Sukses

Hasil Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022: Fajar/Rian Tembus Perempat Final, Rehan/Lisa Tersandung

Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tembus ke babak perempat final usai menaklukkan wakil Jepang Akira Koga/Taichi Saito dengan 21-19 dan 21-16.

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses mengikuti jejak The Daddies ke babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022.

Hasil ini didapat usai Fajar/Rian membungkam pasangan Jepang Akira Koga/Taichi Saito dengan straight game 21–19 dan 21–16, dalam pertarungan fase 16 besar di Tokyo Metropolitan Gymnasium pada Kamis (25/8/2022).

Turun sebagai unggulan kelima, Fajar/Rian tampil dominan di awal game pertama. Mereka aktif melancarkan serangan ke area permainan lawan yang sulit dikembalikan oleh Akira Koga dan Taichi Saito.

Sempat unggul lima poin di kedudukan 9–4, wakil dari Negeri Sakura perlahan mencoba mengejar ketertinggalan. Mereka sanggup meraih tambahan tiga poin beruntun, sehingga kedua pasangan hanya berselisih dua angka.

Untungnya, tren ini mampu segera diputus oleh wakil Indonesia. Fajar/Rian melesat dengan 11–7 di interval set pembuka. Koga/Saito balas menebar ancaman selepas jeda. Jumping smash dan sergapannya di depan net menambah poin bagi kubu Jepang.

Di sisi lain, Fajar/Rian banyak melakukan kesalahan sendiri. Kondisi itu membuat ganda putra Tanah Air balik tertinggal di kedudukan 12–14. Pasangan Indonesia baru bisa menyamakan skor di poin kritis 18–18. Fajar/Rian segera mengamankan game pertama setelah unggul 21–19.

Juara Indonesia Masters 2022 mencoba melanjutkan dominasinya di set kedua. Akan tetapi, duo Jepang mampu memangkas selisih poin jelang interval. Alhasil Fajar/Rian hanya unggul satu angka di jeda game kedua.

Wakil Indonesia tampil makin moncer pasca interval. Meski sempat melakukan beberapa unforced errors, Fajar/Rian tetap mampu mengamankan set kedua dengan 21–16.

Di lapangan berbeda, ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati terhenti di babak 16 besar. Penggawa Merah Putih gagal melewati adangan wakil Korea Selatan Seo Seung Jae/Chae Yu Jung.

Rehan/Lisa sejatinya mampu memberi perlawanan berarti di game pembuka. Mereka baru menyerah kalah ketika skor sudah mencapai angka 21–23 untuk keunggulan Seo/Chae. Sayangnya, pemain Negeri Ginseng terlampau tangguh di game ketiga.  Pasangan Indonesia dibuat takluk dengan 12–21.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ganda Putra

Indonesia menempatkan tiga wakil dari sektor ganda putra di fase 16 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar/Alfian Mohammad Rian Ardianto.

Ahsan/Hendra telah lebih dulu memastikan satu tiket ke babak perempat final BWF World Championships setelah menekuk wakil Jerman Mark Lamsfuss/Marvin Seidel dengan straight game, 21–18, 23–21.

Sayangnya, kesuksesan tersebut gagal diduplikasi oleh Kevin/Marcus. The Minions takluk dari ganda putra Inggris Ben Lane/Sean Vendy dalam pertarungan straight game 15 – 21 dan 9 – 21 di Tokyo Metropolitan Gymnasium pada Kamis (25/8/2022).

3 dari 4 halaman

Wakil Lain

Indonesia masih memiliki tiga wakil lain yang akan berlaga di fase 16 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus menghadapi lawan berat demi mengamankan tempat di babak perempat final.

Pasangan yang berstatus sebagai unggulan ke-14 itu dijadwalkan bersua dengan ganda campuran peringkat empat dunia asal China, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

Dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting bakal meladeni perlawanan wakil Tiongkok Shi Yu Qi. Sementara itu, Jonatan Christie siap unjuk gigi dengan menghadapi pemain China Taipei Wang Tzu Wei.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan Hari ke-4

Lapangan 2

Pertandingan 2: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Ben Lane/Sean Vendy (Inggris); 15–21, 9–21

Pertandingan 8: Anthony Sinisuka Ginting vs Shi Yu Qi (China)

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 08.00 WIB

 

Lapangan 3

Pertandingan 3: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Akira Koga/Taichi Saito (Jepang); 21–19, 21–16

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 08.15 WIB

 

Lapangan 4

Pertandingan 1: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman); 21–18, 23–21

Pertandingan 3: Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (Korea Selatan); 21–23, 12–21

Pertandingan 4: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China)

Pertandingan 5: Jonatan Christie vs Wang Tzu Wei (China Taipei)

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 08.15 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.