Sukses

FIBA Asia Cup 2022: Timnas Basket Indonesia Siap Berikan Perlawanan kepada Australia

Melawan Australia, Indonesia sangat tidak diunggulkan. Maklum saja peringkat FIBA kedua tim begitu jomplang.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas basket Indonesia akan melakoni laga ketiga di Grup A FIBA Asia Cup 2022 melawan Australia di Istora Senayan pada Sabtu (16/7/2022) sore WIB. Meski tak diunggulkan, pasukan Milos Pejic siap memberikan perlawanan.

Melawan Australia, Indonesia sangat tidak diunggulkan. Maklum saja peringkat FIBA kedua tim begitu jomplang. Austrlia merupakan peringkat tiga dunia. Sedangkan Indonesia hanya berada di posisi 95.

Australia juga tampil perkasa di dua laga awal FIBA Asia Cup 2022. Thon Maker dan kawan-kawan selalu menang di dua laga awal atas Arab Saudi dan Yordania. Adapun timnas basket Indonesia menang sekali atas Arab Saudi dan kalah dari Yordania.

Bermodal dukungan fans di Istora Senayan, timnas Basket Indonesia siap memberikan perlawanan kepada Australia. Abraham Damar Grahita dan kawan-kawan tetap tenang meski menghadapi salah satu kandidat juara. Timnas basket Indonesia ogah kalah sebelum bertanding.

"Saya optimis dengan tim kita. Fighting spirit anak-anak luar biasa sekali," ujar asisten pelatih Johannis Winar alias Ahang kepada wartawan usai sesi latihan timnas Indonesia di GBK Arena, Jumat (15/7/2022).

"Kalau kita bermain dalam suatu sistem, percaya satu sama lain dengan fighting spirit, tetap ada kans kita menang," lanjut Ahang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Fit Semua

Untungnya saat melawan Australia, Indonesia dalam kondisi siap tempur. Semua pemain bisa diturunkan pelatih Milos Pejic. "Tidak ada pemain cedera. Mereka siap untuk main," tegas Ahang.

Laga Indonesia kontra Australia digelar setelah duel Yordania vs Arab Saudi yang juga tergabung di Grup A. Bila Yordania menang dan Indonesia membuat kejutan mengalahkan Australia, akan ada hitung-hitungan antara ketiga tim ini untuk menentukan siapa yang menjadi juara Grup A untuk lolos langsung ke perempat final. Jika Arab Saudi menang, Indonesia bisa juara grup bila mengalahkan Australia.

 

3 dari 3 halaman

Skenario

Jika Indonesia kalah dari Australia, tak menghalangi langkah kita ke playoff perempat final. Hanya, penentuan posisi ke playoff perempat final sebagai runner up atau peringkat tiga Grup A bergantung hasil pertandingan Arab Saudi vs Yordania.

Tim peringkat dua Grup A akan bertemu peringkat tiga Grup B di playoff perempat final. Begitu pun sebaliknya, tim peringkat tiga Grup A akan berhadapan dengan runner up Grup B.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.