Sukses

Hasil Piala Dunia 2022 Australia vs Denmark: Menang Tipis, Socceroos Lolos ke 16 Besar

Liputan6.com, Jakarta Australia berhak lolos ke babak 16 besa usai kalahkan Denmark 1-0 di laga pemungkas Grup D Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium pada Rabu malam pukul 22:00 WIB, (30/11/2022). Gol kemenangan Australia dilesakkan Mathew Leckie.

Dengan hasil ini Australia kini mengemas enam poin. Mereka naik ke posisi kedua klasemen Grup D Piala Dunia 2022. Sementara Denmark dipastikan angkat koper dari Qatar.

Denmark mencoba lebih lama menguasai bola dan mengendalikan permainan. Christian Eriksen dkk berusaha mencetak gol cepat.

Peluang pertama Denmark tercipta menit 11. Mathias Jensen yang lepas dari kawalan melepaskan tendangan keras, tapi bisa ditepis kiper Australia.

Australia sempat kewalahan menahan gempuran Denmark. Bahkan, menit 18 terjadi kemelut di depan gawang Mathew Ryan, beruntung bola liar masih bisa dihalau.

Hingga memasuki menit 30 Denmark terus-terusan menggempur pertahanan lawannya. Namun, lini belakang Australia masih disiplin menjaga daerahnya.

Memasuki akhir babak pertama Australia malah mampu membalikkan keadaan. Beberapa kali serangan berbahaya dilakukan mereka di lini pertahanan Denmar. Namun, hingga babak ini berakhir belum ada gol tercipta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Australia gantian di babak ini lebih banyak mengambil inisiatif penyerangan. Bahkan menit 47 peluang didapat Jackson Irvine, namun bola sapuannya masih melambung di atas gawang Kasper Schmeichel.

Usaha keras Australia akhirnya membuahkan hasil menit 60. Lewat serangan balik cepat, Mathew Leckie yang lolos dari kawalan berhasil menjebol gawang Denmark lewat tendangan terarah.

Denmark berusaha keras untuk bisa membalas gol tersebut. Pada menit ke-71 mereka merasa layak mendapat penalti karena Dolberg dilanggar lawan. Namun ternyata sebelumnya ia berada dalam posisi offside lebih dahulu.

Menit ke-88, tembakan Dolberg bisa diblok oleh Souttar. Tapi bola jatuh di kaki Bah, yang langsung melepas tembakan. Namun bola melenceng ke samping kiri gawang Australia.

Pada akhirnya, Denmark tak bisa menembus pertahanan Australia di sisa waktu yang ada. Mereka pun kalah dengan skor 1-0.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Australia: (1) Mathew Ryan, 2 Milos Degenek,19 Harry Souttar, 4 Kye Rowles, 16 Aziz Behich, 22 Jackson Irvine, 13 Aaron Mooy, 7 Mathew Leckie, 14 Riley McGree, 23 Craig Goodwin,15 Mitchell Duke

Denmark: 1 Kasper Schmeichel, 2 Joachim Andersen, 13 Rasmus Kristensen, 6 Andreas Christensen, 5 Joakim Maehle, 7Mathias Jensen, 23 Pierre Hojbjerg, 11 Andreas Olsen, 10 Christian Eriksen, 25 Jesper Lindstrom, 9 Martin Braithwaite

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS