Sukses

Bintang Wales Dedikasikan Debut Piala Dunia untuk Mendiang Kakek

Neco Williams mendapat kabar yang tak menyenangkan menjelang pertandingan tetapi tetap menguatkan diri untuk bermain dengan skuad Wales di laga pembuka grup melawan Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta Bek sayap Wales, Neco Williams, mendedikasikan debut Piala Dunianya untuk mendiang kakeknya, yang meninggal pada malam sebelum pertandingan mereka melawan Amerika Serikat di matchday pertama Grup B Piala Dunia, Selasa (22/11/2022).

Bintang kelahiran Wrexham berusia 21 tahun itu mengungkapkan bahwa dia menangis sepanjang hari sebelum pertandingan pembukaan negaranya di Qatar, tetapi masih bermain dan membantu Wales mengamankan hasil imbang 1-1.

Setelah peluit akhir, rekaman menunjukkan Williams berjalan di sekitar lapangan sambil menangis. Saat menyadari kamera mengarah kepadanya, dia melihat lurus ke arah lensa dan berkata: "Itu untukmu, kakek," seperti dilansir Talksport, Selasa (22/11/2022).

Dia kemudian menatap ke arah langit, memberikan anggukan kepada mendiang kakeknya. Williams kemudian berkata di Twitter: "Kemarin adalah berita terberat yang pernah saya hadapi dan itu adalah mendengarkan ibu saya memberi tahu saya bahwa kakek saya meninggal tadi malam," ujarnya. 

"Untuk pergi dari menangis sepanjang hari untuk memulai dalam pertandingan Piala Dunia sangat sulit, tetapi saya berhasil melewatinya dari dukungan rekan satu tim dan keluarga saya," lanjur Williams. 

Anak muda itu bermain selama 79 menit dalam pertandingan Piala Dunia pertama Wales sejak 1958, dan ditarik keluar karena cedera. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wales dan Amerika Harus Berbagi Poin

Timnas Amerika Serikat dan Wales harus puas berbagi poin setelah bermain imbang 1-1 dalam laga pertama mereka di Piala Dunia 2022 hari Selasa dini hari WIB, 22 November 2022.

Pertandingan keempat Piala Dunia Qatar di Stadion Ahmad Bin Ali ini berjalan sangat seru hingga akhir pertandingan. Kedua tim bergantian mendominasi tiap babak.

Amerika sukses mencetak gol pertamanya di Piala Dunia lebih dulu pada menit ke-35 babak pertama lewat umpan terobosan Christian Pulisic yang dituntaskan dengan tenang oleh Timothy Weah.

Di paruh kedua, Wales gantian yang mendominasi permainan karena ingin segera menyamakan kedudukan. Tekanan demi tekanan akhirnya membuahkan hasil 10 menit jelang laga usai.

Walker Zimmerman dengan ceroboh menjegal Gareth Bale di kotak terlarang berbuah hadiah tendangan penalti. Eksekusi yang dilakukan oleh Bale pun sukses merobek gawang Matt Turner.

Wales berhasil menyamakan kedudukan jadi 1-1 yang bertahan hingga bubaran.

Dengan hasil ini, AS dan Wales harus puas berbagi 1 poin dan menduduki posisi 2 dan 3 di Grup B. Sementara posisi puncak klasemen ditempati Inggris yang menang besar atas Iran (6-2).

3 dari 5 halaman

Bale Sang Penyelamat

Gareth Bale menyelamatkan Wales lagi dengan penalti yang dramatis untuk mendapatkan satu poin saat mereka kembali ke Piala Dunia secara emosional setelah 64 tahun.

Bale menang dan mengonversi penalti pada menit ke-82 yang membuat tim asuhan Rob Page mendapatkan hasil imbang yang layak untuk memberi mereka setiap peluang untuk mencapai babak sistem gugur.

Pemain bintang Bale, yang hampir tidak bermain musim ini untuk Los Angeles FC, menunjukkan bahwa dia tetap menjadi orang yang tepat untuk event besar dan kemudian memberikan penghormatan kepada karakter tim Wales.  

“Perasaan yang luar biasa secara pribadi, tetapi kami lebih suka memiliki tiga poin,” kata Bale, dilansir Mirror, Selasa (22/11/2022).

"Itu adalah kinerja tim yang hebat, terutama di babak kedua ketika kami menunjukkan ketabahan dan tekad yang nyata untuk kembali ke permainan. Kami bangga akan hal itu. Kami memiliki hal-hal untuk dibangun dan hal-hal untuk dikerjakan," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Klasemen Sementara Grup B

Dengan kemenangan 6-2 atas Iran, pasukan Gareth Southgate berhak menempati posisi puncak klasemen sementara Grup B dengan perolehan 3 poin. Diikuti oleh Wales dan Amerika Serikat dengan 1 poin. Sementara Iran menjadi juru kunci dengan poin 0.

Bakayo Saka menjadi bintang Timnas Inggris dengan dua golnya, ditambah gol-gol milik Jude Bellingham, Raheem Sterling, Marcus Rashford dan Jack Grealish. Sementara Iran hanya bisa membalas lewat dua gol Mehdi Tarami di akhir babak pertama dan injury time jelang peluit panjang ditiupkan.

Di pertandingan kedua Grup B, Timnas Amerika Serikat harus puas berbagi poin dengan Wales usai bermain imbang 1-1 pada Selasa (22/11/2022) dini hari WIB. AS lebih dulu mencetak gol lewat sontekan Timothy Weah saat pertandingan berjalan 35 menit. Tapi Gareth Bale berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua melalui penalti.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Grup B

Setelah ini, pertandingan penting akan dihadapi peserta Grup B dalam beberapa hari ke depan. Wales akan menghadapi Iran dalam partai kedua hari Jumat, 25 November 2022. Tidak mudah bagi Gareth Bale dkk karena Iran sudah pasti ingin bangkit usai kekalahan telak kemarin.

Di laga satu lagi, Inggris pasti ingin cepat-cepat memastikan diri untuk lolos ke babak 16 besar. Tetapi lawan mereka tidak main-main yaitu Amerika Serikat yang terbukti mampu merepotkan Wales. Pertandingan seru ini akan tersaji pada Sabtu dini hari WIB, 26 November 2022.

 

Jadwal Pertandingan Grup B:

 

26 November 2022: Inggris vs AS, 02.00 dini hari WIB

30 November 2022: Wales vs Inggris, 02.00 dini hari WIB

30 November 2022: Iran vs AS, 02.00 dini hari WIB

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.