Sukses

Maskot Piala Dunia dari Masa ke Masa, yang Mana Favoritmu?

Ajang Piala Dunia identik dengan maskotnya yang menggemaskan. Berikut ini sejumlah maskot piala dunia dari masa ke masa

Liputan6.com, Jakarta - FIFA telah memperkenalkan segala pernak-pernik Piala Dunia 2022 Qatar. Mulai dari soundtrack atau lagu tema berjudul Hayya Hayya, hingga maskot Piala Dunia 2022 bernama La'eeb.

Maskot La'eeb menambah daftar maskot yang memang dirancang dengan tujuan untuk mempromosikan Piala Dunia. Ya, maskot merupakan salah satu pernak-pernik yang paling melekat dari penyelenggaraan Piala Dunia.

Selain itu, maskot juga dihadirkan sebagai penghibur dalam penyelenggaraan Piala Dunia agar tidak terlalu memberikan beban kepada para pemain.

Adanya maskot dalam gelaran Piala Dunia pun memiliki sejarah tersendiri. Piala Dunia memang digelar untuk pertama kalinya tahun 1930. Namun, kehadiran maskot baru tercetus pada tahun 1996 saat Piala Dunia diadakan di Inggris. Penggunaan maskot pun terus dipertahankan hingga perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sebelum La'eeb, ada banyak maskot Piala Dunia lainnya dari masa ke masa. Jika ditotal hingga saat ini, Piala Dunia memiliki 15 maskot. Dikutip dari berbagai sumber, yuk berkenalan dengan maskot Piala Dunia dari masa ke masa:

1. World Cup Willie

World Cup Willie merupakan maskot pertama Piala Dunia. Maskot ini lahir pada gelaran Piala Dunia 1996 di Inggris. Willie tercipta lewat tangan terampil seorang ilustrator berkebangsaan Inggris, Reg Hoye.

Bentuk dari maskot ini adalah singa jantan yang diartikan sebagai simbol dari kerajaan Inggris, ditambah dengan menggunakan jersey yang dihiasi dengan motif bendera dari negara itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Juanito

Juanito merupakan maskot yang digunakan di Piala Dunia 1970 Meksiko. Maskot ini lumayan berbeda dari maskot sebelumnya, karena desain yang digunakan menggunakan manusia sebagai modelnya.

Desain tersebut digambarkan dengan sosok yang menggemaskan dengan berpipi tembam dan menggunakan kaos bola berwarna hijau dan juga topi khas dari negara Meksiko.

3. Tip and Tap

Tip and Tap merupakan maskot Piala Dunia 19774 di Jerman. Karakter maskot ini adalah dua anak laki-laki bernama Tip dan Tap. Duo Jerman ini menggambarkan kesan kebersamaan dan kekompakan di saat negara terpecah menjadi Timur dan Barat.

Maskot Tip dan Tap mengenakan baju dengan tulisan “WM” untuk Weltmeisterschaft (dalam bahasa Jerman artinya Piala Dunia), dan nomor “74” untuk mewakili edisi turnamen yang diadakan di Jerman.

4. Gauchito

Maskot ini digunakan pada Piala Dunia 1978 di Argentina. Gauchito diperkenalkan dengan karakter anak laki-laki yang mengenakan seragam sepak bola Argentina dengan topi “Argentina 78” di bagian atasnya.

Gauchito diambil dari kata gaucho yang artinya seorang penunggang kuda. Hal pun dideskripsikan dengan desain Gauchito yang menggunakan syal kuning dan memegang cambuk khas gauchos.

 

3 dari 6 halaman

5. Naranjito

Narajinto digunakan sebagai maskot pada Piala Dunia Spanyol 1982. Penamaan maskot ini diambil dari kata naranja yang artinya jeruk.

Sama seperti artinya, maskot ini dibuat seperti jeruk yang dipakaikan jersey warna merah juga biru. Kenapa jeruk yang digunakan pada desain? Alasannya karena jeruk merupakan buah yang dikonsumsi orang Spanyol.

6. Pique

Untuk kedua kalinya, Meksiko jadi tuan rumah Piala Dunia pada 1986. Kali ini menggunakan cabai jalapeno sebagai basis desain maskotnya. Nama Pique yang tersemat pada maskot berasal dari kata bahasa Spanyol picante yang dapat bermakna lada atau rasa pedas.

Agar semakin bercita rasa Meksiko, Pique dipakaikan kumis tebal dan topi sombrero yang mewakili tradisi rakyat negeri tersebut.

7. Ciao

Ciao adalah maskot yang digunakan di Piala Dunia Italia 1990. Maskot satu ini didesain dengan sangat uni. Pasalnya, karakter Ciao bukan digambarkan sebagai makhluk hidup seperti hewan atau manusia, namun berupa stik lego bercorak warna bendera dari negara Italia.

Dan juga dalam desain tersebut ditambahkan gambar bola di atas stick figurnya. Penamaan maskot ini sendiri diambil dari kata ciao yang artinya “hai” atau “selamat tinggal”.

 

4 dari 6 halaman

8. Striker Amerika

Amerika Serikat memilih karakter anjing untuk maskot Piala Dunia di tahun 1994. Hal itu karena anjing merupakan hewan peliharaan paling populer di negara tersebut. Dirancang oleh studio hiburan Warner Brother, maskot ini mengenakan kit merah, biru, dan putih patriotik dengan tulisan “USA 94”.

9. Footix

Pada Piala Dunia 1998, Prancis menjadikan seekor ayam jago biru berukuran besar sebagai maskot. Maskot ini diberi nama Footix.

Footix adalah nama maskot Prancis 1998 yang digambarkan dengan ayam jago karena itu merupakan salah satu simbol nasional Prancis.

Selain itu, karakter dari maskot Footix mencerminkan seragam Prancis dengan paruh kuning yang disertai senyuman tak berujung. Maskot ini ditambahkan tulisan “France 98” di dada birunya sambil membawa bola di tangan kanan.

10. Ato, Kaz, and Nik

Trio "The Spheriks" ini merupakan maskot Piala Dunia 2002 Korea Selatan dan Jepang. Desain maskot ini terbilang sangat unik. The Spheriks atau trio Ato, Kaz, dan Nik adalah murni hasil rekaan CGI. Warna yang diusung ketiganya yaitu oranye, ungu, dan biru pun menambah kesan futuristik.

Selain itu, The Spheriks juga dibuatkan serial animasinya sendiri. Ceritanya mereka tergabung dalam satu tim atmoball, olahraga fiksi sejenis sepak bola. Ato berperan sebagai pelatih, sementara Kaz dan Nik bermain di lapangan.

 

5 dari 6 halaman

11. Goleo VI

Maskot yang digunakan pada Piala Dunia 2006 di Jerman ini dinamakan Goleo VI. Nama tersebut diambil dari penggabungan kata goal dan leo yang artinya singa.

Desain Goleo sempat banjir kritikan karena singa dianggap kurang mewakili Jerman, bahkan merupakan bagian dari lambang tradisional Inggris dan Belanda yang notabene rival historis Jerman.

12. Zakumi

Zakumi merupakan maskot Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Ide awalnya model macan tutul adalah hewan yang umum ditemukan di negara paling selatan benua Afrika. Ditambah, dengan hiasan Warna hijau dan emas yang digunakan sebagai simbol warna timnas tuan rumah.

13. Fuleco

Fuleco adalah maskot Piala Dunia Brasil 2014. Maskot satu ini dilambangkan dengan hewan armadilo three-banded yang merupakan salah satu satwa endemik yang perlu dijaga, karena dapat menyebabkan kepunahan.

14. Zabivaka

Maskot ini dipakai pada gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia. Zabivaka digambarkan dengan serigala energik pemakai kacamata sporty yang sedang asyik bermain sepak bola. Kreator Zabivaka, mahasiswi desain grafis Tomsk State University, Yekaterina Bocharova mengatakan terinspirasi dari film kartun produksi Disney ketika menciptakan maskot ini. Kata Zabivaka diambil dari bahasa Rusia yang artinya "Pencetak Gol".

6 dari 6 halaman

15. La'eeb

Maskot resmi Piala Dunia 2022 bernama La’eeb berbentuk seperti penutup kepala orang-orang Timur Tengah. Menurut situs resmi FIFA, La'eeb dalam bahasa Arab berarti pemain dengan kemampuan super.

La'eeb sendiri menurut FIFA adalah benda yang tidak bisa dijelaskan sehingga para fans sepak bola bisa menginterpretasikan sesuai kemauan mereka. La'eeb di gambar mengenalkan semangat bermain, menyebarkan kegembiraan dan kepercayaan diri. Karakter ini diharapkan bisa membakar semangat pemain dan sukacita fans.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.