Sukses

CONCACAF W Championship 2022: Amerika Serikat Ditantang Kanada di Babak Final

Timnas Wanita Amerika Serikat bakal menghadapi Kanada di final CONCACAF W Championship 2022 yang berlangsung di Meksiko. Amerika Serikat lolos ke partai puncak usai mengalahkan Kosta Rika dengan 3-0, sementara Kanada merebut tiket ke babak final setelah menang 3-0 atas Jamaika.

Liputan6.com, Jakarta CONCACAF W Championship 2022 telah menyelesaikan pertarungan di babak semifinal. Kejuaraan sepak bola wanita bagi negara-negara anggota CONCACAF itu kini hanya menyisakan Amerika Serikat dan Kanada di partai puncak.

Timnas Kanada lolos ke final CONCACAF W Championship usai menekuk Jamaika di fase empat besar. Berlaga di Meksiko pada Jumat (15/7/2022), penggawa Timnas Wanita Kanada sanggup menyarangkan tiga gol tanpa balas di gawang Jamaika.

Jessie Flemming membuka angka bagi timnya di menit ke-18. Tak lama berselang, Jamaika punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Jody Brown nyaris mendapat bola di kotak penalti, sebelum kiper Kanada Kailen Sheridan turun tangan mengantisipasi celah tersebut.

Skor 1–0 bertahan hingga turun minum. Allysha Chapman lantas menggandakan keunggulan Kanada menjadi 2–0 usai menerima umpan silang dari Adriana Leon di menit ke-64. Leon pun turut mencatatkan namanya di papan skor. Ia mempertegas kemenangan Kanada atas Jamaika dengan mencetak gol ketiga pada menit ke-76.

Hasil ini mengantar skuad Kanada bersua dengan Timnas Wanita Amerika Serikat di babak final CONCACAF W Championship edisi ini. Skuad yang ditukangi oleh Vlatko Andonovski juga menang 3–0 atas Kosta Rika di babak semifinal.

Gol-gol Amerika Serikat disarangkan oleh Emily Sonnett (’34), Mallory Pugh (‘45+3), dan Ashley Sanchez (‘90+5). Sementara itu, kubu besutan Valverde harus puas dengan predikat semifinalis usai anak-anak asuhnya melempem di depan gawang Casey Murphy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Edisi Kesebelas

Sebagai informasi, CONCACAF W Championship 2022 merupakan edisi ke-11 dari kejuaraan CONCACAF W Championship. Turnamen empat tahunan ini diikuti oleh tim nasional wanita senior dari negara-negara anggota CONCACAF yang berada di wilayah Amerika Utara, Amerika Tengah, hingga Karibia.

Adapun CONCACAF W Championship 2022 dihelat di Meksiko mulai 4 hingga 18 Juli 2022 waktu setempat. Terdapat total delapan tim yang bertarung di kejuaraan ini sejak babak penyisihan. Mereka adalah Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Kosta Rika, Jamaika, Panama, Haiti, serta Trinidad dan Tobago.

Meksiko dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan CONCACAF W Championship 2022. Keputusan itu diumumkan langsung oleh CONCACAF pada 14 Februari lalu. Alhasil, seluruh pertandingan dalam turnamen ini di selenggarakan di wilayah metropolitan Monterrey.

3 dari 4 halaman

Kualifikasi Olimpiade dan Piala Dunia

CONCACAF W Championship menjadi turnamen penting bagi negara-negara anggota CONCACAF. Pasalnya, ajang ini merupakan kualifikasi bagi Piala Dunia Wanita 2023 di Australia dan Selandia Baru, sekaligus Olimpiade Paris 2024.

Sebanyak dua tim teratas dari masing-masing grup akan lolos ke Piala Dunia. Sementara itu, tim peringkat ketiga harus melalui fase play-off antar konfederasi.

Selanjutnya, juara turnamen ini mendapat hak untuk lolos ke Olimpiade musim panas edisi 2024, sedangkan tim yang bertengger di peringkat dua dan tiga bakal maju ke babak play-off Olimpiade CONCACAF.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Timnas Wanita Amerika Serikat lebih diunggulkan untuk menjadi kampiun CONCACAF W Championship 2022. Pasalnya, skuad tersebut juga telah menyandang predikat sebagai juara bertahan usai merebut trofi CONCACAF W Championship edisi 2018.

Berikut adalah jadwal pertandingan Timnas Amerika Serikat vs Timnas Kanada di babak final CONCACAF W Championship 2022, sekaligus perebutan juara ketiga antara Timnas Kosta Rika melawan Jamaika.

Selasa, 19 Juli 2022

06.00 WIB: Kosta Rika vs Jamaika

Selasa, 19 Juli 2022

09.00 WIB: Amerika Serikat vs Kanada

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.