Sukses

Lomba Lari Estafet ala Jepang World Ekiden Digelar di Indonesia

Mekanisme pada World Ekiden 2022 ini cukup sederhana, setiap partisipan diharuskan membentuk tim dengan total enam orang peserta.

Liputan6.com, Jakarta- Lari menjadi olahraga yang naik daun dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di Indonesia. Beragam jenis lomba lari rutin digelar di tanah air. Kini lomba lari estafet ala Jepang World Ekiden juga diadakan di Indonesia.

World Ekiden merupakan lomba lari estafet yang melibatkan enam orang. Tradisi ini sudah dimulai di Jepang sejak 1917. Perusahaan sepatu Jepang Asics kemudian mengadakan event World Ekiden yang bisa diikuti seluruh pecinta lari di berbagai penjuru dunia sejak 2020.

Di Indonesia, Asics World Ekiden 2022 dimulai 9 November 2022. Program ini baru diadakan khusus untuk para pecinta lari di Indonesia tahun ini. Pada tahun-tahun sebelumnya, pelari Indonesia hanya dapat mengikuti edisi globalnya.

Pendaftaran Asics World Ekiden 2022 edisi Indonesia dibuka mulai tanggal 4 sampai 21 November 2022 dan akan berlangsung pada tanggal 9 hingga 21 November 2022.

Mekanisme pada Asics World Ekiden 2022 ini cukup sederhana, setiap partisipan diharuskan membentuk tim dengan total enam orang peserta yang akan ditantang untuk menyelesaikan jarak marathon terbagi atas enam jarak tempuh meliputi 5 KM, 7.2 KM, 10 KM, dan dilakukan secara estafet sepanjang total 42 Kilometer atau sama seperti jarak lari marathon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perdana di Indonesia

"Asics World Ekiden merupakan kegiatan rutin tahunan sejak 2020, pada saat pandemi tengah melanda dunia, Asics tetap berkomitmen penuh untuk mendukung masyarakat agar tetap menjaga kesehatannya dengan rutin berolahraga. Tapi World Ekiden khusus untuk Indonesia baru tahun ini," kata Direktur Marketing Asics Indonesia, Fajar Nugraha.

Hasil dari pencapaian dan di setiap lari yang dilakukan dapat dilacak melalui Aplikasi ASICS RunKeeper. Asics Indonesia menyiapkan berbagai hadiah menarik untuk tim lari estafet terbaik di World Ekiden 2022.

 

3 dari 3 halaman

Robby Sianturi

Pelari nasional Robby Sianturi turut ikut serta di Asics World Ekiden 2022. Dia menyarankan peserta harus benar-benar memilih tim yang tepat agar bisa menjadi yang terbaik.

"Kuatkan mental karena World Ekiden 2022 berlangsung virtual dan grup. Kalau satu pelari tidak semangat kasihan sama yang lainnya. Larinya harus terus semangat," ujar Robby kepada wartawan saat peluncuran toko terbaru Asics di Senayan City Jakarta, Rabu (9/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.