Sukses

Hasil Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022: Dijegal Wakil Thailand, Tommy Sugiarto Gagal Melaju ke Babak 32 Besar

Tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto gagal menyusul Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie ke babak 32 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Ia ditahan oleh wakil Thailadn Kunlavut Vitidsarn dengan dua game langsung 17-21 dan 10-21.

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto gagal melenggang ke babak 32 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Berhadapan dengan wakil Thailand Kunlavut Vitidsarn pada Senin (22/8/2022), Tommy kalah dengan straight game 17–21 dan 10–21.

Wakil Indonesia sejatinya sanggup mengimbangi perlawanan Kunlavut di awal game pertama. Keduanya terlibat drama kejar-kejaran skor dan kerap kali hanya berselisih satu angka. Namun, wakil Thailand tampil sedikit lebih solid jelang interval. Ia memimpin perolehan poin dengan 11–8.

Tommy berupaya mengejar ketertinggalan selepas jeda. Pebulu tangkis Tanah Air terpaut satu angka di kedudukan 12–11. Akan tetapi, Kunlavut makin moncer memasuki poin-poin kritis. Ia mampu mencuri kemenangan dalam set pembuka setelah unggul 21–17.

Tommy berada di posisi tertekan. Kunlavut bermain makin agresif di permulaan set kedua. Ia terus melancarkan serangan yang sulit diantisipasi oleh wakil Indonesia. Pengembalian Tommy menjadi kurang sempurna.

Shuttlecock kirimannya kerap meninggalkan area permainan lawan, sehingga memberi keuntungan tambahan bagi Kunlavut. Pebulu tangkis asal Negeri Gajah Putih pun kembali unggul 11–5 saat interval.

Meski terpaut cukup jauh dari dari lawan, Tommy masih berupaya memangkas jarak. Ia aktif mengombinasikan serangan dan membuat Kunlavut lari pontang panting di sisi lapangan.

Sayangnya, upaya itu belum cukup untuk membuat Tommy mengamankan game kedua. Ia takluk dari Kunlavut Vitidsarn dengan skor akhir 21–10 untuk keunggulan wakil Thailand.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anthony Sinisuka Ginting

Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting telah menjadi wakil Indonesia pertama dari sektor tunggal putra yang lolos ke babak 32 besar BWF World Championship 2022.

Hasil ini diraih usai tunggal pebulu tangkis asal Cimahi menekuk wakil Brasil Ygor Coelho lewat drama rubber game 13–21, 21–15, dan 21–12 dalam pertandingan putaran pertama di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, pada Senin (22/8/2022) pagi WIB.

Ginting sejatinya memulai laga dengan cukup lambat. Pemain yang bertengger di peringkat enam dunia itu justru tertinggal jauh pada set pembuka. Beruntung, Anthony Ginting mampu kembali ke pola permainan terbaik di dua game selanjutnya.

Tunggal putra andalan Indonesia sukses membuktikan dominasimnya setelah mengungguli Ygor Coelho dengan 21–15 dan 21–12 di set kedua serta ketiga.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jonatan Christie Menyusul

Jonatan Christie menyusul Ginting ke fase selanjutnya. Ia tampil dominan atas tunggal putra asal Prancis Toma Junior Popov di babak 64 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022.

Wakil Merah Putih memang unggul dari segi ranking jika dibandingkan dengan lawannya. Adapun Jojo saat ini duduk di peringkat tujuh dunia, sementara Toma Junior Popov hanya menempati urutan ke-27.

Permainan keduanya berlangsung cepat sejak awal set pembuka. Jojo mampu menuntaskan perlawanan penggawa Prancis lewat dua game langsung 21–9 dan 21–11 dalam durasi waktu 34 menit.

4 dari 4 halaman

Chico Aura Tumbang

Sayangnya, kesuksesan Ginting dan Jojo gagal diduplikasi oleh tunggal putra muda Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo. Pebulu tangkis yang pernah menjuarai Malaysia Masters 2022 itu takluk dari wakil Malaysia Ng Tze Yong.

Chico tak kuasa memberi perlawanan berarti bagi pemain asal Negeri Jiran. Meski perolehan poinnya mampu menempel Ng Tze Yong di awal game pertama, Chico akhirnya bungkam dengan skor 16–21.

Berbekal kemenangan dalam set pembuka, Ng Tze Yong tampil makin moncer di game kedua. Ia sanggup menjaga keunggulan dari Chico sejak awal permainan, hingga memaksa wakil Indonesia tunduk 10–21.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.