Sukses

Piala Dunia 2022: Sempat Dirumorkan Cedera, Kapten Argentina Lionel Messi Angkat Bicara

Liputan6.com, Jakarta - Kapten Argentina Lionel Messi sukses menjadi bintang kemenangan timnya dalam laga kedua Grup C Piala Dunia 2022 kontra Meksiko yang dihelat di Stadion Lusail, Minggu (27/11/2022) dini hari WIB.

Pesepak bola berusia 35 tahun tersebut membuka keran gol bagi Tim Tango di menit ke-64 usai memanfaatkan umpan dari Angel Di Maria. Setelahnya, Messi juga turut terlibat dalam proses penciptaan gol kedua La Albiceleste.

Bintang Paris Saint-Germain (PSG) berkotribusi memberikan umpan yang sanggup dikonversi menjadi angka oleh Enzo Fernandez pada menit 87. Dengan hasil ini, pasukan Lionel Scaloni berjaya 2–0 atas El Tri.

Argentina juga merangsek ke peringkat dua klasemen sementara dengan torehan tiga poin, meski sempat tersungkur di dasar tabel lantaran takluk oleh Arab Saudi di laga pembuka.

Kemenangan kontra Meksiko sekali lagi membuktikan vitalnya peran Messi dalam skuad La Albiceleste. Kehadiran pemain berjuluk La Pulga itu diperlukan sepanjang perjalanan Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar.

Sayangnya, kabar mengkhawatirkan sempat berembus dari kubu Messi sejak beberapa waktu lalu. Eks penggawa Barcelona dirumorkan memiliki masalah pada kakinya, hingga memicu kecemasan jelang laga melawan El Tri.

La Pulga pun segera angkat bicara pasca kemenangan timnya. Pemain bernomor 10 menjelaskan dirinya memang sempat mengalami gangguan ringan di menit-menit akhir laga kontra Arab Saudi.

Walau begitu, Messi membantah hal tersebut berpotensi mengganggu performanya di perhelatan Piala Dunia Qatar 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Komentar Messi

“Saya tidak mengerti kenapa orang-orang banyak berbicara soal cedera saya. Mereka membahas pergelangan kaki saya, padahal sebenarnya saya tidak punya (masalah apa-apa), tidak ada (yang terjadi) sepanjang minggu,” ujarnya kepada COPE, dilansir dari Metro.

Messi juga mengklairifikasi kondisinya dalam sesi latihan bersama Timnas Argentina. Sang pemain mengeklaim ia tetap berlatih secara normal. Kapten La Albiceleste itu juga mengaku tidak berlatih seorang diri.

“Pada menit-menit akhir pertandingan pertama (melawan Arab Saudi), pergelangan kaki saya terkilir, tetapi setelah itu saya berlatih secara normal. Saya berlatih seperti biasa, demikian pula dengan grup, saya tidak pernah berlatih sendiri,” tambahnya.

3 dari 5 halaman

Argentina di Piala Dunia

Sekadar informasi, Argentina sebenarnya nyaris tersingkir dari Piala Dunia edisi ini menyusul kekalahan dalam laga kontra The Green Falcons di matchday pembuka. Tim Tango mungkin harus mengemas koper lebih awal kalau saja mereka gagal melumat Meksiko.

Beruntung, hasil positif di laga kontra El Tri membuat La Albiceleste kembali mendapat kesempatan. Argentina bahkan berpeluang lolos ke babak selanjutnya sebagai juara grup, jika mereka mampu mencuri kemenangan atas Polandia pada Kamis (1/12/2022) dini hari WIB.

“Kami merasakan ketidaknyamanan, mengingat kekalahan di laga pembuka (melawan Arab Saudi) merupakan sesuatu yang tidak kami duga. Hari-hari terasa panjang dan kami sangat ingin mendapat kesempatan untuk membalikkan keadaan,” ungkap Messi.

“Untungnya, kami punya opsi untuk menang dan itu menghapus kekhawatiran pada diri kami, (kami punya) alasan untuk tetap gembira dan tenang karena pada akhirnya semua bergantung pada diri kami lagi,” tambah pemain kelahiran 1987 itu.

4 dari 5 halaman

Cetak Rekor

Tak hanya menyelamatkan nyawa Argentina, performa apik Messi dalam pertandingan kontra Meksiko juga mengantarnya menorehkan rekor baru di Piala Dunia 2022.

La Pulga kini menjadi pesepak bola pertama dalam sejarah yang mampu memberikan assist dalam lima edisi Piala Dunia. Messi memecahkan rekornya sendiri, setelah membuat satu pada 2006, 2010, 2014, dua pada 2018, serta 2022.

Sebelumnya ketika Argentina dikalahkan Arab Saudi pada laga pembuka Piala Dunia Qatar 2022, Messi juga menorehkan rekor sebagai pemain Argentina pertama yang mencetak gol dalam empat Piala Dunia berbeda.

Sejauh ini, hanya ada lima pemain–termasuk Messi–yang bisa membuat gol di empat Piala Dunia berbeda. Nama-nama tersebut ialah legenda Brasil Pele, Uwe Seeler, Miroslav Klose, dan Cristiano Ronaldo.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS