Sukses

Kejuaraan Dunia 2022: Ganda Campuran Indonesia Dapat Undian Bagus

Liputan6.com, Jakarta - Tiga ganda campuran Indonesia yang bakal berlaga dalam Kejuaraan Dunia 2022 mendapat undian yang cukup bagus. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari cs tidak langsung bertemu dengan pasangan kuat seperti Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dari China atau wakil Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Rinov/Pitha mendapat bye pada babak 64 besar Kejuaraan Dunia. Karena, pasangan ini diunggulkan di tempat ke-13 pada turnamen badminton yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, mulai 22 hingga 28 Agustus,

Sementara Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati akan menghadapi Lee Jhe-Huei/Hsu Ya Ching asal Chinese Taipei. Sedangkan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela melawan wakil Denmark Mikkel Mikkelsen/Rikke Søby.

"Hasil undian cukup bagus. Di sini Rinov/Pitha termasuk unggulan karena di Kejuaraan Dunia daftar unggulannya sampai 16, jadi di babak-babak awal belum bertemu unggulan lain," kata pelatih ganda campuran PBSI Nova Widianto di Jakarta, Selasa (16/8).

"Untuk Rehan/Lisa dan Zacha/Bela juga bagus karena hasil undian kan untung-untungan. Mereka tidak langsung bertemu pasangan yang sangat kuat, istilahnya begitu," lanjut Nova.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tidak main-main

Meski mendapat undian yang cukup bagus, Nova Widianto tidak main-main dalam mempersiapkan anak asuhnya. Selama kurang lebih satu bulan, semua aspek diperbaiki lewat latihan intens.

"Setelah tur Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, dan Singapura ada waktu sebulan jelang Kejuaraan Dunia 2022. Jadi saya rasa cukup bagus persiapan anak-anak," tutur Nova.

"Belajar dari hasil kemarin semua aspek pasti diperbaiki. Tapi untuk kondisi lapangan dan bola memang akan berbeda di Jepang dengan tiga turnamen kemarin, itu yang harus diantisipasi. Juga setelah dianalisa kita perkuat di pertahanan dan daya tahan serangan," sambungnya.

Nova menyampaikan bahwa faktor penting yang sudah mulai mengalami kemajuan positif adalah komunikasi."Yang paling terlihat dari anak-anak adalah komunikasi mereka sudah semakin baik," papar Nova.

"Selama ini memang komunikasi ini yang miss, seperti kurang percaya sama partner. Tapi, sejauh ini setelah Indonesia Open saya lihat jauh lebih baik."

"Sudah bisa saling mengisi dan mengerti karena sebenarnya ini yang paling penting. Kalau di lapangan komunikasinya tidak bagus, pasti kurang jalan permainannya. Perlu ada chemistry juga," ujat Nova.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Siap Tempur

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menyatakan sudah siap tempur di Kejuaraan Dunia 2022. "Persiapan sejauh ini sudah 80-90%, jadi dari komunikasi, teknik hingga power sudah jauh lebih baik," tutur Pitha. "Pastinya merasa ada peningkatan di fisik dan power karena sepulang dari Singapura memang fokus latihannya di sana. Untuk kepercayaan diri juga saya rasa meningkat karena persiapannya sudah cukup lama."

"Pastinya kita latihan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Intens menambah power dan sudah mendekati pertandingan harus menjaga fokusnya," sambung Rinov.

Kejuaraan Dunia 2022 akan berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus. Tim Indonesia berangkat Kamis (18/8) pagi WIB melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS