunjuk titik putih setelah mengikuti saran VAR.

"Kami berbicara sebelum penalti. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya bisa bertaruh 100 euro bahwa dia (wasit) tidak akan memberikannya. Jadi, saya kalah bertaruh melawan Messi," kata Szczesny seperti dikutip Fot Mob.

"Saya tidak tahu apakah itu diizinkan di Piala Dunia dan saya mungkin akan dilarang karena itu, tetapi saya tidak peduli sekarang. Dan saya juga tidak akan membayarnya! Dia tidak peduli tentang 100 euro, ayo."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dua penalti

Sukses Wojciech Szczesny menggagalkan tendangan penalti Lionel Messi membuatnya menjadi penjaga gawang ketiga yang menghalau dua eksekusi penalti di satu Piala Dunia, tidak termasuk adu penalti. Di pertandingan sebelumnya, kiper Polanda ini menahan tendangan Salem Al Dawsari dari Arab Saudi.

Namun, Szczesny tidak merayakan kesuksesannya menggagalkan tendangan Messi. Pasalnya, Polandia masih bersaing ketat dengan Meksiko untuk lolos ke babak 16 besar.

Polandia akhir meraih tiket fase gugur setelah Meksiko hanya menang 2-1 atas Arab Saudi. Hasil itu membuat Polandia unggul selisih gol atas Meksiko.

"Ya itu bagus, saya tidak tahu pada saat itu akan membantu kami lolos. Jadi saya berusaha untuk tidak merayakannya," ucapnya.

"Tapi, saya mengalami nasib buruk di turnamen besar sejauh ini, Piala Dunia empat tahun lalu sangat buruk bagi saya dan saya berutang banyak kepada tim dan dalam dua pertandingan terakhir saya berhasil sedikit membantu mereka." 

3 dari 4 halaman

Babak 16 besar

Polandia meraih tiket babak 16 besar secara dramatis. Meski kalah 0-2 dari Argentina, Wojciech Szczesny lebih berhak mendampingi Tim Tanglo lolos ke fase gugur.

Polandia melaju ke babak 16 besar setelah unggul selisih gol atas Meskiko. Karena, Meskiko hanya menang 2-1 atas Arab Saudi setelah gawang Guillermo Ochoa dibobol Salem Al Dawsari di menit ke-90+5.

Polandia akan menghadapi juara bertahan Prancis dalam penampilan pertama pada babak sistem gugur sejak 1986. Pertandingan ini akan dimainkan di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (4/12/2022) pukul 22:00 WIB.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS