Sukses

ANOC World Beach Games Bali 2023, Ketua NOC Indonesia: 205 Negara Hadir

Liputan6.com, Jakarta - Komite Olimpiade Indonesia atau NOC Indonesia memastikan 205 negara akan hadir dalam ANOC World Beach Games Bali 2023. Kepastian tersebut didapat setelah NOC Indonesia presentasi dalam Sidang Umum Tahunan Association National Olympic Committee (ANOC) XVI di Seoul, Korea Selatan, baru-baru ini.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan para peserta ANOC General Assembly terkesima dengan presentasi kesiapan ANOC World Beach Games Bali. Ajang tersebut bakal berlangsung 5-12 Agustus.

"Presentasi diawali dengan tarian. Kami membawa sedikit Bali agar semua bisa mendapatkan kehangatan Bali di Korea Selatan, ternyata efektif sekali. Semuanya terpukau, terhipnotis," kata Okto, sapaan Raja Sapta, pada konferensi pers virtual yang diikuti dari Jakarta, Kamis (20/10/2022).

"Hasilnya ANOC sendiri langsung datang ke kita... Sehingga dipastikan tahun depan di Agustus, Bali akan kedatangan tamu dari 205 negara. Menjadi ajang olahraga terbesar dalam sejarah Indonesia, sebagai multievent games maupun general assembly," ujarnya.

Okto menjanjikan ANOC World Beach Games Bali 2023 bakal menjadi tolok ukur untuk menciptakan standar baru dalam menggelar ajang olahraga. Hal itu disampakan kepada delegasi dari 205 NOC di dunia, termasuk Federasi Internasional.

Mereka antara lain petinggi organisasi olahraga dunia, mulai dari ANOC, Komite Olimpiade Internasional (IOC), Badan Anti-Doping Dunia (WADA), daa Dewan Olimpiade Asia (OCA). "Yang paling menarik adalah respons dari anggota para petinggi olahraga dunia, sambutan hangat dan apresiasi mereka siap hadir di ANOC Beach Games Bali 2023," ucap Okto.

Okto juga meyakinkan multievent ini akan membuat Indonesia dianggap sebagai negara yang pantas menggelar ajang-ajang internasional. "Kami menjanjikan dan memastikan kepada mereka semua bahwa apa yang kita lakukan nanti di Bali akan menjadi new benchmark, penanda baru, titik awal baru terhadap standar mereka supaya bisa mengerti. This is Indonesian Way," paparnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan prestasi

Sebagai tuan rumah, Raja Sapta Oktohari berharap Indonesia dapat meningkat prestasi di ANOC Beach Games Bali 2023. "Goal akhirnya adalah Olimpiade," kata Ketua NOC Indonesia itu.

"Indonesia punya kesempatan dan memiliki sebuah semangat yang tinggi untuk menjadi tuan rumah serta mengejar prestasi tinggi.

Selain mempresentasikan kesiapan ANOC World Beach Games Bali 2023, NOC Indonesia juga merilis logo resmi pesta olahraga tersebut. Logo berwarna merah, kuning, dan biru merupakan gabungan dari beberapa unsur ciri khas Bali.

Mulai dari topeng Bali, yang menyimbolkan sisi baik dan proteksi terhadap hal-hal jahat. Sementara Pura Lempuyang yang terkenal, bunga, dan kerang menjadi ciri khas eksotis dari Bali, layar dari perahu nelayan, fauna dalam pantai, termasuk ombak laut.

"Apa yang sudah dilaksanakan dalam kegiatan ANOC General Assembly ini sudah berjalan dengan baik, dan kami memberikan apresiasi kepada KOI sudah aktif betul, sudah melakukan upaya-upaya sehingga general assembly ini bisa dilakukan sebaik-baiknya," kata Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga Samsudin, yang turut hadir dalam acara tersebut.

3 dari 3 halaman

14 cabang olahraga

ANOC World Beach Games Bali 2023 akan mempertandingkan 14 cabang olahraga, 10 di antaranya mandatory atau wajib. Sepuluh cabang olahraga itu adalah Open Water Swimming 5km, Beach Water Polo, Beach Soccer, Beach Handball, Individual Kata Karate, Kite Foil, Beach Tennis, Aquathlon, Beach Volleyball 4×4, dan Beach Wrestling.

Sementara empat cabang olahraga lainnya dipilih berdasarkan prinsip utama bahwa program tersebut dapat membawa keberlanjutan, menjangkau generasi muda, serta inklusivitas. Keempat cabor itu adalah basket 3×3, AirBadminton, Rowing Beach Sprint, dan Surfing.

Rencananya, ada 44 medali yang diperebutkan pada ANOC World Beach Games Bali 2023.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS