Sukses

Tua Tua Keladi, Pemain Berumur yang Bakal Tampil di Piala Dunia Qatar 2022

Tak hanya para pemain muda dan mahal, tapi para bintang veteran akan meramaikan ajang sepak bola sejagat. Jadi, siapa saja pemain tertua Piala Dunia 2022?

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 semakin dekat dan tinggal beberapa minggu lagi jelang kick off nantinya di Qatar. Sebagai negara tuan rumah, Qatar pun sudah bersiap dari jauh-jauh hari untuk menyambut gelaran terbesar sepak bola dunia yang dihelat setiap empat tahun sekali ini.

Sebanyak 32 negara yang mengisi delapan grup akan memperebutkan trofi yang terbuat dari emas 18 karat dan dua lapisan perunggu.

32 tim yang lolos ke Piala Dunia Qatar 2022 diwakili oleh 13 Tim dari zona UEFA (Eropa), 4 tim dari zona CONMEBOL (Amerika Selatan), 3 tim dari zona CONCACAF (Amerika Utara), 5 tim dari zona CAF (Afrika), dan 5 tim pada zona AFC (Asia) termasuk tuan rumah Qatar.

Hal ini membuat setiap pemain berharap bisa menunjukkan performa terbaik dan memberikan kebanggaan buat negaranya masing-masing. Usia bukan menjadi penghalang para pemain yang berusia sudah tua ini untuk berlaga di Qatar nantinya.

Bagi beberapa pemain, pada Piala Dunia Qatar 2022 berpotensi menjadi turnamen terakhirnya di panggung sepak bola dunia. Faktor usia menjadi alasan yang membuat para pemain ini sulit kembali membela negaranya pada Piala Dunia 2026 yang untuk pertama kali digelar di tiga negara, yakni Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat.

Lantas siapa sajakah pemain tua yang masih berlaga pada Piala Dunia 2022 kali ini? Berikut ini beberapa nama pemain yang tidak muda lagi yang kemungkinan akan tetap tampil di Qatar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Eiji Kawashima

Nama Eiji Kawashima sudah berusia 39 tahun dan saat ini membela klub Ligue Un, Strasbourg, dan sudah mengantongi 95 caps untuk Timnas Jepang.

Kiper veteran ini akan mainkan Piala Dunia ke empatnya di bulan November sampai Desember 2022. Dia akan berjuang melewati putaran kedua untuk pertama kalinya.

3 dari 6 halaman

Dani Alves

Nama Dani Alves menjadi salah satu nama yang kemungkinan akan dibawa ke Piala Dunia Qatar 2022. Legenda Barcelona dan juga Timnas Brasil ini sudah berusia 39 tahun dan berharap kembali dipanggil Tite setelah absen di jeda internasional bulan September.

Tite diyakini sangat membutuhkan pemain berpengalaman seperti Alves, yang juga bisa berikan pengaruh besar di ruang ganti.

Saat ini, diungkapkan SunSport, mantan bek kanan PSG itu sudah mengoleksi 125 caps untuk Brasil.

4 dari 6 halaman

Thiago Silva

Satu lagi veteran bintang Timnas Brasil, yakni Thiago Silva masih bermain secara reguler untuk klub maupun negaranya sampai saat ini. Ia tunjukkan penampilan gemilang untuk Chelsea dalam beberapa pekan terakhir ini.

Silva juga sudah berusia 39 tahun dan Qatar akan menjadi Piala Dunia ketiganya. Satu peristiwa penting yang dialaminya, Thiago dihukum saat Brasil hadapi Jerman di semifinal Piala Dunia 2014 yang digelar di negaranya, dan Brasil dipermalukan Die Mannschaft, 7-1.

5 dari 6 halaman

Sergio Ramos

Nama Sergio Ramos merupakan seorang pemenang Piala Dunia, bek tengah PSG itu sekarang telah berusia 36 tahun. Dia telah memenangkan 180 caps, dan meskipun sudah 20 bulan dicoret dari tim nasional setelah pindah ke Paris, tapi Ramos berpeluang kembali ke Piala Dunia 2022.

Apalagi, saat ini, dia masuk dalam daftar 55 pemain sementara skuad Luis Enrique, dan tak menutup kemungkinan namanya kembali ada daftar pemain tetap yang akan berangkat ke Qatar.

6 dari 6 halaman

Luka Modric

Luka Modric menjadi bintang di Piala Dunia Russia empat tahun lalu. Walau sekarang usianya sudah 37 tahun, dia belum tunjukkan tanda-tanda kemunduran dalam permainannya di lapangan.

Modric juga mainkan peranan kunci untuk Real Madrid saat mereka memenangkan gelar juara LaLiga dan Liga Champions musim lalu, hingga diharapkan bisa membantu Kroasia berjaya di Qatar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.