Sukses

Khawatir Cedera, Lionel Messi Pilih Absen Bela PSG Demi Fit di Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi menderita ketakutan cedera hanya dua minggu sebelum Piala Dunia 2022 musim dingin dimulai. Superstar Paris Saint-Germain dan Argentina itu menderita radang tendon Achilles, tetapi klub Ligue 1 telah mengonfirmasi bahwa cederanya hanya ringan.

Ikon sepak bola itu akan melewatkan pertandingan Ligue 1 melawan Lorient, Minggu (6/11/2022). Namun, dia diharapkan sepenuhnya tersedia untuk Argentina untuk Piala Dunia bulan ini.

PSG juga menyatakan bahwa mereka mengharapkan Messi untuk kembali berlatih penuh minggu depan saat Parisians mempersiapkan pertandingan mereka dengan Auxerre.

Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi yang terakhir kali bagi sang superstar di kompetisi tersebut, karena sang penyerang berusia 35 tahun pada musim panas ini.

Dan Messi akan berharap Piala Dunia terakhirnya akan membuatnya akhirnya mengangkat trofi emas yang terkenal - satu-satunya trofi yang membuat karier sepak bolanya yang berkilauan kurang sempurna.

"Cedera adalah kekhawatiran," kata Messi bulan lalu ketika ditanya tentang masalah kebugaran rekan setimnya di Argentina Angel Di Maria dan Paulo Dybala.

"Ini adalah Piala Dunia yang berbeda yang dimainkan pada waktu yang berbeda sepanjang tahun dengan turnamen sebelumnya dan hal kecil apa pun yang terjadi pada Anda dapat memaksa Anda keluar."

Pada Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar, 20 November-18 Desember mendatang, Argentina masuk Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Argentina akan memulai perjalanan di Piala Dunia 2022 menghadapi Arab Saudi di Lusail Iconic Stadium pada Selasa, 22 November 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Belum Ambil Keputusan

Jika berbicara tentang pemain bintang yang ada di timnas Argentina, tentu saja jawabannya adalah Lionel Messi. Meski mendapat banyak kritikan sejak bergabung dengan PSG, tapi penampilan La Pulga di level timnas masih ciamik.

Pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, Messi mencetak 7 gol serta mempersembahkan trofi Copa America 2021 untuk negaranya beberapa waktu lalu.

Sang superstar akan berusia 35 tahun saat turnamen dimulai, itu artinya Messi bakal berusia 39 tahun pada Piala Dunia 2026. Besar kemungkinan dia sudah pensiun. Namun, Messi belum membuat keputusan untuk pensiun Piala Dunia edisi selanjutnya.

"Apakah ini Piala Dunia terakhir saya? Saat ini saya sedang memikirkan hal itu (Piala Dunia 2022). Kita lihat saja nanti dan sepak bola berubah dari satu hari ke hari berikutnya. Saya pikir akan sulit bagi saya untuk memainkan (Piala Dunia) yang berikutnya, tapi saya belum membuat keputusan yang jelas," ujar Messi seperti dilansir dari Football-Italia.

Lionel Messi saat ini memegang rekor penampilan dan gol terbanyak di timnas Argentina. Sejauh ini, pencapaian terbaik Messi di Piala Dunia bersama La Albiceleste adalah menjadi runner-up pada edisi 2014 di Brasil.

3 dari 5 halaman

Pemain Sementara Sudah Diumumkan

Kurang dari tiga pekan menuju perhelatan akbar sepak bola Piala Dunia 2022 di Qatar, pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni, telah memilih 55 pemain dalam skuat provisional La Albiceleste yang diumumkan pada 1 November 2022 waktu setempat.

Dinukil dari Infobae.com, Mayoritas pemain yang masuk dalam daftar skuat sementara timnas Argentina proyeksi Piala Dunia 2022, adalah nama-nama lawas, tentunya termasuk Lionel Messi.

Tetapi di antara nama-nama besar tersebut, ada sejumlah pemain yang sudah lama tidak dipanggil Timnas Argentina. Salah satunya adalah bek Gremio, Walter Kannemann.

Pemain berusia 31 tahun itu, masuk list di antara 13 pemain bertahan yang disiapkan Scaloni untuk mengawal lini belakang Argentina.

Walter Kannemann memiliki 6 caps bersama Timnas Argentina. Terakhir kali membela La Albiceleste pada laga uji coba melawan Ekuador pada 13 Oktober 2019 yang dimenangkan dengan skor 6-1, di mana ia menjadi starter.

Kannemann memang beberapa kali dipanggil oleh Scaloni di awal tugasnya menjabat pelatih Argentina pada tahun 2018. Dia bahkan seharusnya dimasukkan dalam daftar untuk Copa America 2019, tetapi sesaat sebelum turnamen dimulai dia mengalami patah tulang yang membuat Scaloni terpaksa mencoretnya.

"Kehilangan kesempatan untuk bermain karena cedera itu sulit. Kehilangan Copa America adalah salah satu hal paling sulit yang pernah terjadi pada saya," kata Kannemann saat itu.

4 dari 5 halaman

Dafar 55 Pemain Sementara

55 pemain dalam skuat sementara Argentina nantinya dikerucutkan menjadi 26 sesuai regulasi maksimal kuota pemain untuk setiap negara di Piala Dunia 2022.

Berikut nama-nama pemain yang dipilih Scaloni dalam skuat sementara Argentina:

Kiper: Emiliano Martinez (Aston Villa), Agustin Rossi (Boca Juniors), Franco Armani (River Plate), Geronimo Rulli (Villarreal), Juan Musso (Atalanta), Agustin Marchesin (Celta de Vigo).

Belakang: Nahuel Molina (Atletico Madrid), Gonzalo Montiel (Sevilla), Cristian Romero (Tottenham), German Pezzella (Betis), Nicolas Otamendi (Benfica), Lisandro Martinez (Manchester United), Marcos Acuna (Sevilla), Nicolas Tagliafico (Olympique Lyon), Juan Foyth (Villarreal), Facundo Medina (Lens), Nehuen Perez (Udinese), Lucas Martinez Quarta (Fiorentina), Marcos Senesi (Bournemouth).

Tengah: Rodrigo De Paul (Atletico Madrid), Leandro Paredes (Juventus), Giovani Lo Celso (Villarreal), Alexis Mac Allister (Brighton & Hove Albion), Guido Rodriguez (Betis), Alejandro Gomez (Sevilla), Enzo Fernandez (Benfica), Exequiel Palacios (Bayer Leverkusen), Thiago Almada (Atlanta United), Nicolas Dominguez (Bologna), Lucas Ocampos (Ajax), Maximiliano Meza (Monterrey), Roberto Pereyra (Udinese), Matias Soule (Juventus), Valentin Carboni (Inter), Nicolas Paz (Real Madrid), Luka Romero (Lazio).

Depan: Lionel Messi (PSG), Lautaro Martinez (Inter Milan), Angel Di Maria (Juventus), Julian Alvarez (Manchester City), Paulo Dybala (Roma), Nicolas Gonzalez (Fiorentina), Angel Correa (Atletico Madrid), Joaquin Correa (Inter Milan), Giovanni Simeone (Napoli), Emiliano Buendia (Aston Villa), Lucas Alario (Eintracht Frankfurt), Alejandro Garnacho (Manchester United).

5 dari 5 halaman

Jadwal Argentina di Piala Dunia 2022

Argentina akan memulai perjalanan di Piala Dunia 2022 menghadapi Arab Saudi di Lusail Iconic Stadium pada Selasa, 22 November 2022.

Selanjutnya menghadapi dua kompetitor terkuat di fase grup, Meksiko dan Polandia.

Selasa, 22 November 2022

17.00 WIB - Argentina vs Arab Saudi di Lusail Iconic Stadium

 

Minggu, 27 November 2022

02.00 WIB - Argentina vs Meksiko di Lusail Iconic Stadium

 

Kamis, 1 Desember 2022

02.00 WIB - Argentina vs Polandia di Stadium 974.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS