Sukses

Profil Tim Grup G Piala Dunia 2022: Kamerun Berharap Menjadi Kuda Hitam di Negeri Gurun

Liputan6.com, Jakarta Timnas Kamerun merupakan salah satu tim benua Afrika yang paling sukses, dan sudah beberapa kali memenangkan Piala Afrika. Tidak heran, Kamerun pasti menjadi unggulan di benua Afrika untuk tampil di Piala Dunia.

Kamerun dianggap sebelah mata saat kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. Tapi pada akhirnya mereka berhasil membuktikan jika mereka layak lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Ini akan menjadi penampilan kedelapan Kamerun di Piala Dunia. Mereka melakukan debut pada tahun 1982 tetapi kalah dalam tiga pertandingan saat Spanyol menjadi tuan rumah ketika itu. 

Delapan tahun kemudian, mereka tampil mengejutkan saat Piala Dunia Italia, mereka mengalahkan Argentina di pertandingan pembukaan dan melaju ke perempat final.

Akan tetapi, Kamerun harus meratapi nasib karena harus absen di Piala Dunia 2018 tetapi terlibat dalam dua edisi sebelumnya. Tapi, mereka juga tidak dapat berbuat banyak di saat Piala Dunia 2010 dan 2014, karena harus tersingkir lebih cepat di fase grup.

Pada Piala Dunia 2022 kali ini, Kamerun berada di Grup G bersama Brasil, Serbia dan Swiss. Di atas kertas, mereka mungkin diremehkan, tapi Vincent Aboubakar dan kolega pasti akan membuat kejutan.

Brasil menjadi salah satu lawan terkuat yang harus dihadapi Kamerun, di samping Swiss yang tampil mengejutkan setelah menyingkirkan juara Eropa tahun 2020, Italia.

Kamerun lolos ke Piala Dunia 2022 dengan cara yang sangat dramatis. Lewat babak adu penalti, tim asuhan Rigobert Song tersebut menang dengan skor tipis 2-1 atas Aljazair.

Meski bermain di depan puluhan ribu publik Aljazair, Kamerun mampu mencuri gol lewat Eric Maxim Choupo-Moting di menit ke-22 sebelum digandakan oleh Karl Toko Ekambi.

Kamerun berhak meraih tiket ke Piala Dunia 2022 setelah menang agresivitas gol tandang dalam agregat 2-2. Keberhasilan ini sekaligus membayar kegagalan Kamerun ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Saat itu, Tim beralias Singa Perkasa itu ternyata tidak segagah julukannya karena sudah terlempar dari persaingan menuju Piala Dunia 2018.

Pertanyaan, sekarang apakah Kamerun bisa menjadi "Kuda Hitam" di negeri padang gurun seperti Qatar? atau hanya menjadi pelengkap saja. Tunggu November nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pemain Bintang - Vincent Aboubakar

Ketika berbicara tentang pemain bintang dari timnas Kamerun, maka nama Vincent Aboubakar akan muncul. Penyerang andalan Al-Nassr ini menjadi salah satu bintang di Piala Afrika beberapa waktu lalu.

Pria berusia 30 tahun itu berada di puncak top skor Piala Afrika 2022 dengan torehan 6 gol dari 5 pertandingan. Dengan torehan 6 golnya tersebut, ia mampu mencatat rekor sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak di satu edisi kompetisi.

Melewati rekor sebelumnya yang dipegang seniornya dulu di Timnas Kamerun, Samuel Eto'o dengan catatan 5 gol. Bukan tidak mungkin Aboubakar akan kembali menjadi mesin gol bagi Kamerun di Piala Dunia 2022.

3 dari 4 halaman

Pelatih - Rigobert Song

Rigobert Song merupakan mantan bek Liverpool yang ikut terjun ke dunia kepelatihan. Song bermain 35 kali untuk The Reds dan memiliki 137 caps untuk negaranya.

Ketika masih bermain, Song tercatat ikut empat Piala Dunia meski Kamerun tak mencatatkan prestasi apa-apa.

Kini sebagai pelatih, pria berusia 45 tahun tersebut kembali membawa negaranya ke kancah Piala Dunia dan berpeluang jadi kuda hitam.

4 dari 4 halaman

Jadwal Piala Dunia 2022

Di Qatar nanti, Kamerun menempati Grup G bersama Brasil, Serbia dan Swiss.

Berikut ini jadwal pertandingan grup mereka:

Kamis, 24 November 2022

Swiss vs Kamerun: 17:00 WIB

 

Senin, 28 November 2022

Kamerun vs Serbia: 17:00 WIB

Sabtu, 3 Desember 2022

Kamerun vs Brasil: 02:00 WIB

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS