Sukses

Cari Bibit Atlet Berbakat, BPD HIPMI Jawa Barat Gelar Turnamen Golf Nasional

Tahun depan, HIPMI Golf Club Jabar berencana mengadakan turnamen profesional dan diikuti pegolf dari luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen golf nasional bertajuk "HIPMI Golf Club Jabar Tournament 2022" digelar di Mountain View Golf Club, Kabupaten Bandung, Senin (29/8/2022). Sebanyak 120 peserta ikut dalam turnamen yang diselenggarakan Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat.

Menurut Ketua HIPMI Golf Club (HGC) Jabar, Zulfikar Priyatna, turnamen ini merupakan salah satu program unggulan di Bidang X Olahraga dan Pemuda BPD HIPMI Jabar.

Kegiatan berskala nasional ini, lanjut Zulfikar Priyatna, merupakan kali kedua yang digelar BPD HIPMI Jabar. Diharapkan melalui turnamen ini bisa lahir atlet-atlet yang bisa bertarung hingga ke tingkat Internasional.

"Kegiatan ini untuk mengasah keterampilan dan skill dari pada atlet golf yang ada di HIPMI maupun yang ada di umum, kami fasilitasi," jelas Zulfikar Priyatna kepada awak media.

"Kami juga ingin mengirim atlet sampai ke luar negeri karena sayang melihat potensi atlet golf di Indonesia ini besar sekali, tapi tingkat keterlibatannya masih kalah dibandingkan dengan negara-negara lain, seperti Filipina dan Thailand," lanjut Zulfikar.

Di serie kedua ini jumlah pesertanya mencapai 120. Bahkan, kata Zulkifar, jika tidak dibatasi jumlah peserta membludak. Namun karena berbagai pertimbangan maka jumlah peserta dibatasi.

"Alhamdulillah dari seluruh HGC se-Jabar hadir, kemudian dari provinsi lain juga hadir seperti dari Bali, Jatim, Sumatera Utara, dan provinsi lainnya. Antusiasnya memang besar sekali," tutur Zulfikar.

"Jadi keberadaan HGC ini diharapkan bisa melahirkan bibit-bibit pegolf muda berbakat yang dapat berkiprah diberbagai ajang untuk mengharumkan nama bangsa dan tanah air,” tambah Zulfikar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalin Kebersamaan

Turnamen golf ini, lanjut Zulfikar, juga sekaligus menjadi ajang untuk meningkatkan kebugaran dan keterampilan bermain golf bagi seluruh anggota HIPMI Jabar, senior, dan para mitra.

Tujuan lainnya adalah untuk memupuk dan menjalin rasa persaudaraan serta kebersamaan diantara seluruh anggota HIPMI sehingga seirama dalam menjalankan roda organisasi ke depan.

“Kegiatan ini sinergi dengan visi dan misi HGI sebagai badan profesional di bawah naungan HIPMI Jabar. Pada kesempatan itu pun, kepengurusan HGC Jabar masa bakti 2022-2024 secara resmi dikukuhkan,” tutur Zulfikar.

3 dari 3 halaman

Turnamen Profesional

Pada tahun depan, Zulfikar berencana mengadakan turnamen profesional dan diikuti pegolf dari luar negeri. Apalagi Indonesia memiliki potensi untuk menggelar golf profesional lantaran venue golf di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain.

"Insya Allah tahun depan bisa kami laksanakan. Tahun ini agenda internal dulu dari HGC Indonesia, apalagi venue golf di Indonesia boleh diadu dengan luar negeri," cetus Zulfikar

"Jadi view dan ciri khas lapangan-lapangan di kita punya kekhususan dan keunikan dibandingkan lapangan yang ada di luar dan ini akan menjadi salah satu potensi parawisata yang akan dikembangkan," tutur Zulfikar.

"Karena biasanya golfer itu, ketika datang tes lapangan dan bermain tidak sampai di situ saja, pasti ada eksesnya lagi, seperti wisata kuliner dan lainnya. Mudah-mudahan bisa ditangkap oleh pihak pemerintah bahwa olahraga golf ini bisa mendatangkan efek domino yang besar bagi parwisata," tambah Zulfikar sambil mengakhiri.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.