Sukses

Kejutan di Balik 26 Pemain Inggris yang Dibawa Southgate ke Piala Dunia 2022

Keputusan pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate memilih pemain Leicester City, James Maddison masuk dalam skuat Piala Dunia 2022, cukup mengejutkan.

Liputan6.com, Jakarta Masuknya nama gelandang serang Leicester City, James Maddison, dalam daftar 26 pemain pilihan Timnas Inggris Gareth Southgate untuk Piala Dunia 2022 di Qatar, dinilai mengejutkan.

James Maddison yang sudah mencetak enam gol dan empat assist dalam 12 penampilan Liga Premier musim ini bersama Leicester, sebelumnya diragukan bakal masuk skuat Timnas Inggris.

Itu karena selama ini, Southgate berulang kali mengabaikannya, termasuk saat memilih pemain untuk skuat di putaran final Euro 2020.

Sehingga wajar jika publik sepak bola Inggris, sedikit terkejut meski menyadari pemain berusia 25 tahun itu, bermain untuk The Three Lions.

James Maddison sendiri sejauh ini, baru mencicipi sekali bermain bareng Timnas Inggris. Satu-satunya kesempatan itu, dia peroleh sebagai pengganti Alex Oxlade-Chamberlain saat Inggrus menang 7-0 dalam laga kualifikasi Euro 2020 di Stadion Wembley, 14 November 2019.

Keputusan Southage lain yang dinilai agak mengejutkan adalah masuknya gelandang Chelsea, Conor Gallagher. Tetapi bagaimana pun, Gallagher telah tampil baik bersama Chelsea, terutama di bawah manajer baru Graham Potter.

Gallagher pun pengalamannya bersama Timnas Inggris lebih banyak dibandingkan James Maddison. Pemain berusia 22 tahun itu, sudah 4 kali bermain untuk The Three Lions.

Debutnya bersama Timnas Inggris dilakoni pada 14 November 2021, dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan San Marino yang dimenangkan dengan skor 10-0.

Dalam sebuah wawancara, Gallagher mengungkapkan dia adalah seorang gelandang box to box yang bisa bermain cukup dalam saat bertahan, tetapi juga cukup lihai saat membantu penyerangan.

Lee Bowyer yang memoles bakatnya ketika dipinjamkan ke Charlton Athletic menilai Gallagher sebagai gelandang serba bisa dengan etos kerja yang luar biasa di lapangan, dan pintar mendistribusikan bola.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejumlah Bintang Liga Inggris tak Terpilih

Di lain sisi, penampilan bagus Marcus Rashford bersama Manchester United membuatnya masuk hingga membuat rekan setimnya Jadon Sancho tersingkir.

Sejak memutuskan pindah ke Manchester United, Jadon Sancho, kesulitan menjaga performa dan cenderung tampil angin-anginan.

Jangan heran jika Southgate tak meliriknya dan memilih nama lain di posisi penyerang. Dia adalah Callum Wilson dari Newcastle United yang diplot sebagai cadangan Harry Kane.

Nama-nama beken di panggung Liga Inggris lainnya yang tak terpilih adalah Joe Gomez, Jarod Bowen, Ivan Toney, Marc Guehi dan James Ward-Prowse.

Sedangkan gelandang Manchester City, Kalvin Phillips akhirnya tetap masuk dalam pilihan Southgate setelah berhasil pulih sebelum Piala Dunia 2022 bergulir.

"Kami ingin memastikan keseimbangan skuat kami dengan benar," kata Southgate dikutip dari Eurosport.

"Saya pikir ini skuat lebih kuat dari sebelumnya. Pilihan yang berbeda untuk pertandingan dan untuk tahapan turnamen yang berbeda juga."

"Kami harus melindungi pemain yang tidak sepenuhnya fit, tetapi kami pikir keseimbangan ada di sana dan kami memiliki perlindungan di posisi yang kami butuhkan."

 

3 dari 5 halaman

Abaikan Bek Hybird AC Milan

Fakta menarik lain di balik 26 pemain pilihan Southgate adalah mengabaikan barisan pemain Inggris yang bermain di Serie A Liga Italia. Hanya Jude Bellingham, pemain dari luar Liga Premier yang masuk skuat Inggris.

Striker AS Roma, Tammy Abraham dan Fikayo Tomori yang tampil solid di pertahanan AC Milan, semula dijagokan bakal masuk skuat Timnas Inggris di Piala Dunia 2022, tetapi akhirnya tak terpilih.

Sedangkan Tammy Abraham tenggelam di antara nama-nama penyerang yang bersinar di Liga Inggris.

Sementara Fikayo Tomori, tidak masuk karena Southgate lebih memilih dua bek 'hybird' yakni Kyle Walker dan Ben White.

Kyle Walker yang telah melakukan pemulihan luar biasa dari cedera pangkal paha, dan Ben White merupakan bek hybird seperti Fikayo Tomori yang bisa bermain sebagai bek tengah dan bek sayap atau sebaliknya.

Eric Dier juga masuk kategori bek yang bisa bermain di tengah dan sisi pertahanan. Sedangkan John Stones dan Harry Maguire akan dipatok sebagai bek tengah sepanjang kiprah Inggris di Piala Dunia 2022.

Sementara di posisi bek sayap, Trent Alexander-Arnold masuk dengan Reece James harus keluar dari skuat karena cedera.

Spesialis lainnya di sektor bek sayap Inggris adalah Kieran Trippier, Luke Shaw dan Conor Coady yang penampilannya bersama Everton cukup menyita perhatian.

 

4 dari 5 halaman

Daftar Pemain Inggris

Kiper: Jordan Pickford (Everton), Aaron Ramsdale (Arsenal), Nick Pope (Newcastle United)

Belakang: Kieran Trippier (Newcastle), John Stones (Manchester City), Kyle Walker (Manchester City), Luke Shaw (Manchester United), Harry Maguire (Manchester United), Ben White (Arsenal), Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Eric Dier (Tottenham), Conor Coady (Everton)

Tengah: Declan Rice (West Ham), Kalvin Phillips (Manchester City), Mason Mount (Chelsea), Jordan Henderson (Liverpool), Jude Bellingham (Dortmund), Conor Gallagher (Chelsea)

Depan: Harry Kane (Tottenham), Callum Wilson (Newcastle), Raheem Sterling (Chelsea), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Manchester City), Bukayo Saka (Arsenal), Marcus Rashford (Manchester United), James Maddison (Leicester City).

 

5 dari 5 halaman

Laga Perdana Inggris

Pertandingan perdana Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 adalah melawan Iran yang akan digelar Senin, 21 November 2022. Harapan besar pasti berada di kepala suporter Inggris yang berharap misi "Coming Home" bisa dicapai pada Piala Dunia edisi tahun ini.

Sayangnya, performa "The Three Lions" malah sedang jeblok di kancah internasional. Mereka tidak pernah menang satu kali pun dalam seluruh 6 pertandingan Grup A UEFA National League 2022-2023.

Tim asuhan Gareth Southgate itu terakhir kali merasakan kemenangan pada 29 Maret 2022. Setelahnya, Inggris selalu kesulitan saat hadapi Hungaria, Italia dan Jerman baik di kandang maupun tandang.

Southgate sedang mengalami dilema dalam pemilihan pemain, terutama di sektor bek kanan, gelandang tengah, dan kreator permainan. Ketiga titik ini yang belakangan jadi sorotan para pundit.

Sedangkan Iran sudah pasti ingin memberikan kejutan di awal Piala Dunia 2022 ini. Penampilan skuat asuhan Carlos Queiroz ini pun cukup meyakinkan di bulan-bulan terakhir.

Iran sukses menang 1-0 atas Uruguay dan tahan imbang Senegal (1-1) dalam laga persahabatan akhir September kemarin.

Sardar Azmoun yang saat ini bermain lawan Bayer Leverkusen tentu diharapkan jadi katalis lini depan Iran, bersama Mehdi Taremi. Sosok Alireza Jahanbakhsh dan Sama Ghoddos harus jadi perhatian di lini tengah.

Pertandingan antara Inggris melawan Iran akan digelar di Stadion Internasional Khalifa pada 21 November 2022 pukul 20.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.