Sukses

Jadwal Lengkap Timnas Kanada di Piala Dunia Qatar 2022

Jadwal timnas Kanada di Piala Dunia 2022 usai lolos babak kualifikasi zona CONCACAF.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Kanada berpartisipasi di Piala Dunia 2022 usai lolos babak kualifikasi zona CONCACAF. Timnas Kanada akan tergabung di Grup F Piala Dunia 2022 bersama tim unggulan Belgia dan Kroasia, serta Maroko.

FIFA selaku penyelenggara Piala Dunia 2022 telah resmi menunjuk Qatar sebagai tuan rumah yang akan diberlangsung 21 November hingga 18 Desember nanti.

Sebanyak 32 tim dinyatakan lolos usai melewati babak kualifikasi ke babak utama Piala Dunia, termasuk timnas kanada.

Piala Dunia 2022 akan berarti spesial bagi timnas Kanada. Pasalnya, Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar ini menandai kembalinya Les Rouges ke pesta terakbar sepak bola.

Meski Demikian, ini merupakan penantian panjang Les Rouges lolos ke Piala Dunia 2022, sejak 36 tahun lalu di Meksiko. Saat itu, mereka kalah dalam tiga pertandingan dan gagal mencetak gol. Argentina menjadi juara pada edisi tersebut.

Kesuksesan timnas Kanada menembus Piala Dunia jadi sejarah dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakatnya. Tahun ini, beberapa pemain muda memiliki prospek dan sejumlah pemain senior menunujukkan tajinya sehingga membuat Kanada lebih baik.

Kanada menjadi negara ke-20 yang lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka lolos usai memenangkan duel babak kualifikasi zona CONCACAF melawan Jamaika pada bulan maret lalu.

Kemenangan tersebut membuat Kanada makin kokoh di puncak klasemen kualifikasi Piala Dunia Qatar zona CONCACAF dan memastikan tempat di turnamen utama meski kompetisi menyisakan satu laga.

Di akhir kualifikasi, Kanada bertengger di puncak klasemen dengan 28 poin. Meraih delapan kemenangan, empat kali seri, dan dua kali kalah dari 14 pertandingan.

"Saya pikir negara ini tidak pernah percaya pada kami karena kami tidak memberi mereka apa pun untuk dipercaya," kata John Herdman usai pertandingan tersebut.

"Mereka percaya sekarang. Inilah saatnya bagi semua orang untuk mendukung sepak bola dan bersatu karena kita bisa menjadi kekuatan besar," ujar Herdman menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Striker Tajam

Dua pemain tadi bisa dikatakan akan jadi pemain kunci Kanada di Piala Dunia 2022. Tapi, jangan lupakan pemain-pemain lainnya karena Kanada lolos ke Piala Dunia 2022 itu tidak hanya mengandalkan dua pemain.

Nama pertama yang perlu dikenal adalah Cyle Larin. Pemain yang berposisi sebagai penyerang tengah itu memegang rekor pencetak gol terbanyak timnas Kanada sepanjang sejarah dengan torehan 24 gol.

Hebatnya lagi, 13 gol di antaranya dicetak ketika membantu Kanada berjuang melewati kualifikasi Piala Dunia 2022 jalur CONCACAF.

Selanjutnya ada Jonathan David. Pemain yang baru berusia 22 tahun mencetak total sembilan gol selema kualifikasi.

David sampai sekarang juga jadi bagian penting di lini depan Lille. Termasuk saat menyabet gelar juara Ligue 1 dari tangan Paris Saint-Germain.

3 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Prancis, Australia, Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Kosta Rika, Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brazil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Kamis, 24 November 2022

02:00 WIB: Belgia vs Kanada di Al Rayyan Stadium

Minggu, 27 November 2022

23:00 WIB: Kanada vs Kroasia di Khalifa Internasional Stadium

Kamis, 1 Desember 2022

22.00 WIB: Kanada vs Maroko di Al Thumama Stadium

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.