Sukses

Rapor Pemain MU di Piala Dunia Qatar 2022, Harry Maguire Tak Tergantikan di Timnas Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia Qatar 2022 sudah bergulir satu pekan. Pertandingan penyisihan grup Piala Dunia 2022 kali ini banyak menimbulkan kejutan.

Dalam Piala Dunia kali ini, raksasa Liga Premier Inggirs Manchester United menjadi salah klub penyumbang banyak pemain ke negara-negara peserta. Tercatat ada 15 pemain anggota tim Setan Merah yang bersaing di Qatar.

Ke-15 pemain MU tersebar di beberapa negara kontestan Piala Dunia 2022. Di Grup A, satu-satunya pemain MU yang berpartisipasi adalah Tyrell Malacia yang membela Timnas Belanda.

Tiga bintang MU telah dipilih oleh Gareth Southgate untuk tampil di Timnas Inggris di grup B. Nama sang kapten Harry Maguire adalah pilihan paling kontroversial setelah penampilannya terus mendapatkan sorotan.

Luke Shaw juga telah memantapkan kembali ke The Three Lions seperti ketika tampil di Piala Eropa 2020. Kemudian ada nama Marcus Rashford yang akan melengkapi kekuatan lini depan Timnas Inggris.

Menyusul penampilannya yang solid dalam pertahanan untuk MU, Lisandro Martinez berhasil masuk ke dalam skuad Timnas Argentina di Piala Dunia Qatar.

Gelandang Christian Eriksen kembali tampil di turnamen besar membela negaranya, Denmark di Qatar. Performanya masih konsisten dan selalu menjadi pilihan pertama di lini tengah MU.

Belum lagi, ada nama wonderkid The Red Devils Facundo Pellistri juga masuk dalam daftar skuad Timnas Uruguay untuk Piala Dunia 2022. Lantas, bagaimana rapor para pemain MU di pekan pertama penyisihan Piala Dunia kali ini. Berikut ini rangkumannya seperti yang dirangkum Liputan6.com:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Harry Maguire

Nama Harry Maguire mampu bermain dengan baik pada laga pembuka Inggris di penyisihan Grup B Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Senin (21/11/2022).

Dia bahkan memberikan assist untuk gol pembuka kemenangan The Three Lions yang dibuat Jude Bellingham pada menit ke-35. Hanya saja, Maguire jadi penyebab Inggris kebobolan. Dia tampak gagal menghalau gerakan lawan.

Hal tersebut membuat Inggris kemasukan gol pada menit ke-65. Setelah itu, kondisi Maguire tampak sedikit mengkhawatirkan. Dia terlihat mengalami kesulitan, sehingga langsung ditarik keluar oleh Southgate.

Dalam pertandingan kali, Maguire memang bermain cukup baik walau harus menjadi kambing hitam kebobolan timnas Inggris dalam pertandingan ini. 

3 dari 5 halaman

Marcus Rashford

Inggris mengawali kiprahnya di Piala Dunia 2022 dengan hasil menjanjikan. Three Lions berhasil pesta gol 6-2 saat bersua Iran pada laga pembuka babak penyisihan Grup B, Senin (21/11/2022).

Bertanding di Khalifa International Stadium, Marcus Rashford ikut mencatatkan namanya di papan skor walau harus bermain sebagai pemain pengganti. Striker Manchester United itu menjebol gawang Iran pada menit ke-90 sekaligus menyudahi pesta Inggris atas Iran. Gol penutup ini juga sekaligus tanda kebangkitan Rashford setelah memori kelam Euro 2020.

Seperti diketahui pada turnamen ini, Inggris yang tampil memukau sejak babak penyisihan gagal juara. Di babak final, Three Lions kalah 2-3 dari Italia lewat adu penalti setelah imbang 1-1 di babak normal.

4 dari 5 halaman

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes memang tidak mencetak gol. Namun, pemain Manchester United itu sukses memberikan dua assist untuk dua gol yang dicetak oleh Portugal. Alhasil, Portugal sukses menang 3-2 atas Ghana di Ras Abu Aboud Stadium, Kamis (24/11/2022) malam WIB.

Bermain di posisi gelandang serang, Bruno punya keleluasaan mengatur ritme permainan atau sebagai playmaker. Akurasi umpan Bruno di pertandingan ini pun terbilang sangat tinggi, mencapai 94%.

Bruno memanjakan segala sisi serangan Portugal. Dua pemain depan Portugal diberikan suplai bola yang cukup untuk memberikan ancaman ke gawang Ghana.

Bruno juga jadi pemain yang paling banyak melepaskan umpan-umpan ke daerah sepertiga akhir, berjumlah delapan. Dua di antaranya berakhir menjadi gol bagi Portugal.

5 dari 5 halaman

Casemiro

Di balik kemenangan Brasil atas Serbia, ada Casemiro yang bekerja dalam senyap di lini tengah. Namanya tidak banyak disorot walau perannya sangat penting.

Casemiro melakukan tugasnya dengan sangat baik, untuk peran bertahan maupun membantu serangan. Casemiro melepas 65 kali umpan, paling banyak dibanding para gelandang Brasil dan Serbia. 

Casemiro juga sangat kuat dalam melakukan duel dan ini salah satu keunggulannya. Casemiro tidak kali melakukan tekel, semuanya sukses. Casemiro juga menang dua duel area dan tujuh kali merebut penguasaan bola.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS