Sukses

Warga Depok Antusias Hias Kampung Bucin Piala Dunia 2022: Rela Gotong Royong hingga Gelontorkan Rp22 Juta

Warga Perum Depok Maharaja Blok M1 Cluster Cemara begitu antusias menyambut perhelatan Piala Dunia 2022 yang akan bergulir kurang dari satu bulan lagi. Sikap ini terlihat dari tingginya animo mereka dalam mengikuti program Hias Kampung Bucin Piala Dunia 2022 yang digagas oleh SCM Grup.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Perum Depok Maharaja Blok M1 Cluster Cemara antusias menyambut perhelatan Piala Dunia 2022 yang akan bergulir kurang dari sebulan lagi. Hal ini terlihat dari tingginya animo mereka dalam mengikuti ajang Hias Kampung Bucin Piala Dunia 2022.

Sekadar informasi, Hias Kampung Bucin Piala Dunia 2022 merupakan program yang diselenggarakan oleh SCM Grup selaku official broadcaster kompetisi sepak bola terakbar dunia. Kegiatan tersebut ditujukan untuk mengundang masyarakat membangun euforia jelang penyelenggaraan FIFA World Cup.

Ketua RT 01/16 Cluster Cemara Perumahan Depok Maharaja, Musdar Saleh, mengungkap warga di kawasannya rela menggelontorkan dana di kisaran Rp22 juta demi membiayai program menghias kampung.

Adapun dana tersebut seluruhnya bersumber dari swadaya masyarakat yang memang ingin memberi dukungan penuh untuk menyemarakkan Piala Dunia Qatar 2022.

“Kita kemarin estimasi ke warga itu (biayanya) sekitar 22 juta. Alhamdulillah kita sudah bisa (mengumpulkan) lebih dari estimasi yang kita rencanakan di awal, dan itu semuanya berasal dari swadaya masyarakat,” ungkap Musdar saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (30/10/2022) sore WIB.

Lebih lanjut, Musdar menyebut bahwa warga RT 01/16 Cluster Cemara telah memulai proses pengerjaan untuk menghias kampung dengan tema Piala Dunia 2022 sejak satu bulan lalu. Seluruh warga berpartisipasi dalam kegiatan ini, utamanya pada hari Sabtu dan Minggu.

“Sebenarnya kita sudah mulai (menghias kampung) sebulan (lalu). Jadi, (aktivitasnya dilakukan) tiap hari Sabtu-Minggu karena memang rata-rata warga banyak yang bekerja dan ada aktivitas (lain) juga,” beber Musdar.

“(Pengerjaannya) dicicil. Nah, ada beberapa warga misalnya yang WFH, itu mereka kerjakan di luar (agenda) Sabtu dan Minggu,” sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berawal dari Family Gathering

Musdar juga mengisahkan awal mula warga di kawasannya mengikuti ajang Hias Kampung Bucin Piala Dunia 2022. Ia menyebut, keputusan ini bermula dari kegiatan family gathering yang diselenggarakan sekitar dua bulan lalu.

Kala itu, ia dan sejumlah warga sempat berbincang santai di malam hari. Kebetulan mereka sudah mendapat pemberitahuan soal perlombaan menghias kampung dengan tema Piala Dunia. Dari situ, tercetuslah ide untuk membentuk kepanitiaan demi menyukseskan rencana ini.

“Dulu kami ada family gathering, sekitar dua sampai tiga bulan lalu. Di situ, kami ngobrol santai malam-malam dengan beberapa warga. Kebetulan ada pemberitahuan bahwa akan diadakan lomba hias kampung (jelang Piala Dunia 2022).”

“Kembali dari family gathering itu, kita setting rapat (bersama warga), kemudian kita tentukan siapa ketua panitia, sekretaris, bendahara. Panitia kecilnya kita bentuk, lalu kita announce ke warga,” ungkap Musdar.

3 dari 4 halaman

Menyusun Konsep

Selanjutnya, para panitia mulai menyusun konsep menghias kampung, lengkap dengan estimasi biayanya. Gagasan tersebut langsung memperoleh dukungan dan antusiasme dari warga, sehingga seluruhnya sepakat mengeksekusi ide yang telah didiskusikan.

“Panitia yang kecil tadi itu sudah membentuk konsep sampai pada estimasi pembiayaan, lalu kita lempar ke warga. Ternyata warga membalasnya dengan antusias, (mereka) memberikan support dana kepada panitia, sehingga bisa terlaksana beberapa ide yang sudah kita diskusikan,” katanya lagi.

Musdar menuturkan, warga di RT 01/16 Cluster Cemara Perumahan Depok Maharaja memang sudah biasa bergotong royong melaksanakan proyek. Tak heran jika mereka langsung guyub, meski baru sekali mengikuti ajang menghias kampung.

4 dari 4 halaman

Aktivitas Lain

Tak hanya berhenti pada aktivitas menghias kampung, Musdar menyatakan warga di kawasannya berencana melakukan kegiatan lain untuk menyambut Piala Dunia 2022.

Masyarakat RT 01/16 Cluster Cemara Perumahan Depok Maharaja dikabarkan juga bakal membuat replika maskot Piala Dunia 2022, La’eeb.

“Rencana ke depannya, kita akan buat maskot La’eeb. Kira-kira (besarnya) seukuran anak remaja. Itu akan kita buat,” ujar Musdar kepada Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.