Sukses

Indonesia Masters 2022: 3 Tunggal Putra Tuan Rumah Lolos ke Babak Kedua

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, Bobby Setiabudi, dan Christian Adinata lolos ke babak kedua Indonesia Masters 2022. Sementara Syabda Perkasa Belawa dan Yonathan Ramlie tersisih.

Liputan6.com, Malang - Tiga pemain tunggal putra tuan rumah lolos ke babak kedua di Indonesia Masters 2022. Mereka ialah Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, Bobby Setiabudi, dan Christian Adinata. Sementara Syabda Perkasa Belawa dan Yonathan Ramlie tersisih

Berlaga di Platinum Arena, Malang, Jawa Timur, Selasa (18/10), Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay perlahan bangkit. Juara Indonesia International Series di Yogyakarta itu menang atas wakil Malaysia Lee Shun Yang 22-20 dan 21-14 dalam tempo 44 menit.

Kemenangan ini menjadi titik balik pebulu tangkis kelahiran 16 Januari 2000 itu setelah tersingkir di babak awal Indonesia International Challenge 2022, pekan lalu. Ketika itu atlet badminton peringkat 84 dunia ini kalah dari wakil China Lei Lan Xi dengan skor 12-21 dan 9-21.

Kemenangan di babak awal Indonesia Masters ini patut disyukuri Rumbay. Maklum kondisi fisiknya sempat kurang fit sehingga dirinya kurang maksimal pada turnamen sebelumnya.

"Senang rasanya bisa meraih kemenangan, sebelumnya saya tampil kurang fit dan masih belum mencapai permainan terbaik saya," kata Rumbay usai pertandingan.

"Perlahan saya akan mengembalikan kondisi fisik dan mulai dari awal lagi. Hal itu akan membuat saya kembali ke kondisi awal," ungkap Rumbay.

Sejauh ini performa Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay masih kurang maksimal saat tampil di ajang berhadiah total 81 ribu dolar AS ini. Dia berharap ke depannya performanya kembali lagi. Ini mengingat lawan-lawan yang dihadapi pada turnamen Indonesia Masters lumayan tangguh.

"Persaingan di sini sangat ketat. Pasti lawan-lawan juga mempersiapkan diri dengan baik untuk mengharapkan meraih hasil terbaik," ucap Rumbay. "Sekarang tinggal menunggu siapa yang paling siap, dia yang meraih hasil terbaik," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bobby dan Christian

Langkah Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay diikuti rekannya Bobby Setiabudi dan Christian Adinata. Bobby melaju ke babak 32 besar seusai mengalahkan wakil India Farogh Sanjay Aman dengan skor identik 21-13 dan 21-13.

Di Indonesia Masters 2022, Bobby punya motivasi tinggi untuk bisa meraih gelar juara. Maklum tahun ini pebulu tangkis kelahiran 22 Maret 2001 itu masih nir gelar.

Tercatat terakhir kali tunggal putra rangking 227 dunia itu naik podium tertinggi di Bahrain International Series 2021. Saat itu Bobby jadi juara setelah menang atas wakil Hong Kong Chan Yin Chak dengan skor 21-18, 11-21, dan 21-16.

"Saya punya motivasi tinggi berlaga di turnamen ini untuk bisa meraih gelar juara. Teman-teman saya yang lain sudah mengoleksi gelar dan saya belum," ucap Bobby.

"Saya mencoba perlahan-lahan untuk meraihnya karena sejauh ini masih beradaptasi dengan kondisi lapangan serta faktor lainnya. Tampil di sini atmosfernya berbeda levelnya seperti turnamen sebelumnya."

Sementara Christian Adinata menang atas wakil Malaysia Sholeh Aidil. Dia menang dua gim langsung 21-15 dan 21-17.

"Saya sempat mengalami nervous di laga ini. Namun, berkat saya mempelajari permainan lawan, saya bisa bermain dengan baik. Jadi strategi permainan lawan bisa dikuasai dan meraih kemenangan di laga ini," tutur Christian.

"Berbicara persaingan di sini sangat ketat, tentu saya ingin memberikan yang terbaik. Tidak ada target khusus saya hanya ingin enjoy dalam bermain."

 

3 dari 3 halaman

2 tunggal putra terhenti

Sayang langkah apik Rumbay, Bobby, dan Christian tidak diikuti oleh Syabda Perkasa Belawa. Tunggal putra peringkat 199 dunia itu angkat koper dari babak pertama usai takluk dari wakil China Sun Fei Xiang.

Pada laga tersebut, juara Lithuanian International 2022 ini bermain kurang maksimal dengan banyak membuat kesalahan. Beberapa kali hal itu menjadi bumerang sehingga pebulu tangkis kelahiran 25 Agustus 2001 ini takluk rubber game dengan skor 10-21, 21-15, dan 10-21.

"Saya banyak melakukan kesalahan dan lawan bermain tanpa celah. Tidak banyak kesalahan yang dibuat lawan, saya tidak bisa beradaptasi dengan pola permainan lawan yang berganti di tengah pertandingan," ucap Syabda.

"Kekalahan ini membuat saya harus bisa tampil lebih baik lagi dengan tidak banyak membuat kesalahan sendiri yang tidak perlu," pungkas Syabda.

Pemain lain yang juga menelan kekalahan di babak pertama adalah Yonathan Ramlie. Dia kalah dari wakil Korea Kim Donghun dengan skor 11-21, 12-21 dalam tempo 33 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini