Sukses

Kehadiran Robert Lewandowski Bawa Berkah untuk Barcelona

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez menganggap kedatangan Robert Lewandowski ke Camp Nou sebagai berkah. Mernurutnya, pemain asal Polandia itu telah menghadirkan perubahan di tubuh Blaugrana.

Pujian ini dilontarkan Xavi usai pertandingan melawan Real Valladolid pada lanjutan La Liga 2022/2022, Senin (29/8/2022). Dalam duel ini, Blaugrana menang 4-0 dan Lewandowski mencetak dua gol. 

"Punya Lewandowski di tim ini adalah berkah," kata Xavi seperti dilansir dari Marca. 

"Dia adalah contoh, dia memiliki kerendahan hati, dia bekerja untuk tim dan dia membantu staf pelatih. Dia membuat perbedaan, dia adalah pemain yang luar biasa," beber Xavi menambahkan. 

Lewandowski didatangkan dari Bayern Munchen pada bursa transfer muism panas tahun ini. Mantan pemain Borussia Dortmund itu diboyong dengan harga mencapai 45 juta euro plus bonus 5 juta euro.

Dia telah menandatangani kontrak selama tiga musim dengan Barcelona. Saat ini, Lewandowski telah membuktikan ketajamannya dengan mencetak 4 gol dari tiga pertandingan di La Liga 2022/2023.  

 

 

Selain Lewadowski, Xavi juga terkesan dengan penampilan pemain baru lainnya, Raphinha. Pria yang didatangkan dari Leeds United itu menurut Xavi juga telah beradaptasi dengan permainan Barcelona. Kehadiran Raphinha juga ikut memberi warna baru di lini tengah Barca bersama Ousmane Dembele. 

“Saya pikir Raphinha punya lebih banyak kemampuan di dalam daripada Dembele, dan mereka berdua membuat perbedaan,” kata Xavi. "Mereka harus memilih umpan terakhir dengan lebih baik, tetapi mereka memberi kami banyak hal. Saya sangat senang," beber mantan pemain Barcelona itu menambahkan. 

 

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Debut Jules Kounde

Sementara itu, Barcelona telah berhasil merampungkan proses pendaftarkan Jules Kounde ke La Liga pada Sabtu lalu. Mantan pemain Bordeux itu segera menjalani debutnya saat Barelona bertemu Real Valladolid.

 

Kounde tidak bermain dalam posisi aslinya. Dalam laga ini, Xavi menempatkannya sebagai bek kiri.  

Kounde bahkan hampir membuat gol saat laga baru berjalan dua menit. Sayang sundulan pemain asal Prancis itu masih bisa dihalau pemain bertahan Real Valladolid. 

 

"Dia sudah merasa baik, dia mampu bermain di seluruh lini pertahanan," kata Xavi.

3 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Pada laga di Spotify Nou Camp ini, Barcelona tampil menekan sejak menit pertama pertandingan. Barcelona seharusnya sudah memimpin di menit 12 lewat sundulan Lewandowski meneruskan umpan Raphinha. Sayang bola masih membentur tiang gawang Vallavolid.

Sementara Peluang lain Raphinha masih bisa dimentahkan kiper Jordi Masip.

Di menit 22, kesempatan emas kembali didapat Barca. Tapi kali ini tembakan Ousmane Dembele yang membentur mistar gawang.

Dua menit berselang kebuntuan Barcelona akhirnya terpecahkan. Umpan silang Raphinha dengan baik disambar oleh Lewandowski di mulut gawang.

Barcelona menggandakan skor dua menit sebelum jeda. Dembele memberikan umpan manis untuk memudahkan gelandang Pedri Gonzalez menjebol gawang Masip.

4 dari 4 halaman

Babak Kedua

Meski sudah unggul dua gol, Barca tak mengendurkan serangan. Hasilnya mereka menambah gol lagi di menit 65. Lewandowski membuat gol keduanya setelah meneruskan umpan terobosan dari Dembele.

Ketinggalan tiga gol, Valladolid baru mulai keluar menyerang. Mereka hampir membuat gol di menit 69 bila sepakan Sergio Leon tidak ditepis kiper Marc Andre Ter Stegen.

Barca juga punya peluang menambah gol lagi di menit 72 lewat pemain pengganti Ansu Fati. Tapi Masip masih sigap menepis tembakan Fati.

Gol keempat Barcelona di menit 90. Sergi Roberto ikut mencatatkan namanya di papan skor. Roberto menyambar bola tembakan Lewandowski yang ditepis Masip sehingga membentur tiang gawang. Skor 4-0 bertahan sampai bubaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.