Sukses

Piala Dunia 2022: Kosta Rika Siap Bikin Kejutan di Grup Neraka

Kosta Rika sendiri menjadi tim terakhir yang memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Liputan6.com, Doha - Kosta Rika berada di "Grup Neraka" pada ajang Piala Dunia 2022 Qatar. di Gurp E mereka bergabung dengan dua raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol, selain wakil Asia Jepang. Namun, kondisi ini sama sekali tak menciutkan nyali pasukan "Los Ticos". Bryan Ruiz dan kawan-kawan bahkan berambisi membuat kejutan.

Mereka ingin menebus hasil buruk yang didapat di Piala Dunia 2018. Ketika itu, tergabung bersama Brasil, Swiss, dan Serbia, Kosta Rika sekalipun meraih kemenangan: dua kali kalah dan sekali imbang.

Kosta Rika sendiri menjadi tim terakhir lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka memastikan tiket usai mengalahkan Selandia Baru di laga final play off.

Salah satu dasar kepercayaan diri mereka adalah skuat yang mumpuni dan berpengalaman di tubuh tim. Selain Bryan Ruiz, masih ada nama-nama seperti Joel Campbell, Celso Borges, dan kiper Real Madrid, Keylor Navas.

Di Qatar, Kosta Rika juga dilatih sosok yang sangat berpelangan di ajang Piala Dunia: Luis Fernando Suarez. Bagi Suarez, ini Piala Dunia ketiganya, setelah sebelumnya sukses mengantar Ekuador dan Honduras lolos ke Piala Dunia 2006 dan 2014.

"Saya punya obsesi tersendiri di Piala Dunia ketiga saya ini," tutur Suarez, dikutip dari Al Jazeera. "Di Piala Dunia, bukan cuma sekadar memilih pemain terbaik, tapi juga menentukan siapa yang paling cocok untuk tim. Kami cukup berpengalaman dalam hal itu."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prestasi Terbaik

Prestasi terbaik Kosta Rika sendiri adalah saat menembus perempat final di Piala Dunia 2014. Ketika itu, secara mengejutkan mereka mengalahkan Italia 1-0 dan menahan imbang Inggris 0-0.

Sayang, langkah mereka harus terhenti usai dikalahkan Belanda. Setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal, Kosta Rika yang ketika itu dilatih Jorge Luis Pinto harus menyerah dengan skor 3-4 di laga adu penalti.

3 dari 3 halaman

Laga Pertama

Di Qatar, Kosta Rika sendiri akan memainkan laga pertama lawan Spanyol, Rabu (23/11) di Stadion Al Thumama, Doha. Setelah itu, di laga kedua mereka harus menghadapi Jepang, Minggu (27/11).

Kosta Rika akan menutup fase grupnya saat menghadapi Jerman, Kamis (1/12). Pertandingan ini akan digelar Al Bayt Stadium, Al Khor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.