Sukses

"Tenda Nomaden Raksasa" Lokasi Pesta Pembukaan Piala Dunia 2022: Stadion Al-Bayt

Pembukaan Piala Dunia 2022 akan digelar malam nanti.

Liputan6.com, Jakarta Ajang yang paling ditunggu pecinta sepakbola seluruh dunia yaitu Piala Dunia akan mulai bergulir pada malam nanti, 20 November 2022. Pembukaan akan digelar di stadion modern yang dijamin ramah lingkungan.

Piala Dunia 2022 akan mulai bergulir pada 20 November hingga 18 Desember mendatang, yang digelar di delapan stadion yang tersebar di lima kota berbeda.

Sebagai pembuka tirai, pihak penyelenggara Piala Dunia Qatar dan FIFA telah memilih Stadion Al-Bayt yang berada di kota Al Khor, berjarak 35 kilometer sisi utara ibukota Doha.

Kerennya, stadion ini memiliki desain yang unik dan khas ala Qatar karya Dar Al-Handasah Consultant, yang terinspirasi dari tenda kaum nomaden setempat. Jadi kalau dari kejauhan, stadion ini layaknya tenda raksasa!

Struktur mirip tenda ini ditopang oleh tribun di empat sisinya, yang masing-masing dilapisi oleh membran woven fiberglass polytetrafluoroethylene (PTFE).

Bagian eksterioir membran ini diberi kelir warna hitan, putih dan merah sesuai dengan pola dan warna tenda kaum nomaden Qatar tersebut.

Pada sisi atasnya, Stadion Al-Bayt dipayungi atap buka tutup sehingga kondisi temperatur di dalam stadion bisa diatur karena memiliki sistem pendingin ruangan yang sangat canggih.

Untuk pemilihan nama sendiri, Stadion Al-Bayt diambil dari sebutan "bayt al sha'ar" - sesuai dengan nama tenda yang sering digunakan kaum nomaden di Qatar dan wilayah Teluk.

Desain ala tenda ini diharapkan bisa meneruskan tradisi Qatar, terus berjalan ke depan tetapi tidak melupakan sejarah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Stadion Paling Ramah Lingkungan

Stadion Al-Bayt ini adalah salah satu stadion di dunia yang mendapatkan sertifikat sustainability karena mengutamakan desain ramah lingkungan, baik di sisi manajemen konstruksi atau penggunaan energi yang lebih efisien.

Bahkan, stadion ini mendapatkan penghargaan bintang lima dari Global Sustainability Assessment System (GSAS). Ditambah rating A* dari proses pembangunan dan sertifikat Seasonal Energy Efficiency Ratio Compliance.

Luas wilayah Stadion Al-Bayt sangat luar biasa. Di sekitar stadion, terdapat taman yang luarnya lebih dari 30 lapangan sepakbola dengan fasilitas tempat bermain, pusat olahraga, trek lari, bersepeda, atau bisa juga untuk menunggang kuda dan unta.

Untuk perjalanan menuju stadion juga sangat dimudahkan karena tersambung dengan berbagai sistem transportasi.

Kapasitas parkir juga sangat memadai. Bisa menampung 6000 mobil, 350 bus, sambil ditopang oleh 150 shuttle bus dan sekitar 1000 taksi dan taksi air.

Karena itu, para suporter dipastikan akan dimanjakan oleh berbagai fasilitas yang disiapkan pihak penyelenggara Piala Dunia kali ini.

Apalagi, di sekitar stadion juga disiapkan Fan Zone yang bisa didatangi para suporter jika ingin menonton pertandingan di luar stadion.

3 dari 5 halaman

Rencana Pasca Piala Dunia

Untuk kapasitas, stadion Al-Bayt adalah stadion kedua terbesar di Piala Dunia Qatar ini karena memiliki 60.000 tempat duduk. Hanya kalah dari Stadion Lusail (80.000).

Tetapi kapasitas tersebut akan dipangkas usai penyelenggaraan Piala Dunia menjadi 32.000 kursi saja. Tempat duduk dari lantai tertinggi akan didonasikan ke negara lain atau dipindahkan ke infrastruktur yang akan dibangun untuk Asian Games 2030 di Doha.

Tempat kosong tersebut akan dikonversikan menjadi hotel bintang lima, pusat perbelanjaan, gym, hall serbaguna, dan fasilitas olahraga lainnya.

Selain itu, sebuah rumah sakit olahraga dengan fasilitas nomor satu di dunia juga rencananya akan dibuka di lokasi tersebut.

4 dari 5 halaman

Sudah Jalani Uji Coba 200.000 Penonton

Stadion ini dibangun sejak 2015 lalu dan membutuhkan waktu kurang lebih lima tahun untuk proses pengerjaannya. Tetapi meski sudah dibuka sejak 2020, Stadion Al-Bayt baru menggelar pertandingan resminya pada 2021.

Ketika itu, venue gress ini menggelar pertandingan antara Qatar melawan Bahrain di ajang Arab Cup 2021.

Tak hanya untuk laga pembukaan, stadion ini juga digunakan untuk menggelar partai final turnamen tersebut yang mempertemukan antara Tunisia dengan Aljazair.

Total stadion ini menggelar lima pertandingan di Arab Cup 2021 dengan penonton paling banyak yaitu 63.439 di babak perempat final yang mempertemukan tuan rumah Qatar dengan Uni Emirat Arab.

Dalam lima pertandingan, Stadion Al-Bayt total menampung 200.000 penonton dan semuanya berjalan dengan lancar tanpa kendala sedikit pun.

Untuk kondisi, sudah pasti stadion ini akan dalam kondisi yang amat prima karena sejak itu tidak pernah dipakai untuk pertandingan apapun. Bahkan oleh klub lokal.

Karena itu, Stadion Al-Bayt dipastikan sudah siap menggelar pertandingan pembukaan Piala Dunia Qatar yang akan berlangsung nanti malam mulai pukul 22.00 WIB.

5 dari 5 halaman

Jadwal Stadion Al-Bayt di Piala Dunia 2022

Pada Piala Dunia 2022 ini, Stadion Al-Bayt akan menggelar total sembilan pertandingan. Mulai dari pembukaan hingga paling akhir di babak semifinal.

Stadion ini pun akan menjadi saksi sejumlah partai seru, seperti Inggris melawan Amerika Serikat, bentrok duo raksasa Eropa: Spanyol vs Jerman, hingga tuan rumah, Qatar, menjajal pasukan Belanda.

Berikut jadwal lengkap pertandingan Piala Dunia 2022 di Stadion Al-Bayt:

  • 20 November 2022: Qatar vs Ekuador (Grup A)
  • 23 November 2022: Maroko vs Kroasia (Grup F)
  • 25 November 2022: Inggris vs Amerika (Grup B)
  • 27 November 2022: Spanyol vs Jerman (Grup E)
  • 29 November 2022: Belanda vs Qatar (Grup A)
  • 1 Desember 2022: Kosta Rika vs Jerman (Grup E)
  • 4 Desember 2022: Juara Grup B vs Runner-up Grup A (16 Besar)
  • 10 Desember 2022: Pemenang 51 vs Pemenang 52 (Perempat-final)
  • 14 Desember 2022: Pemenang 59 vs Pemenang 60 (Semifinal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.