Sukses

Pelatih Baru Chelsea Graham Potter Pernah Ditolak MU Karena Alasan Ini

Potter sempat masuk radar MU jauh sebelum akhirnya diambil oleh Chelsea untuk menggantikan posisi Tuchel.

Liputan6.com, Jakarta- Nama Graham Potter melejit di awal September 2022 ini. Pria 47 tahun itu naik kelas setelah baru saja dipercaya Chelsea sebagai manajer baru menggantikan Thomas Tuchel yang dipecat.

Potter dikontrak Chelsea selama lima tahun. Tugas berat sudah menantinya untuk membangkitkan The Blues. Tuchel dipecat Chelsea setelah secara memalukan kalah 0-1 dari Dinamo Zagreb di Liga Champions.

Chelsea tertarik memakai jasa Potter setelah sukses membangkitkan Brighton and Hove Albion. Dengan materi pemain seadanya, Brighton stabil berada di papan tengah. Bahkan pada awal musim ini, Brighton menempati posisi di atas Chelsea pada klasemen Liga Inggris.

Meski punya rekam jejak bagus di Brighton, Potter ternyata pernah ditolak oleh manajemen Manchester United. Nama Potter memang sempat dijagokan sebagai pelatih baru MU saat Ralf Rangnick tak sukses sebagai caretaker pengganti Ole Gunnar Solskjaer.

Potter dikabarkan akan menjadi pelatih baru MU mulai musim 2022/2023. Akan tetapi impian Potter berkuasa di Old Trafford harus kandas karena faktor pengalaman.

Manajemen Manchester United secara bulat memutuskan menolak memakai jasa Potter karena dalam riwayat karier melatihnya tidak pernah memiliki pengalaman bertugas di Liga Champions.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Pernah di Liga Champions

Pria Swedia itu memang selama menjadi pelatih lebih banyak menangani klub gurem. Potter hanya sempat merasakan bertugas di kompetisi antarklub Eropa kelas dua, Liga Europa.

Karena Potter minim pengalaman, MU akhirnya memilih mengambil Erik ten Hag dari Ajax Amsterdam sebagai pelatih baru musim 2022/2023. Ten Hag memuaskan manajemen MU karena pernah membawa Ajax melaju sampai semifinal Liga Champions musim 2018/2019.

3 dari 4 halaman

Ten Hag

Apalagi dalam perjalanan ke semifinal, Ten Hag membawa Ajax mendepak klub besar seperti Juventus dan Real Madrid. Pria plontos itu memiliki rekor 17 kemenangan, tujuh imbang dan delapan kekalahan dari 32 pertandingan Liga Champions yang ditanganinya.

Ten Hag juga banyak memberikan gelar juara untuk Ajax. Beruntung, Ten Hag cukup sukses dengan memberikan empat kemenangan beruntun dengan mengalahkan Liverpool dan Arsenal.

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Graham Potter adalah seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola profesional asal Inggris, yang kini menjadi kepala pelatih Chelsea.

    Graham Potter

  • Berita Bola