Sukses

Lakukan Penyelamatan Ganda di Piala Dunia, Kiper Polandia Bikin Geger Jagad Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Kiper Polandia Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan ganda untuk menggagalkan eksekusi penalti saat mengalahkan Arab Saudi 2-0 pada laga Grup C Piala Dunia 2022. Aksi luar biasa Wojciech Szczesny pada menit ke-45 membuat geger jagad Twitter.

Apalagi penyelamatan yang dilakukan kiper Juventus di ajang Piala Dunia 2022 Qatar ini membuat Polandia tetap unggul 1-0 sampai turun minum. Gol pertama Polandia dicetak Piotr Zielinski pada menit ke-39 dan gol kedua dikemas Robert Lewandoski menit ke-82.

Wojciech Szczesny mampu memblok tendangan penalti Arab Saudi yang dieksekusi gelandang Salem Aldawsari. Bola yang memantul kembali disambar pemain belakang Arab Saudi Mohammed Al Burayak, namun mantan kiper Arsenal secara reflek menepisnya dengan tangan kanan.

“Penyelamatan ganda melawan serangan Arab Saudi ini adalah salah satu yang terbaik yang pernah saya lihat. Hal luar biasa dari Szczesny,” tulis akun @Lokmanyu06.

Szczesny telah memperpanjang rekor penyelamatan penalti Polandia menjadi tiga kali dari lima penalti terakhir di Piala Dunia, sejak tahun 1966. “Szczesny the goat,” puji @toxiaofu.

Szczesny memulai karier di timnas Polandia pada tahun 2009 dan sudah mengantongi 68 caps. Kiper berusia 32 tahun ini melakukan lima penyelamatan saat laga melawan Arab Saudi, menggagalkan 4 tendangan dari dalam kotak 16 meter dan satu tendangan penalti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Kegagalan Penalti Arab Saudi

Striker Arab Saudi Salem Al Dawsari merasakan pengalaman 180 derajat di Piala Dunia 2022. Setelah jadi pahlawan, kini dia mengalami keterpurukan.

Al Dawsari dielu-elukan ketika mencetak gol ke gawang Argentina pada laga pertama Grup C Piala Dunia Qatar. Kontribusinya pun membantu negara mencatat kemenangan bersejarah 2-1.

Namun, dia terpuruk ke bumi pada duel selanjutnya kontra Polandia. Al Dawsari gagal mengeksekusi penalti pada injury time babak pertama laga di Education City, Sabtu (26/11/2022). Tendangannya dimentahkan kiper Wojciech Szczesny.

Padahal sumbangsihnya berpotensi mengubah hasil laga. Arab Saudi sedang tertinggal akibat gol Piotr Zielinski. Jika Al Dawsari sukses, tidak mustahil The Green Falcons bangkit seperti ketika menghadapi Argentina. Yang ada Polandia memastikan kemenangan melalui gol Robert Lewandowski selepas jeda.

3 dari 6 halaman

Lewandowski Cetak Gol

Polandia sukses memetik kemenangan perdana di Piala Dunia 2022. Mereka berjaya dengan dua gol tanpa balas atas Arab Saudi dalam matchday kedua Grup C yang dihelat di Stadion Education City, Sabtu (26/11/2022).

Piotr Zielinski dan Robert Lewandowski menjadi sosok penting di balik keberhasil The Eagles membekuk Green Falcons. Keduanya menyumbangkan satu gol pada menit ke-39 dan 82.

Gol Zielinski berawal dari assist Lewandowski, bola yang meluncur deras tak sanggup ditepis kiper Arab Saudi Mohammed Alowais. Kedudukan pun berubah menjadi 1–0 untuk keunggulan Timnas Polandia.

Lewandowski mencetak gol kedua memanfaatkan kelengahan pemain belakang Arab Saudi dalam mengoper bola. Lewandowski menceploskan bola dengan kaki kirinya ke gawang Arab Saudi.

4 dari 6 halaman

Susunan Pemain

Polandia: Wojciech Szczesny; Matty Cash, Jakub Kiwior, Kamil Glik, Bartosz Bereszynski; Krystian Bielik, Arkadiusz Milik, Grzegorz Krychowiak, Piotr Zielinski, Przemysaw Frankowski; Robert Lewandowski.

Arab Saudi: Mohammed Alowais; Abdulelah Ali Awadh Al Amri, Ali Albulayhi, Mohammed Alburayk, Saud Abdulhamid; Abdulelah Almalki, Feras Albrikan, Salem Aldawsari, Sami Al-Najei, Mohamed Kanno; Saleh Alshehri

5 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan Grup C

6 dari 6 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS