Sukses

Jadwal 16 Besar Piala Dunia 2022: Diawali Duel Belanda Vs AS

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 7 tim sudah memastikan tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sementara sisanya akan memperbutkan jatah 9 tiket yang tersisa lewat partai penutup di babak penyisihan grup.

Belanda dan Inggris, dua negara yang baru menyegel tiket ke fase knock out. Keduanya berhasil lolos setelah menuntaskan perjalanan di babak penyisihan grup dengan hasil gemilang. Di laga terakhir grup A, Belanda berhasil mengalahkan Qatar 2-0, sedangkan Inggris membungkam Wales 3-0 di grup B. 

Kemenangan di laga terakhir mengantar Belanda sebagai juara grup A dengan 7 poin. Langkah Tim Oranye ke 16 besar ditemani Senegal yang juga menang 2-1 atas Ekuador, Selasa (29/11/2022). 

Di grup B, Inggris juga keluar sebagai juara grup dengan 7 poin. Three Lions melaju bersama Amerika Serikat yang berhasil mengunci posisi kedua usai mengalahkan Iran dengan skor tipis 1-0. 

Sebelumnya, tiga negara sudah lebih dulu memastikan tempat di fase knock out Piala Dunia 2022. Prancis sebagai juara bertahan melaju usai merebut dua kemenangan atas Australia dan Denmark. Di grup D, Les Bleus masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Tunisia, Rabu (30/11/2022). 

Brasil juga bernasib sama. Tim Samba melenggang ke babak 16 besar usai mengalahkan Serbia (2-0) dan Swiss (1-0). Sementara di laga terakhir Grup G, Salecao akan berhadapan dengan Kamerun.

Satu tim lagi yang sukses melangkah ke fase knock out adalah Portugal. Meski masih menyisakan satu laga lagi di Grup H melawan Korea Selatan, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan sudah menyegel tiket babak 16 besar lewat kemenangan beruntun atas Ghana (3-2) dan Uruguay (2-0).

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Aturan Lolos ke 16 Besar

Fase knock out Piala Dunia 2022 bakal digelar setelah seluruh pertandingan di fase grup berakhir. Belanda yang menjadi juara grup A bakal bertemu runner up grup B, Amerika Serikat. Sebaliknya, juara grup B Inggris akan berhadapan dengan runner up grup A, yakni Senegal. 

Sementara itu, tiga negara lainnya, yakni Prancis, Brasil, dan Portugal masih menunggu hingga laga terakhir penyisihan grup. Ketiga negara ini akan tampil di laga penutup untuk menentukan posisi terakhir mereka pada fase grup yang mempengaruhi jadwal bertanding di babak 16 besar.

Sesuai aturan, dua tim teratas masing-masing grup bakal melaju ke babak 16 besar. Mengutip dokumen resmi FIFA terkait aturan di Piala Dunia 2022, pemeringkatan peserta dalam klasemen tiap-tiap grup akan mengacu pada tiga aspek, yakni jumlah poin, selisih gol, dan produktivitas gol.

Artinya, tim yang paling banyak menorehkan poin usai melakoni tiga laga penyisihan bakal menghuni urutan teratas klasemen. Jika terdapat lebih dari satu tim dengan torehan angka serupa, pemeringkatan akan ditentukan berdasarkan selisih gol.

Apabila hasil sama masih diperoleh dengan dua cara tersebut, maka produktivitas gol-lah yang akan berbicara untuk menentukan peringkat peserta. Tim dengan jumlah gol terbanyak berhak menempati posisi yang lebih tinggi. (Simak aturan lengkap lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 pada tautan ini).

Dan untuk mengetahui jadwal pertandingan di babak 16 besar Piala Dunia 2022, simak informasi selengkapnya di bawah ini: 

 

3 dari 4 halaman

Jadwal Lengkap Babak 16 Besar

Sabtu, 3 Desember 2022

  • 22.00 WIB: Belanda vs Amerika Serikat - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

 

Minggu, 4 Desember 2022

  • 02.00 WIB: Juara Grup C vs Runner-up Grup D - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola
  • 22.00 WIB: Juara Grup D vs Runner-up Grup C - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

 

Senin, 5 Desember 2022

  • 02.00 WIB: Inggris vs Senegal- Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola
  • 22.00 WIB: Juara Grup E vs Runner-up Grup F - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

 

Selasa, 6 Desember 2022

  • 02.00 WIB: Juara Grup G vs Runner-up Grup H - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola
  • 22.00 WIB: Juara Grup F vs Runner-up Grup E - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola

 

Rabu, 7 Desember 2022

  • 02.00 WIB: Juara Grup H vs Runner-up Grup G - Vidio, SCTV, Indosiar, NEX Parabola
4 dari 4 halaman

Jadwal Lengkap Piala Dunia 2022

Sementara itu, laga penutup babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 masih menyisakan sejumlah laga. Tim-tim yang bertanding akan memperebutkan sisa tiket menuju babak 16 besar. 

Agar tidak ketinggalan, Anda bisa mendapatkan jadwal lengkap Piala Dunia 2022 pada tautan ini. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS