Sukses

Labuan Bajo Bersiap Gelar Lomba Lari Marathon

Liputan6.com, Jakarta- Lomba lari marathon akan digelar di Labuan Bajo pada 29 Oktober 2022. Hampir sebulan jelang pelaksanaan, persiapan memeriahkan IFC Labuan Bajo Marathon 2022 terus dilakukan.

Labuan Bajo Marathon 2022 akan melombakan Full Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K, dan 5K. Selain kategori individu atau perorangan, “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” juga melombakan kategori kelompok di Ekiden (estafet 5K untuk tim ganda campuran 4 orang perwakilan BUMN dan korporasi) dan lomba khusus anak-anak di kategori Kids Dash (lomba sprint untuk anak-anak) 100M.

Ajang lomba lari ini menargetkan 1.500 pelari dari nasional maupun internasional. Pelaksanaan “IFG Labuan Bajo Komodo Marathon 2022” punya tujuan ganda.

Selain kembali menyemarakan lomba lari, “IFG Labuan Bajo Komodo Marathon 2022” juga untuk mempromosikan keindahan Labuan Bajo kepada pelari nasional dan internasional.

Tak hanya menjaring peserta, panitia IFG Labuan Bajo Marathon 2022 juga melakukan serangkaian kegiatan yang menyentuh beragam lapisan masyarakat di lokasi perlombaan.

Pada Sabtu (24/9), IFG melaksanakan kegiatan literasi dan edukasi sampah plastik dan juga kegiatan bersih-bersih pantai di Waterfront Labuan Bajo. Kegiatan ini melibatkan total 150 peserta, yang terdiri atas guru PAUD, siswa sekolah, Karang Taruna, dan komunitas pegiat lingkungan setempat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Apresiasi

Literasi dan edukasi bertajuk “Membangun Ekosistem Labuan Bajo Berbasis Kampanye Anti Sampah Plastik” diharapkan dapat membantu meminimalisir pembuangan sampah plastik, menambah pengetahuan masyarakat dalam mengelola sampah plastik menjadi barang yang bernilai ekonomis, dan memanfaatkan limbah plastik secara kreatif. Dalam kegiatan tersebut, IFG juga memberikan bantuan alat kebersihan dan pengangkutan sampah.

Langkah tersebut diapresiasi oleh Pemerintah Kabupaten Labuan Bajo, yang juga siap mendukung penuh seluruh rangkaian acara “IFG Labuan Bajo Marathon 2022”, termasuk sejumlah kegiatan sosial dan peduli lingkungan.

“Ajang “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” merupakan sebuah ajang yang tepat untuk mendukung bangkitnya pariwisata Labuan Bajo setelah sebelumnya terdampak pandemi. Kegiatan sosial yang dilakukan hari ini semoga dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan untuk mengoptimalisasi potensi Labuan bajo sebagai destinasi wisata super prioritas," ujar Staf Khusus Bupati Manggarai Barat, Lisa Mersin.

3 dari 4 halaman

Peduli Lingkungan

 Kegiatan peduli lingkungan ini juga disambut baik Kennedy Diaz, pegiat lingkungan Trash Hero Komodo. Ia mengatakan, sebagai wilayah destinasi wisata, aspek kebersihan lingkungan masih menjadi salah satu tantangan dalam penataan dan pengembangan sektor pariwisata di Labuan Bajo. Adanya kegiatan literasi dan edukasi merupakan langkah positif untuk membangun budaya anti sampah plastik.

”Semoga kolaborasi yang telah dijalin bersama masyarakat dan komunitas di Labuan Bajo dapat bersifat berkelanjutan sehingga memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan ekosistem kawasan Labuan Bajo yang bersih dan bebas dari sampah,” ungkap Kennedy Diaz.

Selain itu dilakukan juga kegiatan Focus Discussion Group pada Jumat (23/09). Mengusung tema yang sama, “Membangun Ekosistem Labuan Bajo Berbasis Kampanye Anti Sampah Plastik”, kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk melakukan kampanye kepada masyarakat terkait dampak sampah plastik, membangun kesadaran dan memberikan contoh kepada masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan, serta membangun kesadaran untuk menciptakan lingkungan Waterfront sebagai tempat publik yang indah dan bersih tanpa sampah plastik.

4 dari 4 halaman

Konsep

Adapun output dari FGD tersebut ialah terbentuknya Komunitas Labuan Bajo BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman). Dalam FGD tersebut juga terpilih organisasi kepengurusan dengan Pembina adalah Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi,dan Ketuanya Kennedy Diaz. Komunitas tersebut akan berkolaborasi dengan pegiat lingkungan lainnya untuk memperkuat pengelolaan sampah plastik di Labuan Bajo.Kegiatan FGD tersebut, gerakan literasi, dan gerakan bersih sampah menjadi bagian rangkaian kegiatan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” dan akan rutin dilakukan setiap hari Sabtu, sebelum hingga setelah event “IFG Labuan Bajo Marathon 2022”.

Ketua Panitia IFG Labuan Bajo Marathon 2022, Fitri Istanti mengatakan, kegiatan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” merupakan event marathon berskala besar pertama yang digelar di Labuan Bajo dengan konsep sport tourism, yakni wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga.

"Ajang ini adalah lomba jalan raya atau road race. Akan tetapi, topografi Labuan Bajo yang berbukit membuat konturnya sangat menantang sehingga dapat menjadi pengalaman berkesan bagi para peserta," ujar Fitri Istanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.