Sukses

Gokil, Ada Merchandise Resmi Piala Dunia 2022 yang Asli Buatan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Mengoleksi merchandise Piala Dunia menjadi salah satu kewajiban bagi pecinta sepak bola. Maklum saja ajang ini cuma berlangsung empat tahun sekali. Di Piala Dunia 2022, merchandise resmi juga laris diburu.

Apalagi Piala Dunia 2022 terbilang spesial. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia dilaksanakan di Timur Tengah dan berlangsung bukan di musim panas, tapi pada November-Desember.

Dari sekian banyak merchandise resmi Piala Dunia 2022 yang mendapat izin edar dari FIFA, ternyata ada yang merupakan produksi perusahaan asal Indonesia. Brand lokal yang beruntung mendapatkan lisensi merchandise resmi Piala Dunia 2022 dari FIFA adalah Roughneck 1991

Brand lokal asal Jakarta ini melakukan usaha yang cukup sulit demi mendapatkan momentum kemeriahan Piala Dunia. Roughneck 1991 mengambil kesempatan dengan menjadi merchandise resmi Piala Dunia 2022 di Indonesia. Tujuan lainnya agar mereka bisa melebarkan sayapnya ke pasar global tidak hanya di pasar lokal saja.

Butuh waktu sekitar enam bulan agar mendapat lisensi dari FIFA untuk menjadi merchandise resmi Piala Dunia 2022 di Indonesia.

Funder Roughneck 1991, Rusli Ikhwan mengatakan, proses yang dilaluinya tidak mudah untuk mendapatkan pengakuan dari dari FIFA. Menurutnya, ada beberapa desain yang dikirimkan Roughneck 1991 ke FIFA untuk mendapatkan lisensi tersebut. Banyak ketentuan yang juga diikuti oleh Roughneck 1991 dan akhirnya disetujui oleh FIFA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Enam Bulan

"Akhirnya setelah enam bulan melakukan proses ini, kami mendapatkan lisensi offisial merchandise resmi Piala Dunia 2022," tutur Rusli dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

Rusli Ikhwan mengaku tidak tahu berapa banyak brand lokal yang mengajukan diri ke FIFA. Ia pun bersyukur FIFA memilih Roughneck 1991 untuk menjadi offisial merchandise Piala Dunia 2022. Karena Rusli mengatakan bahwa tidak sembarang desain yang dikirimkan ke FIFA. Termasuk juga jenis warna yang sudah ditentukan oleh FIFA.

"Sebenarnya ini bagi hasil saja dan FIFA minta royalti dari penjualan, Ada tiga jenis desain yakni jaket, tas, dan jersey yang kami kirimkan ke FIFA, untung saja di approval oleh mereka," ucap Rusli.

3 dari 3 halaman

Partisipasi

Rusli Ikhwan mengatakan tujuan Roughneck 1991 mengajukan diri karena ingin berpartisipasi dalam event empat tahunan tersebut. Roughneck 1991 ingin menularkan semangat olahraga dan membuat mereka bisa lebih semangat ke depannya.

"Semoga dengan adanya event Piala Dunia 2022 ini kami bisa lebih global dan tidak hanya di lokal saja," pungkasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS