Sukses

Lini Serang Tim Kandidat Juara Piala Dunia Qatar 2022, Siapa Terbaik?

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 32 tim bakal bersaing demi meraih satu gelar Piala Dunia 2022. Tak sampai lima bulan lagi, ajang paling bergengsi di bumi ini akan berlangsung di Qatar.

Piala Dunia Qatar 2022 dijadwalkan bergulir pada 21 November hingga 18 Desember. Ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang berlangsung pada musim dingin. 

Piala Dunia 2022 Qatar adalah edisi turnamen yang ke-22 dan pertama kalinya dihelat oleh negara dari kawasan Timur Tengah. Terakhir, Kosta Rika melengkapi 32 tim peserta Piala Dunia 2022 Qatar yang berlangsung November-Desember nanti.

Saat ini, Prancis berstatus sebagai juara bertahan. Mereka akan menjadi salah satu favorit untuk mempertahankan gelar mereka di Qatar.

Dengan skuad menterang dari belakang hingga ke depan, agak cukup memalukan jika Prancis gagal melangkah ke fase knockout pada Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Les Blues, julukan Timnas Prancis, merupakan pengoleksi gelar terbanyak ketiga bersama Argentina dengan dua gelar juara. Mereka telah memenangkan Piala Dunia dua kali pada 1998 dan 2018. Prancis juga penah menjadi runner-up pada 2006.

Piala Dunia kali ini menjadi pembuktian bagi Prancis kalau mereka harus bisa mematahkan "juara bertahan" kutukan tersebut. Karena sejak 2002, belum ada tim yang berhasil lolos grup usai menjadi juara di edisi sebelumnya.

Setelah Prancis, ada Italia lalu Spanyol dan Jerman yang juga gagal lolos grup usai menjadi juara Piala Dunia di edisi sebelumnya.

Untuk juara back to back, baru ada Italia dan Brasil yang berhasil melakukan. Sekarang, dengan skuat mentereng apakah Prancis bisa menjadi juara saat Piala Dunia di Qatar nanti.

Lantas negara mana sajakah yang paling banyak menjadi digadang-gadang menjadi juara Piala Dunia kali ini? Pastinya ada Inggris, Brasil, Argentina, Portugal dan juga Prancis.

Tapi, dengan hitungan beberapa hari lagi. Menarik dilihat bagaimana kekuatan lini depan dari masing-masing tim unggulan Piala Dunia 2022 kali ini.

Bagaimana komposisinya? Berikut ini ulasannya yang telah dirangkum tim Liputan6.com:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Prancis

Les Blues julukan dari timnas Prancis merupakan pengoleksi gelar terbanyak ketiga bersama Argentina dengan dua gelar juara. Mereka telah memenangkan Piala Dunia dua kali pada 1998 dan 2018. Sementara mereka juga penah menjadi runner-up pada 2006.

Prancis datang ke Piala Dunia melalui kualifikasi yang tidak begitu sulit. Mereka tergabung di Grup D pada Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa bersama Ukraina, Finlandia, Bosnia & Herzegovina, dan Kazakhstan.

Dari delapan pertandingan yang mereka jalani, Prancis berhasil memenangkan lima diantaranya, sementara sisanya berkahir dengan tiga imbang.

Belum lagi mereka datang dengan lini depan cukup menakutkan tengok saja Karim Benzema, Kylian Mbappe, Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Olivier Giroud, serta Christopher Nkunku.

Belum lagi, nama Benzema menjadi salah satu kandidat kuat meraih Ballon d'Or tahun ini. Sementara itu, Mbappe menjadi pemain dengan performa paling mentereng.

Belum lagi ada Nkunku juga membuktikan kehebatannya di RB Leipzig pada musim 2021/22 dengan total 49 kontribusi gol untuk timnya.

Jadi, bukan tanpa sebab Prancis bisa meraih juara Piala Dunia tahun ini dengan tajamnya lini depan mereka saat ini.

3 dari 6 halaman

Argentina

Perjalanan Argentina ke putaran final Piala Dunia 2022 tidak terlalu mulus, tapi juga tidak terlalu berat. Lionel Messi dan kolega finis sebagai runner up pada babak kualifikasi, mereka terpaut enam angka dengan Brasil.

Meski demikian, capaian mereka cukup apik karena tanpa kekalahan. Mereka menang 11 kali dan seri enam kali. Argentina akan menjadi salah satu favorit untuk memenangkan Piala Dunia Qatar 2022. Ini karena mereka adalah pemenang Copa America 2021.

Belum lagi, mereka sempat mengalahkan Italia di Finallisima 2022, ini membuktikan betapa menakutkannya tim ini. Pada Piala Dunia Qatar 2022, mereka berada di Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Di atas kertas, tentu saja Argentina diunggulkan sebagai juara grup.

Dengan deretan skuad mulai dari Lionel Messi, Lautaro Martinez, Paolo Dybala, Angel Di Maria, Angel Correa, dan Julian Alvarez. Argentina patut diperhitungkan untuk menjadi juara musim ini.

Jika Portugal bertumpu pada Ronaldo, maka Argentina akan berharap dengan Messi. Dia merupakan pemain yang luar biasa dan berharap bisa meraih gelar Piala Dunia sebagai gelar pelengkap dirinya.

 

 

4 dari 6 halaman

Inggris

Sebut saja nama mulai dari Harry Kane, Trent Alexander Arnold, Marcus Rashford, Jordan Sancho, Harry Maguire, hingga seorang Phil Foden. Jika melihat komposisi Inggris dari mulai gelaran Piala Eropa 2020 hingga saat ini, mereka sangat bergantung dengan para pemain dari Liga Inggris. Praktis hanya nama Jude Bellingham yang bermain di luar Inggris yaitu di Borussia Dortmund.

Boleh dibilang pada Piala Dunia kali, Inggris berharap tuah dari para pemain klub Liga Inggris semisal Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea hingga Tottenham Hotspurs.

Dengan skuat mentereng, Inggris bisa lolos terus hingga perempat final. Pasalnya di babak 16 besar dengan catatan menjadi juara grup B, lawan Inggris nantinya memiliki skuat yang jauh jika melihat komposisi grup A mulai dari Belanda, Senegal, Ekuador, hingga tuan rumah Qatar.

Tak hanya ada Harry Kane di lini depan, karena Inggris masih memiliki Raheem Sterling, Jack Grealish, Jadon Sancho, Jarrod Bowen, Marcus Rashford, serta Bukayo Saka.

Inggris mencapai semi-final di Piala Dunia Rusia 2018 dan final Piala Eropa 2022, dengan komposisi yang ada, apakah mereka dapat melaju dengan baik di Qatar nantinya?

Dengan Kane yang selalu andal dalam urusan mencetak gol. Sementara Sterling dan Grealish tentu saja lebih dari mampu membawa kreativitas yang cukup untuk proses.

5 dari 6 halaman

Brasil

Siapa tim yang paling sering menjuarai Piala Dunia? Jawabannya tentu saja adalah Brasil.

Brasil pertama kali memenangkan Piala Dunia pada edisi 1958. Timnas Samba saat itu diperkuat Edvaldo Jizidio Neto (Vava) dan Edson Arantes do Nascimento, atau yang lebih masyur disebut Pele.

Brasil berhasil menjadi juara di tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.   Statistik telah menunjukkan bahwa Tim Samba tak terkalahkan dalam Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan.

Brasil meraup 45 poin dengan catatan 14 kemenangan dan tiga hasil imbang dari 17 pertandingan. Brasil kali ini kini dihuni oleh bertabur pemain bintang, mulai dari Neymar, Vinicius Junior, Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli, Raphinha, Rodrygo Goes, Mattheus Cunha, Richarlison, dan Roberto Firmino.

Dengan lini serang wahid, tak salah rasanya Brasil dapat diunggulkan menjadi juara kali ini. Belum lagi sederet nama diatas sedang dalam top performa sebut saja Gabriel Jesus dengan Arsenal ataupun Richarlison bersama Tottenham Hotspurs.

6 dari 6 halaman

Portugal

Dengan sederet nama mulai dari Cristiano Ronaldo, Diogo Jota, Rafael Leao, Joao Felix, Pedro Neto, dan Goncalo Ramos. Portugal memang menjadi kandidat juara di Piala Dunia 2022 kali ini.

Ronaldo mungkin ingin menghapus rasa penasarannya untuk meraih satu gelar yang belum pernah didapatkannya. Dengan dukungan Leao di sayap kiri, membuat Portugal semakin oke di lini depan.

Sementara itu, nama lain seperti Jota dan Felix juga dapat diandalkan di Qatar nantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.